Cara Meminimalkan Resiko Tabrak Samping

05/01/2019

Pengemudian
Cara Meminimalkan Resiko Tabrak Samping
Salah satu potensi tabrakan paling besar adalah tabrakan dari posisi samping belakang, sebagai salah satu stakeholder keselamatan dijalan raya, berikut ini Cintamobil.com beri tips cara meminimalkan resiko tabrak samping

Tabrakan dari sisi samping kendaraan, entah itu dari serong kiri ataupun serong kanan memang kerap menjadi penyebab kecelakaan. Kalau sudah terlibat kecelakaan, bukan hanya rugi materi saja, namun juga rugi secara psikis. Kok psikis? Iya dong, kalau mobil Anda sudah lecet atau penyok bahkan ringsek, pasti Anda jadi kepikiran mobil Anda. Berapa lama harus menginap di bengkel, lalau bagaimana transportasi Anda selama mobil kesayangan Anda menginap di bengkel guna reparasi. Nah, untuk meminimalkan resiko, kami dari Cintamobil.com sebagai salah satu stakeholder keselamatan dijalan akan kasih tips cara meminimalkan resiko tabrak samping kendaraan. Nih tiga cara meminimalkan resiko resiko tabrak samping yang dihimpun oleh Cintamobil.com.

1. Jangan Malas Cek Spion!

Rajin cek spion mobil membuat terhindar dari petaka

Rajinlah mengecek spion mobil Anda agar terhindar dari petaka

Di era permobilan modern saat ini, kami dari Cintamobil.com agak heran, mengapa masih ada pengemudi yang malas untuk cek spion. Padahal spion adalah salahh satu alat bantu pengemudi yang memang disediakan oleh pabrikan mobil untuk menambah visibilitas kendaraan. Cara ini juga menjadi salah satu cara meminimalkan resiko tabrak samping utamanya pada titik buta seperti di titik kanan, kiri mobil bagian belakang. Bahkan spion tanduk untuk mengecek posisi ban depan. Jadi, jangan mals untuk cek spion ya!

>>> Tertarik membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

2. Selalu Waspada Dan Jaga Jarak!

Jaga jarak aman kendaraan agar selamat dijalan

Jaga jarak aman agar Anda dan keluarga selamat dijalan

Dalam kamus aman dijalan, tindakan preventif adalah salah satu langkah bagi Anda untuk lebih aman ketika dijalan raya. Ini juga termasuk salah satu cara meminimalkan resiko tabrak samping mobil. Salah satu contoh tindakan preventif atawa pencegahan adalah dengan selalu waspada dan jaga jarak aman kendaraan. Menjaga jarak aman kendaraan minimal tiga detik dengan mobil depan, akan membuat manuver kendaraan roda dua seperti motor lebih terprediksi, apalagi jika ada lubang, motor akan lebih sering menghindari tanpa melihat spion lebih dulu.

>>> Tips mengemudi lebih lanjut bisa Anda dapatkan di sini

3. Ingat Potensi Kecerobohan Orang Lain

Selalu mawas diri dan antisipasi agar Anda dan keluarga aman dijalan

Selalu antisipasi kejadian tidak terduga merupakan salah satu tindakan preventif dijalan raya

Bahaya tidak hanya datang dari diri Anda dan juga kendaraan lain disekitar Anda. Anda juga harus ingat dan waspada atas kecerobohan orang lain dalam mengemudikan kendaraan. Seperti menjaga jarak terlalu dekat hingga mengemudi dalam pengaruh obat-obatan, bahkan minuman keras. Tips ketiga ini juga menjadi salah satu cara meminimalkan resiko tabrak samping erat hubungannya dengan tips nomor satu, yakni jangan malas cek spion. Jika Anda mendapati tingkah laku pengemudi yang ceroboh seperti yang kami sebutkan tadi, lebih baik minggir dan mengalah.

>>> Berbagai tips dan trik dunia otomotif bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top