Cara Klaim Asuransi Mobil Toyota di Bengkel Resmi

10/09/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Cara Klaim Asuransi Mobil Toyota di Bengkel Resmi
Asuransi mobil Toyota tentunya dibutuhkan bagi setiap para pemilik mobil Toyota. Namun apa saja jenis asuransi untuk kendaraan ini? Berapa besar harga preminya? Dan bagaimana cara klaimnya jika terjadi tabrakan atau kehilangan?

Ketika membeli mobil, sebaiknya Anda juga memberikan proteksi terhadap kendaraan tersebut. Apalagi kalau Anda membeli mobil baru, biasanya pihak dealer akan membundling harga yang ditawarkan dengan paket asuransi tertentu.

Begitu pun saat Anda membeli mobil baru Toyota. Sering kali dealer resmi Toyota akan memberikan tawaran kepada calon konsumennya untuk bisa memiliki asuransi mobil Toyota. Tujuannya tentu dalam upaya memberikan jaminan perlindungan kepada kendaraan tersebut dari berbagai risiko kerugian akibat kejadian yang tidak diinginkan.

Kebayang kan, bagaimana repotnya mengurus perbaikan apabila tanpa pernah diduga kendaraan Anda terlibat kecelakaan. Belum lagi bayangan akan biaya perbaikan yang begitu tinggi, maka kejadian ini pasti akan mempengaruhi keuangan keluarga secara keseluruhan. Padahal jika menggunakan asuransi, semua beban itu bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Anda tinggal laporkan kejadian yang dialami untuk proses klaim. Sisanya, pihak asuransi yang akan mengurus kendaraan Anda sampai kembali bisa digunakan seperti sedia kala.

Anda juga punya mobil Toyota tapi sampai saat ini belum terlindung dengan asuransi? Yuk baca artikel Cintamobil.com ini sampai habis, karena kali ini yang akan dibahas adalah mengenai asuransi mobil Toyota.

>>> Canggih! Toyota Punya Mobil Penangkal Virus Corona

Apa Saja Asuransi Toyota yang Tersedia?

Pilihan Jenis Asuransi Mobil

Ada beberapa jenis asuransi mobil untuk para pemakai Toyota

Sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk (APM), PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui jaringan bisnis perusahaannya tentu berusaha menyediakan semua kebutuhan para pemilik mobil Toyota. Mulai dari menyediakan jaringan penjualan dan purna jual untuk semua tipe mobil Toyota, layanan finansial untuk kredit mobil Toyota, sampai kerjasama dengan berbagai perusahaan asuransi guna menyediakan layanan asuransi mobil Toyota.

Untuk layanan yang terakhir ini, Toyota menggandeng sejumlah perusahaan, diantaranya asuransi Garda Oto, asuransi MSIG, asuransi Ramayana, dan asuransi Bintang. Menariknya semua layanan asuransi ini ada yang menawarkan perbaikan di jaringan bengkel asuransi mobil rekanan Toyota dan juga bengkel resmi asuransi mobil Toyota Astra atau bengkel asuransi Toyota Auto 2000.

Sementara itu jenis asuransi yang diberikan rekanan asuransi Toyota ini umumnya menawarkan asuransi Comprehensive (All Risk) dan juga Total Loss Only (TLO). Untuk asuransi jenis Comprehensive akan menjamin risiko terhadap kerugian akibat kerusakan ringan dan berat maupun kehilangan. Sementara jenis asuransi TLO akan menanggung kerugian akibat kerusakan melebihi 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadi kerusakan, serta kerugian akibat kendaraan hilang dicuri.

Selain itu tentu ada juga penawaran untuk perluasan jaminan misalnya perlindungan dari bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin topan, badai, sampai tsunami. Serta perluasan perlindungan dari kejadian huru hara, kerusuhan, dan peristiwa revolusi. Semua jenis asuransi ini tentu akan mempengaruhi biaya premi asuransi yang dibebankan kepada pemilik polis. Semakin lengkap jaminan perlindungan atas risiko kerusakan, maka semakin mahal biaya premi asuransi kendaraan tersebut.

>>> Jangan Hanya Tergoda Premi Murah, Ini Cara Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Cara Klaim Asuransi Mobil Toyota

Bengkel Bodi Repair Toyota

Proses perbaikan bisa dilakukan di bengkel rekanan atau bengkel resmi

>>> Tips Menghitung Harga Asuransi Mobil yang Murah

Ketika terjadi kejadian yang menimbulkan kerugian pada kendaraan Toyota Anda, maka jika kendaraan tersbeut sudah terlindung dengan asuransi, yang perlu dilakukan hanya melaporkan kepada pihak asuransi. Dikutip dari laman Auto 2000, sebenarnya cara klaim asuransi mobil Toyota bukanlah perkara sulit. Anda tinggal meluangkan waktu sejenak untuk mengikuti prosedur klaim dari asuransi mobil tersebut.

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah mempelajari lebih dulu prosedur kalim dari asuransi mobil Anda. Karena mungkin saja ada tata cara klaim yang berbeda antara asuransi yang satu dengan asuransi lainnya. Jangan lupa juga untuk siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat pengajuan klaim. Seperti fotocopy STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), fotocopy SIM (Surat Izin Mengemudi) pengemudi, serta dokumen polis asuransi mobil Anda.

Kemudian laporkan kejadian yang menimbulkan kerugian terhadap kendaraan Anda kepada pihak asuransi. Maksimal laporan dibuat 5 hari setelah kejadian berlangsung. Laporan ini bisa dengan mengubungi call center, aplikasi mobile, atau datang lansung ke kantor cabang terdekat dari asuransi yang memproteksi kendaraan Anda tersebut.

Jangan lupa juga, saat mengajukan klaim selain mempersiapkan dokumen yang diperlukan, Anda juga wajib mengisi formulir klaim yang sudah disediakan pihak asuransi. Lalu lengkapi pula dengan keterangan kronologis kejadian yang menyebabkan mobil Anda kecelakaan atau hilang dicuri dari pihak kepolisian setempat.

Kalau semua tahapan ini sudah lengkap, maka tinggal tunggu tim survei dari pihak asuransi mobil Toyota datang. Langkah ini untuk memeriksa kondisi kerusakan serta memastikan validasi dokumen yang sudah Anda sertakan sebelumnya. Apabila proses kalim disetujui, maka Anda akan diberi SPK (Surat Perintah Kerja) untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel asuransi mobil rekanan Toyota atau ke bengkel resmi Toyota seperti Auto 2000. Kalau proses perbaikan sudah selesai, Anda boleh membawa pulang kembali kendaraan tersebut.

Mudah bukan...!

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Daftar Harga Mobil Toyota Bekas Rp 100 Jutaan

03/09/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa model harga mobil Toyota bekas Rp 100 jutaan yang bisa Anda pilih. Mau yang thaun muda hingga sedan mewah, bisa. Tinggal bagaimana Anda memilih unit yang masih berkualitas.

Lihat juga

Penjualan Toyota Pulih Lebih Cepat Meski Dihantam Covid-19

31/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Tak ada pabrikan yang kebal dari hantaman virus Covid-19. Tak terkecuali Toyota yang penjualan mobilnya turun. Namun perlahan-lahan Toyota mulai bangkit.

Lihat juga

9 Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

18/07/2017

Jual beli

Semakin banyaknya jasa asuransi kendaraan tentunya membuat konsumen menjadi banyak pilihan. Agar tidak salah dalam memilih jasa asuransi, silakan Anda mengikuti sembilan tips memilih asuransi mobil yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lihat juga

Asuransi Mobil Tidak Bisa Diklaim, Apa alasannya?

06/10/2017

Jual beli

Asuransi kendaraan menjadi pilihan banyak orang untuk meminimalisir risiko yang ditanggung pemilik kendaraan. Yang biasa di-cover oleh asuransi biasanya kerusakan kendaraan atau kehilangan kendaraan. Namun, sulitnya pengurusan klaim asuransi sering kali menjadi momok tersendiri bagi para pemegang polis asuransi. Namun sulitnya pengurusan klaim tersebut bukan tanpa alasan. Semuanya ada di dalam kesepakatan antara pihak asuransi dengan pembeli polis asuransi, dan terikat hukum.

Lihat juga

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan Di Indonesia

22/05/2017

Jual beli

Asuransi kendaraan sudah selayaknya melindungi kendaraan Anda, sebab, Anda tidak akan pernah tahu kejadian yang akan terjadi nantinya. Di Indonesia ada 2 jenis asuransi kendaraan yaitu asuransi total lost only dan asuransi all risk.

Lihat juga