Cara Cabut Berkas Kendaraan Mobil dan Motor Beserta Biayanya

17/10/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Cara Cabut Berkas Kendaraan Mobil dan Motor Beserta Biayanya
Ada beberapa tahapan dan cara cabut berkas kendaraan yang harus Anda pahami jika ingin melakukan proses balik nama STNK serta BPKB mobil bekas yang baru Anda beli.

Membeli mobil bekas tentunya jadi pilihan tepat untuk bisa menghemat pengeluaran demi memiliki sebuah mobil. Karena umumnya harga mobil bekas sudah mengalami depresiasi dari harga barunya. Sehingga dengan selisih harga ini, maka sisa dana bisa Anda tabung atau untuk keperluan lainnya.

Penururan harga dari sebuah kendaraan tentu terganutung dari usia mobil tersebut dan juga pangsa pasar unit bekasnya. Semakin tua usia mobil, biasanya mengalami depresiasi yang cukup besar. Begitu pun jika mobil itu kurang diminati di pasar mobil bekas, maka meski usianya mungkin masih tergolong muda, tapi sudah mengalami depresiasi harga lebih dari 20 persen.

Namun ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari mengecek kondisi eksterior dan interior kendaraan tersebut, kondisi mesin dan kelistrikannya, serta dokumen-dokumen pendukungnya. Pastikan nomor rangka dan nomor mesin serta plat nomor sesuai antara yang ada di mobil tersebut dengan yang tertera di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan juga BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

Dan setiap membeli mobil bekas, maka STNK dan BPKB mobil itu pasti masih atas nama pemilik sebelumnya. Suatu saat, Anda wajib melakukan balik nama surat-surat kendaraan ini demi kepentingan membayar pajak tahunan atau 5 tahunan. Proses balik nama ini perlu melakukan cabut berkas kendaraan serta mutasi ke nama dan alamat Anda.

Cabut berkas kendaraan ini, baik motor maupun mobil memiliki syarat dan tahapan proses yang harus dilalui, serta tak lupa biaya yang juga wajib disiapkan. Sehingga nantinya kendaraan yang Anda miliki itu sudah atas nama pribadi Anda.

Yuk pahami cara cabut berkas kendaraan berikut ini hasil rangkuman tim Cintamobil.com dari berbagai sumber.

>>> Kendaraan Listrik di Jakarta Bebas Biaya Balik Nama Hingga 2024

Syarat Cabut Berkas Mobil

Syarat Cabut Berkas Mobil

Dokumen persyaratannya cukup STNK, BPKB, dan KTP

Sebelum melakukan tahapan cabut berkas kendaraan baik mobil ataupun motor, maka siapkan dulu beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhan. Dokumen-dokumen ini nantinya akan diminta untuk diperiksa pihak kepolisian.

Berikut dokumen persyaratan cabut berkas mobil:

  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fookopi
  • KTP Anda yang asli dan fotokopi
  • Kwitansi pembelian yang dilengkapi materai dan tanda tangan pihak penjual mobil
  • Kartu Keluarga (KK) jika dibutuhkan

Tahapan Cara Cabut Berkas Mobil atau Motor

Kantor Samsat

Proses cabut berkas dan mutasi dilakukan di kantor Samsat

>>> Apa Itu Pajak Progresif Kendaraan? Begini Cara Menghitungnya

Setelah semua dokumen sebagai syarat cabut berkas mobil atau motor telah lengkap, maka lakukanlah tahapan sebagai bagian proses cabut berkas kendaraan yang baru saja Anda beli.

1. Datang ke Kantor Samsat

Pertama-tama, datanglah ke kantor Samsat sesuai dengan wilayah yang sama dengan Samsat yang mengesahkan STNK kendaraan itu dari pemilik sebelumnya. Jangan lupa bawa juga semua dokumen persyaratan cabut berkas kendaraan yang sudah disiapkan sebelumnya.

2. Menuju Loket Cek Fisik Kendaraan

Jika sudah tiba di kantor Samsat, langsung saja menuju layanan cek fisik kendaraan dan sampaikan niat untuk cabut berkas mobil atau motor Anda. Kemudian serahkan semua persayaratan yang dibutuhkan kepada petugas yang ada. Nantinya Anda akan diberi formulir cek fisik yang wajib diisi dengan benar dan lengkap.

3. Gesek Nomor Mesin dan Nomor Rangka

Setelah semua data dari formulir itu terisi lengkap, serahkan ke petugas loket. Nantinya Anda akan diberi kesempatan untuk melakukan gesek nomor rangka dan nomor mesin dari kendaraan yang akan dibaliknamakan. Jika proses gesek nomor mesin dan rangka ini sudah selesai, serahkan kembali hasilnya ke petugas tersebut.

4. Bayar Biaya dan Pajaknya

Seteah proses cek fisik selesai, maka Anda akan diminta ke loket bagian fiskal untuk mengisi formulir pembayaran fiskal, biaya cabut berkas keluar dan juga pajak jika pajak kendaraan itu ada yang tertunda.

5. Dapat Surat Jalan Mutasi

Setelah proses pembayaran selesai, nantinya Anda akan mendapatkan surat jalan untuk mengurus mutasi STNK dan BPKB ke Samsat sesuai domisili tempat tinggal atau alamat di KTP Anda.

6. Datang ke Kantor Samsat Sesuai Domisili KTP

Langkah selanjutnya dari proses cabut berkas kendaraan dan mutasi adalah datang lagi ke kantor Samsat, namun kali ini yang sesuai dengan domisili alamat KTP Anda. Prosesnya hampir sama, yaitu datang ke loket cek fisik terlebih dulu, namun kali ini yang diserahkan adalah surat jalan dari Samsat domisili pemilik yang sebelumnya.

7. Cek Fisik Ulang

Jika surat jalan tersebut sudah diserahkan, Anda tinggal menunggu antrian untuk kendaraan kembali dilakukan cek fisik dengan menggesek kembali nomor rangka dan juga nomor mesin. Jika sudah, serahkan kembali bukti cek fisik kepada petugas yang berjaga di loket tersebut.

8. Bayar Biaya Mutasi Kendaraan

Setelah proses cek fisik selesai, kemudian Anda akan diminta menuju loket pembayaran untuk melunasi biaya mutasi kendaraan ke alamat domisili yang baru, serta biaya berkas masuk, dan biaya penerbitan STNK baru. Jika proses pembayaran selesai, maka Anda akan menerima nomor antrian untuk pengambilan STNK baru.

9. Dapat Plat Nomor dan BPKB Baru

Setelah Anda mendapat STNK baru beserta plat nomor baru, maka untuk BPKB asli yang baru, akan ditahan lebih dulu oleh pihak Samsat karena nanti pengambilannya dilakukan di Polres setempat.

>>> Review Toyota New Calya 1.2 G 2019: Fitur Nambah Banyak, Cuman Lebih Mahal Rp 2 Juta

Biaya Cabut Berkas Kendaraan

STNK dan BPKB Mobil

Jangan lupa siapkan juga biaya untuk balik nama surat-surat kendaraan Anda

Biaya mutasi atau cabut berkas kendaraan biasanya sebesar 1% dari harga kendaraan tersebut. Contohnya kalau Anda membeli Toyota Calya bekas seharga Rp 100 juta, maka biaya mutasinya berarti Rp 100.000.000 x 1% yaitu kira-kira sebesar Rp 1 juta.

Namun biaya ini tidak sendirian, karena ada biaya lain yang harus Anda bayarkan pula. Misalnya biaya pembayaran fiskal, biaya admin mutasi keluar dari Samsat domisili pemilik sebelumnya, biaya admin mutasi ke Samsat sesuai domisili KTP Anda, Penerimaan Negara Bukan Pajak untuk STNK dan BPKB, serta biaya admin untuk pencetakan STNK dan BPKB baru. Besarnya biaya ini berbeda-beda tergantung wilayah Samsat tempat Anda mengurus mutasi dan cabut berkas kendaraan itu.

Namun sebenarnya proses cabut berkas dan mutasi kendarana tidak serumit yang dibayangkan. Anda tinggal datang lebih pagi sehingga dapat antrian lebih dulu.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Syarat Serta Biaya Mutasi dan Balik Nama Mobil Bekas

25/04/2020

Jual beli

3 menit

Untuk melengkapi kepemilikan Anda, Anda perlu mengurus balik nama kendaraan. Berikut persyaratan yang dibutuhkan serta biaya mutasi dan balik nama mobil bekas.

Lihat juga

Tata Cara Dan Persyaratan Mutasi SIM

11/07/2017

Jual beli

Gimana cara mutasi Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh banyak orang yang sedang merantau atau berpindah dari daerah asal dan ingin memperpanjang masa berlaku SIM sendiri. Mereka tidak tahu bagaimana caranya maupun apa dokumen yang diperlukan. Jika Anda tidak tahu cara mutasi SIM, silahkan menyimak informasi-informasi berikut ini.

Lihat juga

Begini Persyaratan dan Cara Balik Nama Mobil Bekas

17/06/2020

Jual beli

3 menit

Jika Anda ingin membeli mobil bekas jangan lupa untuk siapkan persyaratan dan proses balik nama mobil bekas agar mobil bisa jadi milik Anda sepenuhnya.

Lihat juga

2 Mobil Ini Dipastikan Tidak Terpengaruh Kenaikan Biaya Balik Nama Mobil 2019

05/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Kenaikan Bea Balik Nama Kendaraan bermotor (BBNKB) Jakarta mnenjadi perhatian beberapa minggu terakhir. Namun tentang saja, dua mobil berikut dipastikan tidak lagi terpengaruh kenaikan biaya balik nama mobil 2019 mendatang.

Lihat juga

Proses Balik Nama Dan Biaya Pembuatan STNK Baru

12/06/2017

Jual beli

Mengurus balik nama dan pembuatan STNK  baru itu semakin mudah. Balik nama kendaraan bermotor sering dilakukan karena adanya perubahan nama pemilik kendaraan. Misalnya, kendaraan tersebut diperjualbelikan, hibah, warisan, pindah alamat, atau mutasi. Namun tahukah Anda proses balik nama dan biaya pembuatan STNK baru?

Lihat juga