Cara Balik Nama Mobil dan Biayanya

07/11/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Cara Balik Nama Mobil dan Biayanya
Tata cara balik nama mobil sebenarnya amat mudah lho dan biayanya juga tidak terlalu mahal jika Anda mau mengerjakannya sendiri tanpa bantuan calo.

Ketika membeli mobil bekas, tentunya mobil tersebut masih atas nama pemilik sebelumnya. Anda pun perlu melakukan perubahan nama pemilik kendaraan. Proses ini dikenal dengan istilah balik nama. Sehingga nantinya kendaraan tersebut terdaftar atas nama Anda sebagai pemilik mobil yang baru.

Kewajiban untuk melakukan balik nama ini juga akan mempermudah Anda sebagai pemilik kendaraan untuk melakukan pembayaran pajak tahunan maupun pajak lima tahunan. Mengingat pajak kendaraan bermotor merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia.

Lalu bagaimana cara balik nama mobil? Sebenarnya mudah kok dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu meminta bantuan jasa pengurusan STNK dan BPKB mobil yang biasanya akan dikenai biaya tambahan cukup besar. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk melakukan proses tata cara balik nama mobil yang wajib dilakukan di kantor Samsat terdekat sesuai domisili.

>>> Pemprov Jateng Hapus Denda Pajak Kendaraan Hingga 19 Desember

Begini Cara Balik Nama Mobil dan Mutasi

STNK dan BPKB Mobil

STNK dan BPKB mobil harus sesuai dengan nama dan alamat pemilik kendaraan itu

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, untuk tata cara balik nama mobil bekas sebenarnya tidak terlalu sulit. Tak usah pula menggunakan jasa calo untuk membantu proses pengurusan dokumen kendaraan ini. Karena Cintamobil.com akan berikan persyaratan dan langkah-langkahnya.

Yang pertama-tama harus dilakukan adalah menyiapkan semua persyaratan untuk proses mutasi atau balik nama kepemilikan kendaraan tersebut. Adapun persyaratan dokumen yang perlu disiapkan yaitu:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli dan fotokopi dari pemilik baru mobil;
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli dan fotokopi mobil yang akan dibaik nama;
  • BPKB (Buku Pemiliki Kendaraan Bermotor) asli dan fotokopi dari mobil yang akan dibalik nama;
  • Bukti jual belik mobil yang ditandatangani pihak penjual serta dibubuhkan materai;
  • KTP fotokopi dari pemilik mobil sebelumnya (jika ada);
  • Fotokopi tanda pendirian izin perusahaan dan fotokopi pemilik perusahaan sebagai syarat cara balik nama mobil atas nama PT ke perorangan.

Jangan lupa persyaratan dokumen ini wajib Anda bawa ketika hendak melakukan pengurusan balik nama mobil ya.

>>> Cara Cabut Berkas Kendaraan Mobil dan Motor Beserta Biayanya

Proses Tata Cara Balik Nama Mobil

Kantor Samsat

Proses balik nama dan mutasi hanya bisa dilakukan di kantor Samsat

Setelah semua dokumen yang diperlukan sudah disiapkan, maka lakukanlah proses cara mengurus balik nama mobil berikut ini.

  1. Datang ke kantor Samsat sesuai domisili surat-surat kendaraan tersebut,
  2. Ketika tiba di kantor Samsat, langsung bawa kendaraan Anda menuju bagian cek fisik,
  3. Datang ke loket pendaftaran bagian balik nama dan mutasi kendaraan untuk mengambil formulir cek fisik dan nomor urut untuk proses cek fisik kendaraan
  4. Setelah petugas melakukan gesek nomor rangka dan nomor mesin untuk disesuaikan dengan data yang ada di STNK serta BPKB, bawa kembali bukti cek fisik tersebut ke loket pendaftaran balik nama mobil
  5. Isi formulir pendaftaran balik nama dengan lengkap dan jelas kemudian serahkan kepada petugas loket beserta persyaratan dokumen yang sudah Anda siapkan sebelumnya,
  6. Nantinya petugas akan memberikan bukti tanda terima berkas dokumen dan selanjutnya tinggal menuju loket administrasi,
  7. Di loket administrasi Anda wajib membayar biaya administrasi untuk proses mutasi dan balik nama, serta melunasi jika ada tunggakan pajak yang belum dibayar dari pemilik sebelumnya,
  8. Jika pembayaran sudah lunas, maka petugas loket akan memberikan bukti stempel luas berikut STNK kendaraan yang baru dan sudah menggunakan nama Anda.
  9. Sebelum meninggalkan loket, perhatikan kesesuaian antara nama Anda, alamat, dan data pada STNK untuk menghindari kesalahan pengetikan yang bisa menimbulkan masalah dikemudian hari,
  10. Untuk BPKB yang baru atas nama Anda biasanya bisa diambil dalam beberapa hari setelahnya sesuai informasi yang diberikan pihak Samsat.

>>> 6 Provinsi Ini Berikan Keringanan Pajak dan Biaya Balik Nama Mobil

Cara Cek Biaya Balik Nama Mobil Online

Pajak di STNK

Biaya balik nama tercetak pada lembar STNK

Selain persyaratan dokumen, tentunya saat hendak melakukan mutasi balik nama mobil adalah mempersiapkan dana untuk membayar sejumlah biaya yang dibutuhkan. Setidaknya ada 5 biaya yang harus dibayarkan saat proses balik nama surat-surat kendaraan, yaitu:

1. Biaya Pendaftaran

Ketika datang ke kantor Samsat untuk proses cek fisik dan balik nama STNK serta BPKB, maka Anda akan dikenai biaya pendaftaran. Besarannya berbeda-beda tergatung lokasi Samsat di masing-masing wilayah di Indonesia. Namun umumnya berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 100.000, tapi tidak ada salahnya menyiapkan dana lebih kalau-kalau biaya pendaftaran di Samsat wilayah Anda lebih tinggi dari itu.

2. Biaya Cek Fisik

Saat akan melakukan cek fisik oleh petugas Samsat sebagai bagian dari cara balik nama mobil, maka Anda akan dikenai pula biaya sekitar Rp 30.000. Biaya ini masuk dalam biaya diluar pajak yang akan dibebankan kepada Anda.

3. BBN-KB

Pada lembar STNK akan tertulis BBN-KB, ini artinya Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Biaya BBN-KB ini juga berbeda dari masing-masing wilayah Samsat. Namun untuk wilayah Jakarta, BBN-KB dibebankan sebesar 1% dari harga mobil saat dibeli. Misalnya And amemiliki Toyota Avanza yang harganya Rp 200.000.000, maka biaya BBN-KB yang harus dibayar sebesar Rp 2 juta.

>>> Begini Persyaratan dan Cara Balik Nama Mobil Bekas

4. PKB

Selanjutnya biaya lain yang harus dibayarkan adalah PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor. Nilai PKB ini pun berbeda-beda tiap mobil tergantung usia kendaraan tersebut. Semakin tua usia kendaraan maka pajaknya cenderung lebih murah. Namun kalau kendaraan Anda terkena pajak progresif maka hitungan PKB jadi lebih mahal dari mobil yang setipe.

5. SWDKLLJ

Pada lembar STNK Anda juga bisa menemukan kode SWDKLLJ, ini artinya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas Jalan. Biaya ini biasanya akan seragam karena sudah ditentukan oleh pemerintah. Untuk sepeda motor biaya SWDKLLJ sebesar Rp 35.000, sementara untuk mobil pribadi dan mobil penumpang yang bukan angkutan umum biayanya sebesar Rp 143.000.

6. Biaya Penerbitan STNK dan BPKB

Karena setiap balik nama maka STNK harus dicetak ulang dan BPKB ditambah identitas baru, maka akan ada biaya yang dibebankan kepada Anda. Biasanya untuk penerbitan STNK baru dikenai biaya Rp 200.000, sementara untuk penerbitan BPKB biayanya Rp 375.000. Namun ada juga biaya untuk TNKB dan Surat Mutasi yang masing-masing Rp 100.000 dan Rp 250.000.

7. Biaya Cabut Berkas

Jika Anda melakukan balik nama dan mutasi lantaran domisili surat kendaraan berbeda kota dengan domisi atau KTP Anda, maka akan dikenakan biaya cabut berkas. Biayanya sebesar Rp 150.000 untuk sepeda motor, dan Rp 250.000 untuk mobil. Namun Anda tak perlu mengeluarkan biaya ini jika balik nama mobil masih dalam satu kota yang sama.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik dan bermanfaat lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tanpa Harus ke Samsat, Begini Cara Blokir STNK Mobil Secara Online

28/09/2020

Jual beli

2 menit

Bisa dari rumah, Pemerintah DKI Jakarta memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin melakukan blokir STNK mobil secara online tanpa harus ke Samsat.

Lihat juga

Mau Perpanjang STNK Mobil? Ini Persyaratannya

07/07/2020

Perawatan dan service

3 menit

Sebagai warga negara yang baik setiap kendaraan harus melakukan perpanjang STNK baik itu tahunan dan 5 tahunan. Lalu apa saja syaratnya yang harus dipenuhi?

Lihat juga

Berapa Lama Waktu Pengurusan BPKB dan STNK Mobil Baru?

08/07/2020

Jual beli

3 menit

Auto2000 jelaskan waktu pengurusan BPKB dan STNK saat membeli mobil baru. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Lihat juga

6 Provinsi Ini Berikan Keringanan Pajak dan Biaya Balik Nama Mobil

24/10/2020

Jual beli

4 menit

Sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat yang terkena pandemi COVID-19, berikut 6 provinsi yang memberikan keringanan pajak dan biaya balik nama mobil.

Lihat juga

Mobil Mahal Pajaknya Mahal? Lihat Dulu Harga Pajak Lamborghini Gallardo LP550-2 Ini

11/06/2019

Jual beli

4 menit

Sebagai salah satu mobil terlaris Lamborghini, Gallardo memiliki banyak fans di Indonesia. Bagi Anda yang ingin memiliki mobil ini, lihat dulu harga pajak salah satu Gallardo yang cukup marak di jalanan Tanah Air, Lamborghini Gallardo LP550-2.

Lihat juga
 
back to top