Cara Ampuh Berurusan dengan Pengendara Motor di Jalanan

29/01/2018

Pengemudian
Share this post:
Cara Ampuh Berurusan dengan Pengendara Motor di Jalanan
Sebagai pengendara, kecelakaan mobil dan motor seringkali terjadi di jalanan. Seringkali pengemudi motor bertindak ugal-ugalan. Terkadang, menghindari motor merupakan salah satu cara terbaik menghindari kecelakaan.

Ketika berkendara di jalanan, bagi anda yang berkendara dengan mobil, tentu merasa agak jengkel dengan kelakuan pengendara motor yang selalu menyelip mobil bahkan motor lain. Nah, Cintamobil akan memberikan beberapa tips dan trik untuk menghindari motor yang selalu menyelip untuk meminimalisir kecelakaan yang terjadi di jalanan.

1. Selalu bersiap untuk menekan rem

Mengemudi di jalanan, apalagi di jalanan kota, tidak semua kendaraan memperhatikan rambu-rambu atau peraturan berkendara yang baik dan benar. Masih banyak pengendara motor atau mobil yang mengemudi dengan offensive atau ugal-ugalan. Terkadang kita masih mendapati pengemudi yang berhenti atau menepi secara tiba-tiba.

Gambar yang memperlihatkan kaki pengendara mobil yang sedang menekan rem

Selalu bersiap untuk menekan pedal rem

Karena itu, ketika anda berkendara di jalan kota, terlebih ketika jalanan sudah mulai ramai, selau bersiap untuk menekan rem. Banyak kecelakaan yang terjadi karena pengemudi tidak fokus ke jalanan dan menabrak motor yang berhenti tiba-tiba untuk berbelok di sebelah kanan atau kiri tanpa menghidupkan lampu sein mereka terlebih dahulu.

2. Melaju dengan stabil

Melaju dengan stabil bukan hanya membuat lalu lintas menjadi lebih tertib dan lancar, namun juga membuat anda lebih fokus memperhatikan jalanan. Salah satu cara mengemudi di jalanan kota adalah melaju dengan sabar dan memperhitungkan kecepatan anda.

Gambar yang memperlihatkan pengendara motor yang ingin menyalip mobil

Perhatikan pemotor yang akan menyelip

Pengendara motor biasanya memotong tanpa memberikan aba-aba dan berhenti tiba-tiba di depan mobil anda. Biasanya, pengendara motor sudah memperhitungkan kecepatan mobil ketika akan memotong. Ketika mobil menambahkan kecepatan ketika motor memotong, tentunya bisa menimbulkan konflik yang  bisa mengakibatkan kecelakaan.

>>> Baca juga Tips berkendara dengan aman di terowongan

3. Jangan melaju lebih cepat daripada anda mengerem

Anti-lock Brake System (ABS) menjadi salah satu sistem keselamatan yang memberikan kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya membantu mobil untuk mengerem dengan baik. Namun, ABS tidak membantu anda berhenti lebih cepat, tapi membantu anda mengendalikan mobil anda melakukan pengereman.

Jalanan perotaan di Indonesia yang sudah mulai padat dengan kendaraan roda dua dan roda empat

Dengan jalanan yang mulai padat, jangan mengemudi tanpa memperhatikan rem

Kaena itu, di jalanan kota yang sangat ribut, cobalah untuk tidak melaju dengan cepat tanpa memperhatikan pengereman. Selalu pastikan untuk berkendara tidak lebih cepat dibandingkan anda bisa mengerem. Kondisi jalanan membuat anda selalu memperhatikan jalanan dan pengereman tiba-tiba yang dilakukan oleh pemotor.

4. Perhatikan titik buta kendaraan

Titik buta menjadi salah satu penghalang dan penyebab banyak kecelakaan di jalanan. Bukan hanya dengan mobil, tapi titik buta menjadi penyebab kecelakaan mobil dengan motor. Terkadang, motor yang kecil tidak terlihat di kaca spion samping mobil sehingga bisa membahayakan jika motor melaju dengan kencang dari samping mobil.

Gambar yang menunjukan dua mobil yang berada pada titik buta mobil di tengah

Selalu berhati-hati dengan titik buta mobil

Selalu perhatikan cermin dan bagian belakang mobil. Kebanyakan pengemudi motor bisa mengambil lajur kanan atau kiri dalam memotong kendaraan. Karena itu, berhati-hati juga ketika akan berbelok untuk memberikan jeda pada pemotor yang melaju pada titik buta kendaraan.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

5. Selalu perhatikan sisi kiri mobil ketika akan menepi

Seperti yang di jelaskan di atas, selain karena pemotor sering masuk ke dalam titik buta mobil, selalu berhati-hati dengan pemotor yang seringkali dengan tiba-tiba menyalip dari samping. Karena motor mempunyai desain yang tipis, banyak kecelakaan yang terjadi karena pengemudi mobil tidak memperhatikan pengendaa motor mulai menyalip dari sebelah kiri.

Gambar yang menunjukan pengendara motor yang mengalami tabrakan pada sisi kiri pemilik mobil

Cek sebelah kiri sebelum menepi untuk menghindari motor yang menyalip

Ketika akan menepi, perhatikan dengan pemotor yang akan memotong mobil anda dari sebelah kiri. Cobalah untuk selalu memberikan tanda ketika akan menepi dan mengambil waktu untuk menepi. Jangan langsung menepi dengan tiba-tiba untuk menghindari motor yang sedang menyelip dari sebelah kiri.

6. Jaga kondisi mobil dengan lakukan perawatan berkala

Sebelum berkendara, akan lebih baik jika anda memperhatikan komponen mobil anda dengan melakukan perawatan berkala setiap bulan dan dalam waktu yang ditentukan. Tentu saja, semua cara di atas tidak ampuh jika keadaan mobil anda tidak fit dalam berkendara.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang memeriksa bagian kap mobil

Lakukan perawatan untuk menjaga kondisi mobil

Dengan komponen mobil yang terjaga, anda bisa berkendara dengan aman di jalanan. Sistem rem yang tidak terpakai dengan baik bisa membuat mobil kehilangan kendali ketika berhadapan dengan motor. Komponen lain juga bisa bekerja dengan stabil dan membuat anda bisa menghadapi hal—hal yang tidak terduga di jalanan.

Tentu saja, kita tidak bisa menghindari motor dengan melarang motor berkendara di jalanan. Salah satu cara yang paling  ampuh untuk menghindari kecelakaan adalah dengan tetap berhati-hati dan tidak memindahkan fokus selain ke jalan. Keep safety riding, guys!

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post: