Cara Aman Membawa Bayi Di Dalam Mobil

17/05/2017

Pengemudian
Share this post:
Cara Aman Membawa Bayi Di Dalam Mobil
Melakukan perjalanan jauh bersama bayi itu tidak mudah. Selain memperhatikan fitur kenyamanan, para orang tua pun harus hati-hati tentang fitur keselamatan. Sudahkah Anda tahu cara aman membawa bayi di dalam mobil.

Melakukan perjalanan jauh dan membawa bayi bersama, hal itu tidak mudah seperti apa yang Anda pikir. Ketika membawa anak khususnya bayi berusia di bawah 2 tahun, Anda harus hati-hati. Apakah Anda sudah tahu caranya membawa bayi bersama di dalam mobil? Kalau Anda belum tahu, silahkan simak tulisan berikutnya.
 

Wanita dan bayi dalam mobil

Hati-hati ketika membawa bayi di dalam mobil

 

Sebuah penelitian yang dilakukan dokter anak di Amerika Serikat (American Academy of Pediatrics), menyarankan bahwa bayi baru lahir atau belum berusia 2 tahun ditempatkan dalam kursi khusus dengan posisi menghadap belakang di dalam mobil.

Menurut harian Daily Mail, posisi menghadap belakang dalam mobil itu dinilai dapat melindungi anak dari cedera kepala, leher, dan tulang belakang, saat mobil yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal medis Injury Prevention mengungkapkan bahwa anak berusia kurang dari 2 tahun, 75 persen lebih besar kemungkinannya tewas atau cedera berat dalam posisi menghadap depan saat terjadi kecelakaan kendaraan.
>>> Baca juga: Cara menyetir mobil aman bersama bayi

 

Mama sedang menaruh Ibu di dalam mobil

Membawa bayi 

 

>>> Untuk tahu lebih banyak tips dan trik mengemudi lain, klik sini
Menurut para ahli, posisi menghadap belakang untuk anak berusia di bawah 2 tahun itu sangat penting. Karena kepala mereka relatif berat dan leher serta tulang belakang belum terbentuk secara kokoh. Jika terjadi kecelakaan dan mereka menghadap depan, kepala bayi bisa terdorong ke depan dan dapat mencederai leher maupun tulang belakang. Namun, hasil studi ini tidak mendapatkan respons positif bagi setiap pengendara, khususnya kaum ibu. Para orang tua mengeluhkan bahwa bayi menjadi gelisah karena diletakkan di kursi hadap belakang. Hal itu menurut para orang tua mengganggu konsentrasi mereka berkendara. Mereka juga khawatir kaki bayinya tertekuk oleh kursi hadap belakang.

Itulah penjelasan cara aman membawa bayi di dalam mobil. Semoga bermanfaat untuk para orang tua.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil
Share this post:
 
back to top