Cara Aman Belok di Persimpangan Jalan yang Tidak Dilengkapi Lampu Lalu Lintas

27/11/2019
Saat hendak belok di persimpangan jalan, sebaiknya Anda mengetahui siapa saja pengguna jalan yang harus didahulukan. Jangan merasa sudah menyalakan sein lalu langsung berbelok.

Setiap pengguna jalan tentu harus mematuhi peraturan lalu lintas. Termasuk saat akan belok di persimpangan jalan. Setiap pengemudi kendaraan wajib memahami aturannya.

>>> Berapa Jarak Ideal Nyalakan Lampu Sein Mobil Saat Berbelok?

Lalu bagaimana jika dipersimpangan jalan tersebut tidak dibekali lampu lalu lintas? Berikut tips belok di persimpangan jalan yang aman dari Jusri Pulubuhu, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

1. Ketahui Skala Prioritas

persimpangan jalan raya

Jangan asal belok, ketahui siapa yang harus didahulukan

Ketika akan melintas dipersimpangan jalan, terutama yang tidak dilengkapi lampu lalu lintas, maka sebaiknya mengetahui skala prioritas jalan. Menurut Jusri, hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1993.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Menurut PP tersebut, pada persimpangan jalan yang tidak dikendalikan dengan alat isyarat lalu lintas, pengguna jalan lainnya yang mendapat prioritas adalah kendaraan dari jalan utama apabila pengemudi tersebut datang dari cabang persimpangan yang lebih kecil atau dari pekarangan yang berbatasan dengan jalan.

Lalu kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan sebelah kirinya juga harus didahului apabila cabang persimpangan 4 atau lebih dan sama besar. Sementara kalau ada kendaraan datang dari arah sebelah kiri di persimpangan 3 yang tidak tegak lurus adalah yang didahulukan. Termasuk kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan yang lurus pada persimpangan 3  tegak lurus juga harus didahulukan.

2. Berhenti Sebelum Berbelok

switch lampu sein mobil

Nyalakan sein sebagai tanda Anda akan berbelok

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Jusri juga menekankan, banyak kesalahan yang dialami pengemudi saat belok di persimpangan jalan. Alih-alih merasa sudah menyalakan lampu sein, maka pengemudi tersebut langsung tancap gas dan berbelok.

"Ini jelas salah. Selain harus tahu skala prioritas jalan, rem dulu, tunggu sampai jalan aman atau kosong, baru berbelok. Sein itu kan cuma tanda bahwa pengemudi mau berencana berbelok. Bukan kasih sein sambil langsung belok," tukasnya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain