Cara Aman Belok di Persimpangan Jalan yang Tidak Dilengkapi Lampu Lalu Lintas

27/11/2019

Pengemudian
Share this post:
Cara Aman Belok di Persimpangan Jalan yang Tidak Dilengkapi Lampu Lalu Lintas
Saat hendak belok di persimpangan jalan, sebaiknya Anda mengetahui siapa saja pengguna jalan yang harus didahulukan. Jangan merasa sudah menyalakan sein lalu langsung berbelok.

Setiap pengguna jalan tentu harus mematuhi peraturan lalu lintas. Termasuk saat akan belok di persimpangan jalan. Setiap pengemudi kendaraan wajib memahami aturannya.

>>> Berapa Jarak Ideal Nyalakan Lampu Sein Mobil Saat Berbelok?

Lalu bagaimana jika dipersimpangan jalan tersebut tidak dibekali lampu lalu lintas? Berikut tips belok di persimpangan jalan yang aman dari Jusri Pulubuhu, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

1. Ketahui Skala Prioritas

persimpangan jalan raya

Jangan asal belok, ketahui siapa yang harus didahulukan

Ketika akan melintas dipersimpangan jalan, terutama yang tidak dilengkapi lampu lalu lintas, maka sebaiknya mengetahui skala prioritas jalan. Menurut Jusri, hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1993.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Menurut PP tersebut, pada persimpangan jalan yang tidak dikendalikan dengan alat isyarat lalu lintas, pengguna jalan lainnya yang mendapat prioritas adalah kendaraan dari jalan utama apabila pengemudi tersebut datang dari cabang persimpangan yang lebih kecil atau dari pekarangan yang berbatasan dengan jalan.

Lalu kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan sebelah kirinya juga harus didahului apabila cabang persimpangan 4 atau lebih dan sama besar. Sementara kalau ada kendaraan datang dari arah sebelah kiri di persimpangan 3 yang tidak tegak lurus adalah yang didahulukan. Termasuk kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan yang lurus pada persimpangan 3  tegak lurus juga harus didahulukan.

2. Berhenti Sebelum Berbelok

switch lampu sein mobil

Nyalakan sein sebagai tanda Anda akan berbelok

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Jusri juga menekankan, banyak kesalahan yang dialami pengemudi saat belok di persimpangan jalan. Alih-alih merasa sudah menyalakan lampu sein, maka pengemudi tersebut langsung tancap gas dan berbelok.

"Ini jelas salah. Selain harus tahu skala prioritas jalan, rem dulu, tunggu sampai jalan aman atau kosong, baru berbelok. Sein itu kan cuma tanda bahwa pengemudi mau berencana berbelok. Bukan kasih sein sambil langsung belok," tukasnya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Sejarah Lampu Belakang Berwarna Merah dan Lampu Sein Kuning

Ada banyak hal yang sudah seperti keharusan dalam kehidupan sehari-hari, tapi masih membingungkan untuk dijelaskan. Salah satunya adalah kenyataan bahwa lampu belakang berwarna merah dan lampu sein berwarna kuning, bukan hijau, biru, atau hitam ala anak metal.

Lihat juga

Seperti Mati Lampu! Begini Adat Berkendara Ketika Lampu Lalu Lintas Mati

05/08/2019

Pengemudian

3 menit

Pemadaman listrik mengintai sebagian wilayah di Pulau Jawa berimbas pada lampu lalu lintas dan lampu penerangan jalan umum. Tanpa lampu lalu lintas, beberapa ruas jalan seringkali terdampak kemacetan, hingga deadlock mengancam. Lalu, bagaimana adab ketika berkendara ketika lampu lalu lintas mati?

Lihat juga

Unik tapi Menyenangkan, Belajar Susahnya Mengatur Lalu Lintas Dunia dalam Game Traffix

15/08/2019

Pasar mobil

2 menit

Apa yang terjadi jika lampu lalu lintas tidak berjalan dengan sempurna? Pasti kemacetan dan kecelakaan pun menjadi akibatnya. Inilah yang menjadi dasar game Traffix dimana Anda bertanggung jawab dalam mengendalikan lampu lalu lintas di jalanan di seluruh dunia.

Lihat juga

Review Audi S7 2019: Dari Mesin V8 Ke V6, Apakah Sebuah Penurunan Performa?

27/05/2019

Editor rate:

Audi Sport akan memiliki tiga model S terbaru dalam Portofolio mereka meliputi S6 sedan, S6 Avant dan S7 Sportback. Perlu menjadi catatan, Cintamobil.com lebih tergiur untuk membahas lebih lanjut akan Audi S7 Sportback karena alasan desain, efisiensi bahan bakar, kenyamanan berkendara serta performa mesinnya. Mari kita saksikan bersama dalam review Audi S7 2019.

Lihat juga

Harga Audi A3 Terbaru Juli 2020 Di Indonesia

01/07/2020

Audi

Mungkin Anda bosan dengan Hatchback yang sering dilihat di perkotaan? Anda ingin sebuah Hatchback unik dengan desain prestise? Tepat rasanya artikel kali ini untuk Anda amati lebih lanjut. Seperti yang sering kita ketahui Audi selaku pabrikan otomotif khas Eropa, menghadirkan produk-produk inovatif dengan sentuhan artistik. Audi A3 misalnya, sebuah City Car elegan dan modis, yang siap diajak berjalan di area perkotaan, mencuri perhatian masyarakat. Berapa harga Audi A3 terbaru?

Lihat juga