Bukan Sekedar Bikin Keren, Ini Fungsi Sunroof Mobil Buat Kesehatan

07/01/2020

Pengemudian

5 menit

Bukan Sekedar Bikin Keren, Ini Fungsi Sunroof Mobil Buat Kesehatan
Fungsi sunroof mobil bukan sekedar biar kendaraan itu terlihat lebih mewah dan elegan, tapi juga baik buat kesehatan pengemudi maupun seluruh penumpang lho...

Sunroof awalnya digunakan untuk mobil-mobil di negara empat musim. Satu dari beberapa tujuannya adalah agar si pemilik mobil bisa menikmati perjalanan ketika musim semi atau musim gugur layaknya mengemudikan mobil beratap terbuka.

Tetapi kini sebagian besar mobil sudah dilengkapi dengan sunroof maupun panoramic sunroof. Walaupun biasanya fitur ini cuma ada di mobil-mobil menengah ke atas, tak jarang banyak pemilik mobil yang rela memodifikasi kendaraannya untuk menambahkan sunroof.

Sekedar biar terlihat tampil lebih mewah, ternyata ada beberapa fungsi sunroof mobil yang berguna juga buat kesehatan pengemudi maupun penumpang di dalamnya. Apa saja itu?

1. Mengurangi Bau di Kabin

Gambar menunjukkan panoramic sunroof mobil

Sebaiknya buka sunroof saat memanaskan mesin mobil di pagi hari

>>> 4 Cara Merawat Sunroof Mobil, Mudah Tapi Jangan Asal

Pernah mencium bau tidak sedap yang muncul di kabin mobil? Padahal mobil dalam keadaan masih cukup bersih. Mungkin itu dari aroma-aroma yang dikeluarkan material kabin, seperti kulit, fabric, dan plastik.

Keberadaan sunroof maupun panoramic sunroof ini ternyata bisa mengurangi bau tak sedap tersebut lho. Caranya, saat mobil masih dipanaskan di garasi, buka sunroof agar sirkulasi udara terjadi. Udara di kabin yang terperangkap selama mobil terparkir semalaman, bisa berganti dengan udara pagi hari yang masih segar. Bau tak sedap pun akan cepat hilang.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

2. Menurunkan Suhu Kabin

Gambar menunjukkan panoramic sunroof yang terbuka

Buka sunroof sebagian untuk mengeluarkan hawa panas setelah mobil parkir di luar ruangan

Ketika Anda parkir di lahan terbuka dan tersorot sinar matahari langsung, tentunya akan membuat kabin mobil panas seperti oven. Ketika mobil akan digunakan kembali, pasti disarankan untuk membuka semua jendela agar hawa panas keluar sebelum Anda berkendara. Tetapi ada kalanya, proses menurunkan suhu ini berlangsung lama, padahal Anda sudah harus segera beranjak ke lokasi lain.

Guna mempercepat proses menurunkan hawa panas di kabin inilah, Anda bisa memanfaatkan fungsi sunroof mobil. Jika membuka jendela tak memungkinkan selama Anda berkendara, maka Anda bisa membiarkan sunroof maupun panoramic sunroof terbuka sebagian beberapa menit selama Anda berkendara sambil menunggu hawa panas benar-benar hilang.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

3. Melepaskan Zat Beracun

Gambar menunjukkan sunroof mobil terbuka

Bukalah sunroof ketika berkendara di pegunungan agar hawa segar masuk ke kabin

Untuk negara-negara tropis seperti di Indonesia, fungsi sunroof mobil juga bisa sebagai sarana pelepas zat-zat beracun yang ada di kabin mobil. Ketika Anda berkendara, apalagi saat terjebak macet, ada banyak sekali zat beracun dari asap knalpot yang masuk ke kabin. Disinilah Anda butuh sirkulasi udara segar.

Karenanya, ketika jalanan sudah lenggang dan cuaca tidak terlalu terik, apalagi Anda tengah berkendara di wilayah pegunungan, ada baiknya sunroof dibuka penuh. Biarkan udara segar masuk ke kabin mobil dan melepaskan zat-zat beracun yang terjebak di kabin selama perjalanan. Jika kabin dipenuhi udara segar, maka tubuh seluruh penumpang juga akan terasa lebih segar.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top