Bukan Sekedar Alasan Sopan, Angkat Kaki ke Dasbor Berbahaya!

28/06/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Bukan Sekedar Alasan Sopan, Angkat Kaki ke Dasbor Berbahaya!
Kebiasaan angkat kaki ke dasbor ternyata bisa beresiko untuk memicu cedera parah terutama saat terjadi kecelakaan. Hal ini akibat kaki bisa menjadi boomerang yang akan melukai tubuh Anda sendiri.

Mungkin Anda pernah melihat sebagian penumpang yang duduk di kursi depan mengangkat kakinya ke dasbor. Atau bahkan kebiasaan ini yang sering Anda lakukan ketika sedang di perjalanan? Mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan itu.

>>> Tips Aman Melintasi Perlintasan Kereta

Selain karena alasan kurang sopan dalam menghargai keberadaan orang lain di mobil tersebut, angkat kaki ke dasbor ternyata beresiko membuat Anda cedera parah. Cedera ini akan lebih buruk manakala Anda terlibat dalam kecelakaan di jalan raya.

Kaki Patah Menimpa Wajah

airbag mobil mengembang

Kaki akan menghalangi airbag mengembang

Sebuah kejadian di Michigan, Amerika erikat (AS) beberapa tahun lalu patut menjadi contoh mengapa angkat kaki ke dasbor sebaiknya tidak Anda lakukan. Kala itu seorang wanita mengangkat kedua kaki naik ke dasbor manakala ia sedang berkendara bersama kekasihnya. Tanpa pernah diduga, ternyata ketika dalam perjalanan ia teribat dalam kecelakaan.

>>> Promo mobil baru paling menarik ada disini

Mobil yang dikendarai sang pacar menabrak kendaraan lain. Meskipun ia memakai sabuk keselamatan, tetapi si wanita mengalami cedera yang lebih parah dibanding si pengemudi. Luka parah ada di bagian kepala, wajah, dan kaki.

Saat ditelusuri, ternyata yang membuat wajah dan kepalanya mengalami cedera parah adalah akibat benturan keras dari kaki si wanita itu sendiri. Saat kecelakaan terjadi kedua kakinya yang di atas dasbor menghalangi airbag mengembang. Akibatnya bukan kantung udara penyelamat itu yang menghempas ke bagian wajah dan kepala si wanita, melainkan kedua kakinya.

kaki mendapat perawatan dokter

Akibat naik ke dasbor, kaki dan wajah bisa cedera parah

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas selalu ada disini

Kedua kaki wanita itu diketahui terlipat seketika dan menghantam ke bagian wajah dan kepalanya sendiri. Kecepatan hantaman diketahui setara dengan kecepatan airbag mengembang, yakni 320 km/jam. Bayangkan bagaimana akibatnya ketika kaki Anda menghanam wajah Anda sendiri dengan kecepatan 320 km/jam? Mengerikan!

Jadi, jangan lagi angkat kaki ke dasbor ya...

>>> Tips dan trik menarik lainnya klik disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Pegunungan

10/06/2017

Pengemudian

Persiapkan diri dan persiapkan kendaraan, menanjak dengan gigi rendah, menfaatkan engine brake di tanjakan, pastikan kondisi aman sebelum menyalip, jangan menikung kencang, waspada blind sport, antisipasi hujan dan kabut, menggunakan rem pakir adalah beberapa tips mengemudi mobil di jalan pegunungan.

Lihat juga

5 Menit Parkir Mobil Mundur

07/06/2017

Pengemudian

Bagi para pengemudi pemula tentu mengalami sedikit kesulitan saat parkir mobil, terutama di pertokoan atau di tempat tempat parkir khusus. Bahkan ketika parkir di garasi atau rumah sendiri. Bagaimana cara parkir mundur yang aman? Inilah cara parkir mobil mundur mudah dan cepat.

Lihat juga

Tempat Duduk Aman Dan Tidak Aman Di Mobil Yang Harus Anda Tahu

23/05/2017

Pengemudian

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja jadi jangan lupa untuk mencari tahu cara menguranginya. Salah satu caranya adalah memilih tempat duduk yang cocok. Jadi tempat mana yang teraman dan tempat mana bahaya?

Lihat juga

Review Volkswagen Golf GTI TCR 2019: Hatchback Berjiwa Balap dari Volkswagen

22/02/2019

Editor rate:

Setelah memperkenalkan edisi GTI TCR untuk Golf sebagai konsep di acara Wörthersee 2018 di Austria, Volkswagen akhirnya membuka keran pemesanan bagi konsumen. Sayangnya, Volkswagen Golf GTI TCR 2019 merupakan model khusus yang sayangnya hanya tersedia di Eropa saat ini.

Lihat juga

Harga Audi Q5 : Daftar Harga mobil Audi Q5 terbaru November

01/11/2020

Audi

Di jajaran Sport Utility Vehicle (SUV), pihak Audi Indonesia merilis jagoan terbarunya yang dinamai Audi Q5. Diperkenalkan pada ajang GIIAS 2017, Audi Q5 Crossover mengadopsi desain bodi Audi’s Modular Longitudinal pada sedan Audi A5. Kira-kira seperti apa tampilannya? Berapa harga Audi Q5 ini?

Lihat juga
 
back to top