Bukan Hanya Irit, Ini Perbedaan Lainnya Mesin Diesel dan Bensin

13/11/2019
Anda harus mengetahui perbedaan mobil yang memakai mesin diesel dan bensin karena keduanya memiliki keunggulannya masing-masing.

Menentukan mobil yang akan kita gunakan tentunya membutuhkan pertimbangan matang. Pada aspek mesin misalnya, tersedia pilihan tenaga bensin maupun diesel. Mungkin sebagian dari Anda masing bingung, manakah yang lebih baik diantara keduanya? Berikut tips perbedaan mesin diesel dan mesin bensin seperti yang dilansir dari laman Garda Oto.

>>> Simak juga harga lengkap dari mobil-mobil terkini yang dibanderol cukup terjangkau

Gambar menunjukan pengisian bahan bakar mesin bensin dan diesel

Mesin diesel dan bensin memiliki keunggulan dan perbedaannya sendiri-sendiri

Perbedaan pertama mesin diesel dan bensin pada penggunaan jenis bahan bakar. Mesin diesel menggunakan bahan bakar minyak solar, sementara itu mesin bensin menggunakan gasoline atau bensin biasa. Dalam operasinya, mesin diesel mengkompresi udara terlebih dahulu dan bahan bakar disuntikan karena efek memanas saat dikompresi, sehingga bahan bakar menyala. Sedangkan mesin bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, kemudian dikompres dengan piston lalu dinyalakan oleh percikan api dari busi.

Perbedaan kedua ada pada harga, jika dilihat dari jenis mesin, sudah pasti harga mobil diesel lebih tinggi dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Hal ini dikarenakan material mesin diesel harus lebih kuat, sehingga otomatis biaya yang harus dikeluarkan juga lebih besar. Terutama bagian komponen dan blok silinder harus memakai kualitas terbaik bukan sembarang produk. Jika tidak menggunakan material yang kuat, mustahil mesin tersebut bisa bertahan dengan kompresi diesel yang cukup tinggi.

Selanjutnya performa mesin diesel dan bensin berbeda, dari segi kekuatan performa mesin diesel lebih unggul dari mesin bensin. Sebagai contohnya jika Anda melihat truk dan bus di jalan, keduanya berjalan dengan beban berat, selain itu mampu menempuh perjalanan jauh dengan medan yang sulit dilalui.

Meski begitu, bukan berarti mobil bensin tidak ada keunggulan sama sekali. Masing-masing mesin memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mesin bensin mempunyai keunggulan dalam akselerasi dan responsif.

>>> Baca juga: Pengen Meningkatkan Tenaga Mobil? 4 Hal Ini Bisa Anda Lakukan

Gambar menunjukan montir sedang merawat mesin diesel

Mesin diesel memiliki perawatan lebih khusus dibandingkan dengan mesin bensin

Keempat perawatannya, meskipun mesin diesel terlihat cukup kuat, namun cara perawatannya tidak sembarangan membutuhkan perawat ekstra dibandingan mobil bermesin bensin. Cara kerja mesin diesel dan sistem ruang pembakarannya yang lebih kompleks membuatnya juga mudah kotor. Sebabnya harus dicek dan membutuhkan perhatian khusus pada mesin diesel.

Perbedaan terakhir mesin diesel dan bensin tentunya PADA keiritan bahan bakar, mesin diesel terkenal dengan penggunaan bahan bakar yang sangat efisien. Meski menggunakan bahan bakar yang minim, mesin diesel dapat diolah menjadi tenaga yang maksimal. Tak hanya itu, harga solar lebih murah daripada bensin. Jika Anda hanya mencari kendaraan dari segi kehematan bahan bakar, maka mobil diesel adalah pilihan yang cocok untuk Anda. Apalagi bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jarak jauh setiap harinya.

>>> Simak tips dan trik perawatan mobil terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Rahmat Fajar Nugraha

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3

berita lain