Bukan Hanya Hiasan, Inilah Fungsi Roof Rail Mobil

04/03/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Bukan Hanya Hiasan, Inilah Fungsi Roof Rail Mobil
Beberapa mobil dibekali roof rail dari pabrikannya, sementara yang lain tidak. Sebenarnya apa sih fungsi roof rail mobil ini dan mengapa tak semua mobil punya?

Kalau dipandang sekilas, roof rail mungkin hanya sebuah hiasan berupa besi kokoh yang menambahkan kesan gagah pada mobil. Untuk itulah roof rail banyak terpasang pada mobil berjenis SUV yang memang memiliki kesan kokoh. Namun, roof rail bukan sekadar hiasan, tapi juga dapat mempercantik penampilan. Simak penjelasannya berikut. 

1. Tipe Roof Rail

Foto Mitsubishi Xpander Cross tampak dari samping depan

Roof rail bikin penampilan terlihat gagah

Sebelumnya ketahui dulu, ada dua tipe roof rail mobil. Pertama tipe C dan kedua tipe flush mounted. Dinamakan tipe C karena bentuknya yang menyerupai huruf C dalam posisi terbalik atau seperti busur panah. Untuk tipe ini kedua ujung roof rail menempel ke bagian atap, dan yang tengah berlobang atau ada jarak meski hanya beberapa centimeter. Sedangkan untuk tipe flush mounted, roof rail secara keseluruhan menempel di bagian atap dan tidak ada jarak sama sekali.

2. Fungsi Roof Rail

Pabrikan tidak akan menyematkan perangkat satu ini jika tidak ada fungsi sama sekali karena hanya akan membuat harga jual mobil makin mahal. Dikutip dari berbagai sumber, ada 2 fungsi roof rail mobil yang paling pokok.

  • Memperindah penampilan. Fungsi pertama ini langsung terlihat secara kasat mata. Mobil dengan roof rail tampilannya terlihat lebih keren, gagah dan menarik.
  • Penyangga roof rack. Bagian atap menjadi alternatif jika pengendara menambah ruang untuk penyimpanan barang dengan cara memasang rak khusus (roof rack) atau roof box. Nah, roof rail-lah yang akan jadi penyangganya agar rak atap tidak merusak pelat atap mobil.

>>> Jangan Sembarang Pasang, Tips Pilih Roof Box Sesuai Beban Maksimum Mobil

Foto menunjukkan roof rack terpasang pada Ford Ecosport

Roof rail berfungsi sebagai penyangga roof rack

>>> Sering Menggunakan Roof Rack? Simak Tips Merawat Roof Rack Untuk Cegah Karat

Dengan kedua fungsi tersebut, seharusnya roof rail menjadi aksesoris standar untuk semua jenis mobil penumpang, tapi ternyata tidak. Karena berbagai pertimbangan pabrikan tidak menyematkan roof rail untuk semua model yang dijual. Jadi, kalau Anda membeli mobil yang tak punya roof rail dan ingin memasangnya, Anda bisa membelinya secara terpisah di toko aksesoris mobil. Untuk hal tersebut, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal seperti memilih roof rail yang cocok berdasarkan ukuran maupun tipe mobil. Kemudian pemasangan juga harus dilakukan oleh ahlinya agar benar-benar tepat dan aman saat digunakan.

Berbeda jika Anda membeli mobil dengan roof rail bawaan pabrik, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli dan memasang. Untuk ukuran, tipe, dan keamanan saat digunakan pun lebih terjamin. Beberapa model yang sudah dilengkapi roof rail diantaranya Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7, Wuling Confero S, Honda BR-V, Wuling Cortez CT, dan Suzuki Ignis tipe GX.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik mengemudi yang berguna lainnya

Tadi Cintamobil.com sudah sampaikan fungsi roof rail mobil kepada sobat-sobat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. 

>>> Kumpulan artikel tips dan trik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Virus Corona Masuk Indonesia Tak Goyangkan Harga Mobil Murah di Pasar Otomotif

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus Corona disebut-sebut positif masuk ke Indonesia Senin (2/3) kemarin. Meski begitu, hal ini tak menggangu harga mobil murah di Tanah Air pada awal bulan Maret 2020 ini.

Lihat juga

5 Rekomendasi Mobil Pilihan Wanita Bertubuh Mungil

03/03/2020

Jual beli

5 menit

Tinggi badan kebanyakan wanita Indonesia yang mungil menjadi salah satu penentu dalam memilih mobil yang tepat bagi mereka. Untuk itu cintamobil.com memilih 5 mobil pilihan wanita bertubuh mungil.

Lihat juga

Mobil Crossover Adalah SUV yang Lebih Mungil, Benarkah Demikian?

03/03/2020

Jual beli

3 menit

Banyak yang menyebutkan mobil crossover adalah SUV dengan dimensi yang lebih kompak. Sebenarnya, anggapan tersebut tidak salah. Tetapi ada beberapa pengertian lanjutan dari segmen yang semakin berkembang ini.

Lihat juga

Ini Tips Merawat dan Memanfaatkan Sun Visor Mobil

24/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Sun visor mobil membuat pengemudi memiliki visibilitas lebih terhadap jalan terutama di siang hari. Selain memanfaatkannya Anda juga harus tahu cara merawatnya.

Lihat juga

Klaim Asuransi Ditolak Jika Melanggar Rambu-rambu Lalu Lintas

20/03/2020

Pengemudian

3 menit

Asuransi kendaraan sangat membantu meringankan beban biaya saat terjadi musibah kecelakaan. Tapi jika melanggar rambu lalu lintas klaim asuransi ditolak.

Lihat juga