Bukan Hanya Banjir, Waspadai Juga Pohon Tumbang

03/01/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Bukan Hanya Banjir, Waspadai Juga Pohon Tumbang
BMKG menghimbau untuk berhati-hati terhadap efek cuaca ekstrem di awal 2020. Bukan banjir saja, tapi juga dampak lain seperti pohon tumbang dan yang lain.

Hujan deras melanda Jakarta dan kota sekitarnya di hari pertama tahun 2020. Akibatnya beberapa kawasan mengalami banjir cukup parah. Genangan air bahkan ada yang mencapai lebih dari 200 m seperti di beberapa kecamatan di Bekasi.

Foto menunjukkan salah satu ruas jalan ibu kota terendam banjir

Banjir, hadiah Tahun Baru 2020 untuk Jakarta

Kerugian yang ditimbulkan memang belum dikalkulasi, tapi dipastikan nilainya sangat besar mencapai miliaran rupiah. Selain rumah tempat tinggal, banjir juga merendam banyak lokasi kegiatan ekonomi, tempat ibadah, tempat pendidikan termasuk merendam sejumlah kendaraan roda dua dan empat.

Bukan hanya banjir

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), banjir yang terjadi di Jakarta merupakan salah satu dampak dari cuaca ekstrem yang kini tengah melanda Indonesia. Dalam rilisnya tertanggal 1 Januari 2020 cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga sepekan ke depan.

Dan bukan hanya banjir saja, dampak lain juga terjadi di beberapa daerah. Seperti longsor di Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa barat, kamis (02/01/20) pukul 06.00 WIB menyebabkan tiga dusun terisolir.

Juga ada terjadi genangan air di Tol Cipali (Cikopo - Palimanan) km 136 di hari terakhir 2019. Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, hal ini membuat kenyamanan pengendara yang melintas di ruas tol terpanjang di Jawa Tengah terganggu.

Di Karanganyar Jawa Tengah sebanyak 8 pohon tumbang pada Selasa (31/12/2019) akibat hujan deras disertai angin kencang. Selain menimpa beberapa rumah, pohon tumbang juga sempat menutup akses jalan utama warga.

>>> Ini Cara Tetap Aman Melewati Banjir dengan Mobil

Foto menunjukkan sejumlah mobil tertimpa pohon yang tumbang di Tangerang Selatan

Hujan deras disertai angin kencang banyak pohon bertumbangan

Di Subang pohon tumbang juga terjadi menimpa di jalan raya menimpa mobil Honda Brio yang sedang melintas. Peristiwa terjadi di Jalan Cadika, Kelurahan Cigadung, Subang pada 2 Januari 2019. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sempat membuat syok pengemudi mobil bernopol T 1163 TU warna merah itu.

Antisipasi

BMKG menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati di kondisi cuaca yang ekstrem ini dengan tidak melakukan perjalanan jika tidak benar-benar penting. Jika harus berkendara hindari lokasi-lokasi yang berpotensi bahaya. Jika terpaksa harus menerjang banjir, perhatikan dengan seksama ketinggian air.

Pantau terus perkembangan cuaca yang terjadi di tanah air melalui kanal-kanal berita online atau langsung melalui situs resmi BMKG.

>>> Hati-Hati, BMKG Ingatkan Potensi Curah Hujan Tinggi di Jabodetabek

laporan BMKG tentang cuaca ekstrem di Indonesia dengan peta

Cuaca ekstrem diprediksi terjadi hingga 7 Januari 2020

>>> Tips dan trik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Berikut Estimasi Biaya Pengecekan & Perbaikan Mobil Terendam Banjir

02/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Jika mobil terendam banjir dan membutuhkan perbaikan segera, kami akan berikan estimasi biaya pengecekan dan perbaikan untuk mobil Anda paska banjir melanda

Lihat juga

Kenali Water Hammer Bahaya yang Mengancam Mobil Terobos Banjir

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Jika mobil terobos banjir cukup tinggi kira-kira dampak apa yang akan terjadi pada mesin mobil Anda? Apakah Anda sudah tahu? Simak informasinya di bawah ini.

Lihat juga

3 Tipe Penanganan Mesin ketika Mobil Terendam Banjir

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Dengan cuaca ekstrem membuat sebagian besar wilayah Jakarta kebanjiran. Cintamobil.com berikan 3 tips penanganan terhadap mesin ketika mobil terendam banjir.

Lihat juga

Sering Kebanjiran? Flood Guard Car Bag Hindari Kerusakan Mobil

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Indonesia merupakan negara tropis yang seringkali dilanda badai dan banjir. Bagi pemilik mobil, Flood Guard Car Bag merupakan solusi aman untuk mencegah mobil mengalami kerusakan akibat banjir.

Lihat juga

Tips Mengemudi Ketika Melewati Banjir

02/01/2020

Pengemudian

3 menit

Ketika anda sedang terburu-buru dan jalan yang dilewati tergenang banjir, maka anda harus membuat pilihan apakah mau melewati rute lain atau tetap mengemudi sambil melewati banjir. Jika anda mengambil pilhan kedua, apakah mengemudi ketika melewati banjir masih aman untuk mobil anda?

Lihat juga