Bosan #DirumahAja? Coba Cara Belajar Mobil Manual Sendiri Disini

08/04/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika melakukan physical distancing. Bosan #DirumahAja? Coba cara belajar mobil manual sendiri untuk mengisi waktu luang.

Bosan #DirumahAja? Anda bisa memanfaatkan waktu di rumah untuk belajar mengendarai mobil manual Anda. Cara belajar mobil manual sendiri tidak mengharuskan Anda untuk mulai berkendara tanpa pengawasan. Dilansir dari Axle Addict, Sebisa mungkin berlatih ditemani oleh keluarga atau teman yang sudah mahir membawa mobil sehingga bisa membantu ketika Anda kebingungan ketika di jalan.

1. Kenali layout pengemudian

Ketika duduk di kursi pengemudi, pastikan untuk mengetahui semua komponen pengendaraan, seperti setir, tongkat persneling, pedal rem dan akselerasi, serta tombol-tombol yang ada pada dashboard. Hal in untuk memudahkan Anda selama berkendara nantinya. Atur posisi mengemudi yang nyaman dengan kaki tidak terlalu ditekuk ketika menginjak pedal.

pedal mobil berwarna silver pada kabin mobil
Perhatikan layout kabin ketika berkendara

Setelah itu, perhatikan sekeliling dan pahami kondisi layout kendaraan. Mulai dari tata letak tongkat persneling hingga tombol pada dashboard atau setir (jika ada). Sebisa mungkin untuk menghafal komponen dan berbagai fitur yang ditemukan pada mobil di luar kepala. Latihan dan pengalaman akan membantu Anda untuk berkendara dengan baik.

>>> Kelebihan Kursus Mengemudi Secara Profesional Dibanding Otodidak

2. Mulai menghidupkan kendaraan

Guna mendapatkan lingkungan berkendara terbaik untuk belajar mengemudi, jangan lupa mencari tanah kosong atau lapangan yang datar. Untuk menghidupkan mobil, Anda harus menggunakan gigi netral. Goyangkan tongkat persneling ke depan dan belakang untuk memastikan Anda dalam kondisi netral. Pastikan Anda menekan rem atau rem parkir aktif.

kaki dengan sepatu yang sedang menekan kopling
Hidupkan kendaraan, tekan kopling dan pindahkan gigi

Tekan kopling dan putar kunci kontak, maka mobil akan hidup. Perhatikan pada beberapa mobil Anda tidak bisa menghidupkan kendaraan dalam keadaan netral kecuali pedal kopling (pedal yang terletak di sebelah kiri) ditekan sepenuhnya.

>>> Sering Terabaikan, Berikut Ini Lima Gejala Transmisi Manual Bermasalah

3. Mulai berkendara

Setelah Anda berada pada gigi pertama, lepaskan kopling hingga Anda merasa mobil mulai bergerak. Rasakan sedikit getaran ketika mobil dimulai. Mulailah menekan sedikit pedal gas secara perlahan. Jika Anda menekan terlalu dalam mobil akan berhenti. Bagi sebagian orang, hal ini merupakan salah satu cara tersulit ketika mulai berkendara.

tangan yang sedang memasukkan gigi pada persneling
Masukkan gigi 1, rasakan getaran pada kopling, tekan gas dan lepas kopling perlahan

Setelah Anda menekan pedal gas, jangan lepaskan kopling sepenuhnya. Lepaskan ketika Anda bisa merasakan persneling bergerak. Terasa seperti getaran yang Anda rasakan melalui kaki Anda. Setelah itu, Anda bisa melepaskan kopling dan mobil akan mulai melaju.

>>> Memilih Kursus Setir Mobil Sebaiknya Pertimbangkan Hal Ini

4. Menggeser gigi

Menaikkan gigi seringkali terasa lebih mudah dibandingkan mulai menjalankan kendaraan. Untuk menaikkan atau menurunkan gigi, perhatikan posisi perpindahan gigi yang terdapat pada tongkat persneling. Anda bisa beralih dari gigi 1 ke 2, ke 3, ke 4, dan ke 5. Pastikan untuk menghafal dan mengingat posisi gigi yang diinginkan. Jika perlu, latih pergerakan memindahkan gigi sebelum mulai berkendara.

Untuk berpindah ke gigi pertama, masukkan kolping lalu pindahkan tongkat persneling ke gigi 1. Lepaskan kopling secara perlahan, lalu tekan pedal gas perlahan. Perpindahan dari gigi pertama ke kedua dan selanjutnya bisa dilakukan dengan cara yang sama. Untuk menghasilkan pergantian gigi yang benar-benar mulus, Anda harus menyeimbangkan gas dan kopling dengan baik.

>>> Mau Belajar Nyetir? Yuk Simak Daftar Biaya Kursus Mengemudi di Jakarta

tampilan tachometer mobil berwarna hitam
Pindahkan gigi dengan melihat putaran mesin pada mobil

Lalu, bagaimana cara mengetahui kapan harus manaikkan gigi? Perhatikan rpm atau kecepatan kendaraan. Biasanya, mesin akan sedikit meraung ketika Anda berada pada putaran tinggi. Karena itu, geser ke gigi tinggi ketika mesin berada pada putaran 2.500 rpm hingga 3.000 rpm pada tachometer.

Kecepatan untuk menggeser persneling juga bervariasi sesuai dengan mobil yang Anda kendarai. Jadi perhatikan instruksi manual untuk mendapatkan pemindahan yang mulus. Ketika pertama kali berkendara, Anda perlu memperhatikan rpm pada tachometer. Selanjutnya, Anda bisa tahu kapan harus memindahkan gigi dengan memperhatikan suara mesin dan rasa berkendara.

>>> Tips berkendara lainnya bisa Anda lihat di sini

5. Atur jarak dengan kendaraan lain

Bagi pengemudi pemula, mulai berkendara di jalanan memang terasa menyeramkan. Namun dengan sedikit latihan dan pengalaman, berkendara di jalan tak perlu dikhawatirkan. Hanya saja ketika Anda mulai berlatih dan masuk ke jalan, sebisa mungkin untuk mencari jalanan yang sepi, seperti jalanan perumahan.

Ketika mulai berkendara di jalan, jangan lupa untuk memperhatikan kecepatan dan atur jarak dengan kendaraan lain. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari pengereman mendadak ketika kendaraan di depan tiba-tiba berhenti atau berbelok tanpa menghidupkan lampu sein.

Ada banyak cara belajar mobil manual sendiri dengan melihat berbagai tips dan trik pada video Cintamobil TV. Jangan takut untuk mendapatkan saran professional yang akan membantu Anda ketika mulai berkendara. Dapatkan pula berbagai tips untuk pengendaraan pertama hanya di Cintamobil.com.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top