Bisa Anda Coba, Manfaatkan Aplikasi Waze untuk Atasi Aturan Ganjil Genap

20/10/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Bisa Anda Coba, Manfaatkan Aplikasi Waze untuk Atasi Aturan Ganjil Genap
Anda kini tidak perlu bingung lagi mengatasi rute aturan Gage di Jakarta, Waze bisa menjadi solusinya.

Perluasaan sistem ganjil genap (Gage) di Jakarta resmi diberlakuan sejak awal September lalu. Adanya penambahan ruas jalan yang berdampak aturan Gage membuat Anda yang beraktifitas di Jakarta menggunakan kendaraan mobil pribadi harus berhati-hati.

>>> Meski Praktis, Ada Bahaya Meletakkan Barang Di Atas Dashboard

Aplikasi Waze Terbaru

Aplikasi Waze bisa diunduh di Google Play maupun App Store

Aturan tersebut hanya memperbolehkan kendaraan berada di jalan yang berdapak aturan Gage bernomor plat mobil akhir genap pada tanggal genap dan sebaliknya untuk bernomer ganjil berlaku pada 25 ruas jalan selama jam sibuk pada hari kerja, yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi lalu lintas kota, kualitas udara serta kondisi lingkungan. 

Jika Anda hanya mempunyai satu mobil untuk beraktifitas, pastinya aturan ini sangat menyulitkan mobilitas Anda sehari-hari. Meski hanya mempunyai sebuah mobil saja, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Waze untuk mengatasi aturan ganjil genap di Jakarta

Waze menyediakan akurasi waktu nyata (real-time) dan merefleksikan kondisi nyata di jalanan bagi pengendara roda empat di Jakarta dalam menghadapi perluasan pembatasan kendaraan melalui perluasan pelat nomor Ganjil-Genap. Waze memastikan kondisi jalan, destinasi, dan rute yang disarankan selalu diperbarui secara tepat waktu di aplikasi tersebut. 

>>> Promo mobil baru menarik bisa Anda dapatkan dengan klik link ini

Rute Gage di Jakarta

Daftar rute jalanan yang terkena ruas ganjil genap di Jakarta

Cukup dengan memilih destinasi dan mendaftarkan nomor kendaraan, pengguna Waze saat ini akan dibantu dengan rute-rute tercepat. Waze selalu berupaya menjadi solusi navigasi yang mudah dan senantiasa membantu pengemudi.

Waze saat ini dukungan komunitas yang terdiri dari 500 Map Editor lokal di seluruh Indonesia. Map Editor secara aktif mencari berbagai rute alternatif selama bepergian di Jakarta, untuk membantu navigasi sesama pengemudi dalam menyiasati lalu lintas akibat peraturan ganjil-genap.

Jadi kini Anda tidak perlu bingung lagi dengan aturan Gage, aplikasi Waze bisa menjadi salah satu opsi solusi untuk Anda berkendara.

>>> Dapatkan tips otomotif lainnya di sini 

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mobil Listrik Kebal Aturan Ganjil Genap, Bakal Diberi Tanda Khusus?

01/10/2019

Pengemudian

3 menit

Mobil listrik dinyatakan bebas melintas di berbagai jalanan ibu kota dan tak terpengaruh dengan aturan ganjil genap. Lantas, apakah mobil ramah lingkungan ini bakal diberi tanda khusus, mengingat di lintasan ganjil genap banyak diawasi?

Lihat juga

Trik Menghidar Biar Tak Terjebak Peraturan Ganjil Genap

20/09/2019

Pengemudian

5 menit

Saat harus berkendara di wilayah dengan peraturan ganjil genap, maka dibutuhkan beberapa alternatif transportasi. Berikut diantaranya.

Lihat juga

Salah Satu Solusi Mengatasi Peraturan Ganjil Genap dengan Auto2000 Mobile, Bagaimana Caranya?

16/09/2019

Pengemudian

3 menit

Auto2000 mengeluarkan sebuah aplikasi yang akan membantu Anda mengatasi peraturan ganjil genap, yaitu dengan Auto2000 Mobile. Aplikasi ini akan membantu Anda mendapatkan rute ketika Anda menuju bengkel Auto2000.

Lihat juga

Tidak Ingin Dapat Denda Rp 500 Ribu? Ketahuilah 25 Ruas Jalan Terkena Aturan Ganjil Genap

10/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Perluasaan sistem ganjil genap di Jakarta resmi diberlakuan mulai hari ini, Senin (9/9/2019). Aturan terbaru tersebut ditandai dengan terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Lihat juga

Aturan Ganjil Genap Tak Berlaku Buat Mobil Listrik, Bagaimana Dengan Hybrid?

12/08/2019

Mobil baru

3 menit

Merujuk pada latar belakang Instruksi Gubernur (InGub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara, aturan perluasan ganjil genap tidak berdampak pada mobil listrik. Artinya kendaraan tetap bebas mengaspal di hari apapun dan di ruas jalan manapun tanpa khawatir kena tilang ganjil genap. Bagaimana dengan mobil Hybrid dan Plug-in Hybrid?

Lihat juga