Bikin Harga Makin Mahal, 4 Fitur Mobil Modern Ini Jarang Digunakan

10/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Bikin Harga Makin Mahal, 4 Fitur Mobil Modern Ini Jarang Digunakan
Terlalu banyak fitur canggih pada mobil-mobil modern tak sepenuhnya bermanfaat bagi si pemilik. Bukan karena fiturnya yang tak berguna, tapi pemilik yang enggan memanfaatkan. Bisa dikatakan sangat rugi sebab banyaknya fitur yang ada mobil membuat pemilik harus mengeluarkan uang yang mahal saat membeli. Apa saja fitur mobil modern yang 'tak berguna' itu?

Seperti jadi persyaratan wajib mobil disebut mobil modern jika dilengkapi dengan banyak fitur baik itu untuk kenyamanan, keselamatan maupun untuk pengamanan. Faktanya, tidak semua fitur terpakai karena pemiliknya sendiri juga bingung. Mereka tidak mengerti keberadaan fitur-fitur tersebut dikarenakan tidak membaca buku manual secara utuh sampai tamat. Bisa jadi juga mereka tahu keberadaan berbagai fitur yang ada dan sangat paham, tapi mereka tidak bisa menggunakan karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Walhasil keberadaan fitur yang sebenarnya sangat bermanfaat jadi nganggur sama sekali bagai tidak ada.

Berikut ini adalah 4 fitur mobil modern paling jarang digunakan oleh pengendara baik pengemudi maupun penumpang.

1. Cruise Control

Foto fitur Cruise Control pada mobil

Cruise Control untuk menjaga mobil tetap melaju dengan kecepatan konstan tanpa injak pedal gas

Cruise Control menjadi salah satu yang membuat mobil baru menarik dan memikat konsumen. Fitur canggih yang masuk dalam kategori fitur kenyamanan ini berguna menjaga mobil tetap melaju dengan kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas. Dengan begitu kaki bisa beristirahat mengurangi rasa pegal.

Dengan fungsi tersebut di atas, pemanfaatan Cruise Control hanya bisa dilakukan di jalan bebas hambatan berjarak panjang dan dalam kondisi lalu lintas lengang. Faktanya fitur mobil modern ini jarang digunakan walau sedang mengemudi di jalan bebas hambatan seperti jalan tol Trans Jawa lebih banyak pengemudi yang menonaktifkan fitur Cruise Control. Pengemudi lebih memilih tetap menginjak kaki di pedal gas karena ingin merasakan sensasi berkendara seutuhnya.

>>> Mengapa Anda Harus Non-Aktifkan Cruise Control ketika Berkendara di Jalan Basah?

2. ISOFIX

Kursi anak terkait di fitur ISOFIX

Lebih banyak yang tidak memanfaatkan fitur ISOFIX

Selain Seat Belt atau sabuk pengaman, ISOFIX yang berupa pengait kursi anak telah menjadi standar keselamatan wajib untuk mobil-mobil modern. Dengan mengaitkan kursi anak pada ISOFIX, anak akan tetap aman di tempatnya meski mobil mengalami berbagai guncangan. Sayang, fitur ISOFIX lebih sering nganggur karena orang tua lebih memilih menggendong atau mendudukkan anak di pangkuan.

Bisa jadi tidak terpakainya fitur mobil modern ini karena orang tua tidak mengetahui adanya fitur keselamatan tersebut. Bisa jadi pula orang tua tahu mobilnya dilengkapi ISOFIX namun enggan membeli kursi untuk anak yang dijual secara terpisah dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

3. Sabuk pengaman di kursi belakang

Penumpang mengenakan sabuk pengaman

Tidak banyak penumpang di belakang yang mau pakai sabuk pengaman

Umumnya sabuk pengaman hanya terdapat di kursi baris pertama untuk pengemudi dan penumpang di sebelahnya. Untuk mobil-mobil modern, sabuk pengaman tidak hanya di kursi baris pertama, tapi menyeluruh di kursi baris kedua, baris ketiga hingga paling belakang. Fakta yang ada, kebanyakan hanya penumpang di baris pertama yang bersedia mengenakan sabuk pengaman. Itupun kadang 'terpaksa', karena takut ditilang polisi. Sedangkan untuk penumpang baris kedua, ketiga hingga kursi bagian belakang lebih banyak yang tidak mengenakan sabuk pengaman meskipun mereka tahu sabuk pengaman bermanfaat bagi keselamatan.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

4. Child Safety Lock

Fitur Chil Safety Lock pada mobil modern

Child Safety Lock jarang digunakan karena pemilik tidak tahu atau jarang mengajak anak

Child Safety Lock atau Child Door Lock adalah salah satu fitur keselamatan anak yang selalu ada pada mobil-mobil modern. Saat diaktifkan fitur yang biasanya terletak di bagian pintu baris kedua ini bakal mengunci pintu sehingga tidak bisa dibuka dari dalam. Fitur ini penting untuk mencegah anak-anak membuka pintu secara tak sengaja saat mobil berjalan.

Sebagaimana ISOFIX yang jarang digunakan, Auto Safety Lock juga jarang diaktifkan meski orang tua mengajak anak-anak naik mobil dan duduk sendirian di belakang. Orang tua masih yakin dengan mengandalkan Auto Door Lock atau mengunci pintu dari dalam meski sebenarnya pintu masih bisa dibuka.

>>> Simak informasi menarik lainnya seputar dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top