Berapa Biaya Balik Nama Mobil Jakarta? Ini Perhitungannya Biar Gak Salah

26/05/2021

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Untuk melakukan balik nama tentunya dikenakan biaya. Bagi warga Jakarta, sering muncul pertanyaan berapa biaya balik nama mobil di Jakarta? Berikut ulasannya!

Seperti mobil bekas, pembelian mobil baru sebenarnya juga dikenakan BBNKB. Hanya saja ketika Anda membeli mobil baru dari dealer biasanya dalam kondisi On The Road yang artinya semua biaya administrasi termasuk BBNKB sudah termasuk dalam harga jual. Jadi Anda tidak perlu repot mengurusnya sendiri.

Ketika Anda telah menyelesaikan proses pembelian motor atau mobil bekas, hal selanjutnya yang perlu disegerakan adalah proses balik nama. Proses balik nama ini bertujuan untuk mengganti nama kepemilikan dari pemilik mobil lama ke pemilik mobil baru atau dalam hal ini pembeli. Untuk melakukan proses balik nama tentunya dikenakan biaya tertentu. Bagi warga Jakarta, sering muncul pertanyaan berapa biaya balik nama mobil Jakarta

Biaya Balik Nama Mobil Jakarta

Aturan biaya balik nama mobil di Jakarta tercantum Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta nomor 6 Tahun 2019 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Dalam aturan tersebut, besaran BBNKB kendaraan pertama atau baru adalah 12,5 persen dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dan BBNKB kendaraan bekas adalah 1 persen dari NJKB. 

Namun perlu diketahui, dalam proses balik nama kendaraan, komponen yang harus dibayarkan bukan hanya BBNKB. Namun juga ada komponen lainnya yang perlu dibayar seperti biaya penerbitan STNK (baru atau ganti nama), biaya penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) baru atau ganti kepemilikan, penerbitan BPKB, serta biaya mutasi jika kendaraan berasal dari luar daerah.

bkpb dan stnk penting dimiliki oleh setiap orang yang punya kendaraan

Bpkb dan stnk sebagai tanda sah kepemilikan kendaraan

>>> Syarat Serta Biaya Mutasi dan Balik Nama Mobil Bekas

Dalam kasus tertentu Pemerintah Daerah pernah menerapkan kebijakan pemutihan atau tidak dikenakan BBNKB ataupun denda dalam proses balik nama. Biaya balik nama mobil gratis Jakarta bisa saja terjadi jika sedang ada pemutihan oleh Pemerintah Provinsi DKI. Namun hanya untuk BBNKB nya saja.

Untuk mengurus proses balik nama syarat-syarat dokumen dan berkas yang perlu Anda siapkan adalah:

  • KTP pemilik baru, asli dan fotokopi
  • STNK (lama) asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Kuitansi pembelian bermaterai
  • Faktur asli dan fotokopi

Anda dapat melakukan proses balik nama STNK di kantor samsat di wilayah tempat Anda tinggal. Setelah melakukan proses balik nama STNK selanjutnya adalah melakukan balik nama BPKB. Syarat-syarat yang diperlukan antara lain:

  • Fotokopi STNK (nama baru)
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi BPKB asli
  • Fotokopi bukti pembelian atau kwitansi pembelian
  • Fotokopi hasil pengesahan cek fisik (dilakukan pada saat proses balik nama STNK di kantor samsat).

penampakan stnk sebagai surat kelengkapan berkendara

Stnk wajib dibawa saat bepergian dengan kendaraan 

>>> Rincian dan Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil Bekas Tahun 2021

Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil

Setelah mengetahui komponen biaya balik nama mobil, berikutnya adalah cara menghitung biaya balik nama mobilnya. Untuk menghitung biaya balik nama mobil yang perlu diketahui adalah biaya dari komponen-komponen dalam balik nama mobil selain BBNKB antara lain penerbitan STNK, pengesahan STNK, penerbitan TNKB, dan penerbitan BPKB. 

Sekarang kita simulasikan sebagai berikut:
BBNKB adalah 1 persen dari NJKB. Dimisalkan harga mobil adalah Rp 100 juta maka BBNKB nya adalah 1 juta.

Untuk biaya di luar BBNKB, besarannya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) no 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak sebagai berikut:

  • Penerbitan STNK : Roda dua Rp 100 ribu, Roda empat Rp 200 ribu
  • Pengesahan STNK: Roda dua Rp 25 ribu, Roda empat Rp 50 ribu
  • Penerbitan TNKB: Roda dua Rp 60 ribu, Roda empat Rp 100 ribu
  • Penerbitan BPKB: Roda dua Rp 150 ribu, Roda empat Rp 250 ribu,

penampakan stnk sebagai surat sah berkendara

Setiap pengemudi wajib membawa stnk saat bepergian dengan kendaraan 

Dengan perhitungan di atas maka perhitungan biaya balik nama mobil adalah sebagai berikut:

  • BBNKB: Rp 1 juta
  • Penerbitan STNK: Rp 200 ribu
  • Pengesahan STNK : Rp 50 ribu
  • Penerbitan TNKB: Rp 100 ribu
  • Penerbitan BPKB: Rp 375 ribu

Maka total biaya balik nama mobil yang harus dibayarkan adalah Rp 1.725.000

>>> Syarat Serta Biaya Mutasi dan Balik Nama Mobil Bekas

Biaya Balik Nama Mobil dan Mutasi

Selain komponen-komponen biaya yang sudah disampaikan sebelumnya, dalam pembayaran biaya balik nama mobil Jakarta bisa memiliki komponen tambahan dalam kasus tertentu seperti mutasi kendaraan. Mutasi kendaraan adalah proses balik nama kendaraan dari luar daerah berganti ke daerah tertentu. Dalam contoh kasus ini adalah Jakarta. Jadi misalkan Anda tinggal di Jakarta namun membeli mobil bekas yang terdaftar di Bandung, Jawa Barat. Maka untuk melakukan ganti nama pada mobil selain biaya balik nama Anda juga akan dikenakan biaya mutasi kendaraan.

Biaya mutasi kendaraan adalah Rp 150 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 250 ribu untuk kendaraan roda empat. Jika menggunakan simulasi perhitungan biaya balik nama mobil yang sebelumnya maka totalnya adalah sebagai berikut:

Rp 1.725.000 + Rp 250.000 = Rp 1.975.000

Untuk melakukan mutasi kendaraan syarat-syarat yang diperlukan antara lain:

  • BPKB
  • STNK
  • Cek fisik kendaraan (bisa dilakukan di Kantor Samsat)
  • Kuitansi jual-beli yang sudah diberi meterai
  • KTP pemilik (daerah yang dituju).

Selain mutasi kendaraan yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada satu jenis lagi mutasi yakni mutasi antar Samsat. Perpindahan ini dilakukan bisa antar kota ataupun antar provinsi namun masih dalam satu area dengan kode plat nomor yang sama. Misalnya mutasi kendaraan dari Jakarta ke Bekasi atau Tangerang. Ketiganya sama-sama menggunakan kode nomor polisi yang sama yaitu B, tapi wilayah Samsatnya sudah berbeda. Untuk biaya balik nama mobil Bekasi besaran komponen yang harus dibayarkan kurang lebih sama dengan biaya balik nama mobil Jakarta.

Mengurus proses balik nama bisa dilakukan di Kantor Samsat

Mengurus proses balik nama bisa dilakukan secara langsung di kantor samsat

>>> Cara Balik Nama Mobil dan Biayanya

Cara Cek Biaya Balik Nama Mobil Online

Saat ini untuk mengetahui berapa biaya balik nama mobil tidak melulu harus mendatangi kantor Samsat. Anda bisa mengetahui biaya balik nama mobil secara online. Caranya adalah buka situs resmi Bapenda atau Badan Pendapatan Daerah provinsi tempat Anda tinggal.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi e-Samsat atau pun Samsat Online Nasional. Baik website atau pun aplikasi nantinya Anda akan mendapatkan informasi mengenai kendaraan Anda termasuk jumlah pajak-pajak yang harus dibayarkan atau biaya balik nama kendaraan.

Nah itu tadi merupakan ulasan biaya balik nama mobil Jakarta. Untuk penetapan BBNKB setiap daerah memiliki kebijakannya sendiri-sendiri namun cara perhitungannya tidak jauh berbeda dengan simulasi biaya balik nama mobil di kota Jakarta yang sudah dijelaskan di atas.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Di mana mengurus balik nama mobil?
Mengurus balik nama mobil dilakukan di Kantor SAMSAT kota/kabupaten tempat Anda tinggal. Selanjutnya untuk proses balik nama BPKB Anda bisa mengurusnya di Polda wilayah Anda tinggal.
Apa saja syarat mengurus balik nama mobil?
Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengurus balik nama mobil, seperti: - KTP pemilik baru, asli dan fotokopi - STNK (lama) asli dan fotokopi - BPKB asli dan fotokopi - Kuitansi pembelian bermaterai Faktur asli dan fotokopi
Berapa biaya BBNKB DKI Jakarta?
Biaya BBNKB DKI Jakarta adalah 1% dari harga kendaraan.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top