Gunakan Sumbat Telinga Di Tempat Bising Seperti Bengkel!

04/05/2021

Pengemudian

3 menit

Agar telinga tidak cepat tuli, selalu siapkan dan gunakan earplug pada indera pendengaran Anda jika harus berada di kawasan bising dalam waktu yang cukup lama.

Telinga adalah salah satu panca indera manusia yang sangat vital karena berperan penting terhadap fungsi pendengaran dan keseimbangan tubuh. Tanpa indera pendengaran dan keseimbangan tubuh, seorang manusia kesulitan melakukan kegiatan secara normal. Makanya, gangguan telinga berdampak pada pendengaran dan keseimbangan tubuh. Karena itu, sayangi telinga dan jangan terlalu lama berada di tempat dengan tingkat kebisingan tinggi seperti pabrik, bengkel atau sumber berisik lainnya.

Foto mobil Daihatsu Xenia Xi sedang ditangani mekanik bengkel resmi

Bengkel juga termasuk tempat bising   

Dari segi kesehatan. telinga yang menerima tingkat kebisingan di atas 85 dB secara kontinyu akan mengalami gendang berdenging pada tahap awal, kemudian muncul gejala sulit mendengar dan berakhir dengan kerusakan permanen alias tuli. Agar tidak tuli, siapkan dan gunakan earplug pada telinga Anda jika harus berada di kawasan bising. Supaya nyaman, inilah  macam earplug yang tersedia di berbagai gerai seperti apotik maupun toko alkes (alat kesehatan).  

>>> Tips Setting Audio Mobil Agar Lebih Nyaman Saat Berkendara

Foam

gambar foam earplug

Sumbat telinga bahan foam

Sumbat telinga yang paling dasar adalah jenis foam yang terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) atau polyurethane (PU). Nilai jualnya terletak pada harga yang murah, tersedia di mana saja, sifatnya empuk dan lunak sehingga mudah menjadi sumbat telinga dan sekali pakai. Pada sisi lain, earplug jenis foam kerap tidak mempunyai ukuran standar sehingga kadang kendur setelah dimasukkan ke dalam lubang telinga. Masalah lainnya, sumbat telinga model foam mempunyai pori banyak sehingga kemampuan peredaman bunyi menjadi kurang optimal.  

Rubber

gambar earplug karet

Sumbat telinga berbahan rubber

Sumbat telinga yang terbuat dari bahan campuran karet dan silikon ini memiliki sifat paduan antara karakter elastis dan solid. Nilai lebih yang dipunyai oleh earplug berbahan karet silikon antara lain kualitas peredaman bunyi dan kenyamanan pemakaian. Penggunaan bahan karet silikon membuat earplug model ini mudah dimasukkan ke dalam lubang telinga alias elastis namun tidak gampang kendur alias solid. Memiliki konstruksi bertingkat-tingkat seperti siluet pohon cemara sehingga  kemampuan peredaman bunyi lebih baik karena intrusi bunyi ke dalam telinga diredam secara bertahap mulai dari sisi luar hingga sisi dalam. Walau bisa dibersihkan agar dapat dipakai kembali, sebaiknya hanya digunakan sekali saja atas dasar alasan kebersihan.   

Custom

gambar tutup telinga

Earplug model custom, kedap bunyi dan nyaman untuk dipakai dalam waktu lama  

Sumbat telinga model custom mempunyai desain dan konstruksi disesuaikan dengan kontur telinga pemakainya dan terbuat dari bahan khusus sehingga memungkinkan peredaman bunyi berkurang sampai 30dB. Pembuatannya mengikuti lekukan telinga, jadi lebih kurang mirip dengan membuat patung lilin. Karena konstruksinya sesuai dengan alur bagian dalam  telinga, maka earplug model custom lebih nyaman saat dipakai untuk waktu lama dan tidak mudah kendur setelah dimasukkan ke dalam lubang indera pendengaran. Tentu saja harganya  tidak murah  karena bersifat custom sehingga tidak sama untuk setiap telinga konsumen. 

>>> Buat Kabin Makin Sunyi, Hyundai Motor Group Kembangkan Anti Bising Pertama di Dunia

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

 
back to top