Biar Konsentrasi Mengemudi Selalu Terjaga, Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur

01/06/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Biar Konsentrasi Mengemudi Selalu Terjaga, Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur
Salah satu kiat menjaga kebugaran tubuh agar tetap bisa mengemudi dengan konsentrasi selain cukup istrirahat adalah cukup makan dan minum. Mengkonsumsi makanan-makanan berikut saat sahur bisa membantu meningkatkan konsentrasi saat mengemudi di siang hari.

Mengemudi memerlukan kondisi tubuh yang benar-benar bugar dan berstamina agar bisa tetap konsentrasi dan fokus menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi di jalan raya yang berpotensi jadi sumber bahaya. Salah satu caranya dengan cukup mendapatkan asupan makanan, minuman dan cukup istirahat. Di saat puasa hal tersebut tidak bisa dilakukan, namun bisa disiasati dengan cara-cara tertentu.

Puasa bulan Ramadhan bukan berarti tidak bisa mendapatkan asupan makanan dan minuman di malam hari. Hal tersebut tetap bisa didapatkan pada waktu berbuka serta waktu sahur. Agar tubuh tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya saat siang hari, semua yang dikonsumsi saat buka dan sahur benar-benar makanan dan minuman yang mengandung gizi seimbang.

Kaitannya dengan konsentrasi saat mengemudi, ada beberapa jenis makanan yang bagus dikonsumsi saat sahur maupun berbuka memiliki kandungan zat yang membantu menjaga konsentrasi otak sebagaimana dibagikan oleh GoodYear Indonesia. Berikut empat jenis makanan tersebut:

1. Pisang

Foto buah pisang masak dan siap makan

Pisang, salah satu buah paling populer di dunia

Buah pisang merupakan salah satu buah paling terkenal di dunia sebab bisa tumbuh dimana saja dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Kandungan nutrisi dan energinya sangat melimpah meliputi Vitamin, Mangan, Vitamin, Kalium, Serat, Protein, Magnesium, Folat, Riboflavin, Niacin, Vitamin, dan Besi. Mengkonsumsi pisang membantu serotonin, norepinephrine, dan dopamine dalam tubuh yang berfungsi memperlama durasi konsentrasi otak seseorang.

>>> Perhatikan Posisi Mengemudi yang Baik Ini Agar Perjalanan Mudik Lebih Nyaman

2. Kacang Almond

Foto kacang almond biji dan kacang almond halus

Kacang Almond memiliki kandungan Vitamin E yang cukup besar

Bukan hanya kandungan minyaknya saja yang tinggi, kacang almond juga memiliki kandungan gizi lain yang tak kalah melimpah mulai dari Omega 9, Omega 3, Omega 6, vitamin B6 hingga vitamin E. Kandungan vitamin E-nya bahkan mencapai 24 miligram per 100 gram. Kandungan ini yang bermanfaat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, mencegah penurunan kognitif, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan kapasitas memori otak. Bagi pengemudi, kacang almond sangat penting untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan kawaspadaan saat mengemudi.

>>> Tips berkendara aman bisa Anda temukan disini

3. Telur

Foto beraneka ragam cara memasak telur

Telur makanan tinggi protein untuk dikonsumsi

Telur, terutama pada bagian kuningnya mengandung zat choline dan lutein yang tinggi serta memiliki peran penting pada otak, yakni untuk memaksimalkan fungsi kognitif, daya ingat, dan konsentrasi. Manfaat telur yang lain adalah terdapat kandungan fenilalanin yang dapat menghasilkan dopamine yang berguna untuk meningkatkan kenyamanan suasana hati. Tentu saja dengan hati yang nyaman konsentrasi dan kewaspadaaan saat mengemudi lebih terjaga.

>>> Tips Bawa Bekal Makanan Saat Mudik Lebaran

4. Blueberry

Foto menunjukkan buah blueberry dan jus blueberry

Bukan hanya strawberry saja yang banyak gizi, blueberry juga sangat bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan

>>> Cari mobil bekas berkualitas ada disini

Diantara salah satu golongan buah berry, blueberry dipercaya sebagai buah yang paling sehat. Bukan hanya mengandung antioksidan tinggi, blueberry juga kaya akan vitamin C dan K. Salah satu manfaat besar yang dipersembahkan buah blueberry yaitu membantu melindungi sel-sel otak dari efek negatif stres dan kecemasan, serta meningkatkan daya otak dan konsentrasi untuk waktu yang lama.

Dengan manfaat besarnya bagi kesehatan otak, keempat buah di atas sangat dianjurkan dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Terutama bagi orang yang memiliki aktivitas mengemudi agar konsentrasi selalu terjaga dengan baik. Cara mengkonsumsinya bisa dengan beragam cara baik diolah menjadi makanan dalam bentuk lain atau dibuat minuman seperti jus dan sebagainya.

>>> Tips menarik lainnya bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Aman di Jalan Saat Mudik, Ini Tips Jaga Jarak Antar Mobil

27/05/2019

Pengemudian

4 menit

Saat mudik, kondisi lalu lintas jalan beraneka ragam. Mulai dari macet hingga lancar bisa ditemui sepanjang perjalanan. Agar aman di jalan ketika perjalanan mudik, berikut tips jaga jarak antar mobil.

Lihat juga

Selama Mudik Lebaran 2019, Wuling Hadirkan 38 Titik Layanan

25/05/2019

Perawatan dan service

2 menit

Wuling Motors telah mempersiapkan layanan purna jual untuk para konsumennya dalam rangka memberikan rasa nyaman saat perjalanan mudik lebaran 2019 baik saat menuju dan kembali dari kampung halaman. Sebanyak 38 titik layanan disiapkan dalam 'Wuling Siaga Lebaran' yang beroperasi mulai tanggal 30 Mei 2019.

Lihat juga

Saat Mudik, Hindari Tempat Parkir Berbahaya

28/05/2019

Pengemudian

4 menit

Perjalanan jauh dan waktu yang lama saat mudik lebaran membuat Anda akan sering berhenti baik di rest area atau tempat parkir lainnya untuk beristirahat sejenak. Agar tetap aman ketika parkir, hindari tempat parkir berbahaya untuk mobil Anda.

Lihat juga

Xpander Nyaman Dibawa Mudik, Alasan Kuat Kami Memilih Xpander

21/05/2019

Event - Promosi

3 menit

Mitsubishi Xpander adalah pilihan paling menarik sebagai mobil keluarga, Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Jalanan kota saja, terasa sangat nyaman dan senyap, apalagi untuk keperluan mudik di Lebaran nanti. Apa saja sih alasan yang tepat untuk memilih mobil ini?

Lihat juga

Membawa Bayi Saat Mudik, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

25/05/2019

Pengemudian

4 menit

Membawa bayi saat mudik Lebaran memang bukan hal yang dilarang. Namun sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini. Tujuannya agar si mungil tetap merasa aman dan nyaman sepanjang perjalanan dan tidak rewel.

Lihat juga
 
back to top