Berlaku Mulai 2020, Pajak STNK Tidak Dibayar 2 Tahun Bakal Diblokir

31/12/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Berlaku Mulai 2020, Pajak STNK Tidak Dibayar 2 Tahun Bakal Diblokir
Sudah ditetapkan sesuai Undang-Undang, pajak STNK yang tidak dibayar selama 2 tahun bakal diblokir. Regulasi itu bakal diberlakukan mulai 2020 mendatang.

Sekian lama aturan wajib pajak STNK ditetapkan, termasuk sanksi apabila pajak tidak dibayarkan. Salah satunya mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pada Pasal 74 Ayat 2 disebutkan: Penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) b dapat dilakukan jika: a. Kendaraan bermotor rusak berat sehingga tidak dapat dioperasikan, b. Pemilik kendaraan tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Foto menunjukkan satu bagian Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK)

STNK mati 2 tahun bakal diblokir

Lebih jelasnya, jika pajak STNK tidak dibayar setelah mati 2 tahun (terhitung dari habis masa berlaku STNK, yakni setiap lima tahun), STNK bakal diblokir dan kendaraan berstatus bodong. Kendaraan tidak boleh beroperasi di jalan raya dan bila ketahuan bakal disita sepenuhnya.

Dimulai 2020

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) berencana memberlakukan aturan di atas mulai 2020. “Rencananya ada razia gabungan tahun depan, kalau menunggak pajak kendaraan selama dua tahun, maka sesuai aturan datanya akan dihapus,” tutur Kepala BPRD DKI Jakarta, Faisal Syafruddin, seperti dikutip dari Kompas, (30/12/2019).

>>> Mulai 2020, Jakarta Terapkan Insentif Mobil Listrik

Foto menunjukkan suasana saat razian pajak kendaraan bermotor oleh BPRD

Razia surat kendaraan bermotor untuk ketertiban

Adapun mekanismenya, seperti dituturkan Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji, saat masa berlaku STNK habis dan pemilik atau nama yang terdaftar belum juga melunasi pajak, pihak kepolisian bakal mengirimkan surat peringatan selama 3 kali dalam satu bulan.

Jika setelah surat yang ketiga dan waktu sudah lebih dari satu bulan tidak ada respon alias pajak STNK tidak dibayarkan, pihak kepolisian berhak memblokir saat itu juga dan menghapus dari daftar registrasi.

“Jadi tidak bisa didaftar ulang lagi selamanya. Sekarang masih tahap sosialisasi, jadi diharapkan pemilik kendaraan bisa taat pajak, jangan sampai telat membayar pajak,” kata AKBP Sumardji.

Berlaku secara nasional?

Untuk sementara penerapan pemblokiran bakal diterapkan di DKI Jakarta untuk kendaraan bermotor berplat nomor B. Sedangkan untuk pemberlakuan secara nasional menunggu keputusan dari Kapolri, termasuk soal waktu dan mekanisme penerapannya.

Yang pasti jika diberlakukan secara nasional, pihak kepolisian memiliki payung hukum yang jelas, yaitu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 74 seperti tersebut di atas dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 Pasal 110.

>>> Punya Mobil Banyak? Ini Dia Cara Menghitung Pajak Progresif Mobil Yang Benar Dan Lengkap

Foto menunjukkan mobil tidak bayar pajak dipasang stiker

Penunggak pajak dikenakan sanksi, ditandai dengan stiker hingga kendaraan disita

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Wah, 2 Juta Kendaraan Bermotor di DKI Nunggak Bayar Pajak

06/12/2019

Pengemudian

3 menit

Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Provinsi DKI Jakarta menyatakan sebanyak 2 unit kendaraan bermotor di DKI nunggak bayar pajak, nilainya mencapai Rp 2 triliun.

Lihat juga

Pajak BBN-KB Naik 2,5 Persen, Harga Mobil Daihatsu Bakal Naik Rp 4 Jutaan

19/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Keputusan kenaikan pajak BBN-KB 2,5 persen membawa dampak bagi perubahan harga jual kendaraan. Daihatsu misalnya sudah bersiap menaikkan harga mobil-mobilnya mulai Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta.

Lihat juga

Berapa Pajak Mobil Lamborghini Indonesia Setiap Tahunnya? Jangan Kaget Lihat Faktanya

18/11/2019

Perawatan dan service

4 menit

Di balik aura kemewahan pada bodinya, nyatanya mobil-mobil Lamborghini Indonesia punya biaya pajak yang sangat tinggi. Lebih daripada itu, mahalnya biaya perawatan setiap tahunnya, membuat pemiliknya harus merogoh kocek cukup dalam sobat.

Lihat juga

Awas Tertipu, Kenali Ciri STNK dan BPKB Palsu

19/08/2019

Jual beli

5 menit

Ketika Anda membeli mobil bekas, perlu waspada untuk mengetahui ciri-ciri STNK dan BPKB palsu. Sedikit ketelitian diperlukan untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Hal ini agar Anda tidak rugi dikemudian hari.

Lihat juga

Berlaku Mulai Tahun Ini, STNK Mati 2 Tahun Otomatis Data Kendaraan di Samsat Dihapus

16/08/2019

Jual beli

5 menit

Peraturan mengenai pengahpusan data kendaraan apabila STNK mati 2 tahun akan mulai berlaku tahun ini. Seperti apa mekanismenya?

Lihat juga
 
back to top