Berkendara Tanpa Alas Kaki, Nyaman Sih, Tapi Berbahaya Loh!

10/10/2018

Pengemudian
Orang-orang melakukan banyak hal ketika mengemudi. Mulai dari memainkan telepon, mendengarkan musik, hingga berkendara tanpa alas kaki. Hal ini sering menjadi masalah dan dikaitkan sebagai penyebab kecelakaan. Benarkah demikian?

Mengemudi tanpa alas kaki sepertinya menjadi hal yang lumrah di negeri ini. Meskipun seringkali dijelaskan bahaya berkendara tanpa menggunakan alas kaki, namun beberapa pengemudi – yang sebagian besar adalah sopir angkot atau truk lintas kota – terlihat mengemudi tanpa alas kaki.

Gambar yang menunjukan pengemudi mobil tanpa alas kaki

Berkendara tanpa alas kaki membuat nyaman, tapi berbahaya

Mengemudi sambil memakai sandal atau flip flop memang sering kali disebut sebagai salah satu penyebab kecelakaan di jalan. Tapi walaupun tidak ada laporan resmi yang menjelaskan tentang kecelakaan yang terjadi akibat pengendara yang tidak beralas kaki ketika mengemudi, ternyata hal ini juga menghasilkan masalah lainnya.

>>> Hati-Hati, Menerobos Rombongan Presiden Bisa Dibui Satu Bulan

Meskipun di Indonesia belum ada larangan untuk mengemudi tanpa alas kaki, tapi di beberapa kota di belahan dunia lain sudah menerapkan peraturan ini. Contohnya di Ohio, pengemudi yang kedapatan berkendara di jalan tanpa alas kaki bisa mendapatkan tilang dari polisi setempat.

Gambar yang menunjukan pengemudi yang baru kelaur dari mobil

Menggunakan flip flop bisa berbahaya ketika mengemudi

>>> Dapatkan beragam pilihan mobil diesel terbaik hanya di Cintamobil

Dilansir dari News24, mengemudi tanpa alas kaki bisa menimbulkan kerugian tersendiri. Beberapa potensi resiko yang bisa terjadi adalah:

  1. Menekan kopling bisa jadi membutuhkan tenaga lebih, apalagi untuk mobil tua.
  2. Ketika bertelanjang kaki, pedal yang ditekan akan memberikan banyak tekanan pada telapak kaki. Sedangkan jika memakai sepatu, tekanan bisa didistribusikan secara merata.
  3. Menekan kopling secara terus menerus bisa menimbulkan penyakit lain. Beberapa pengemudi mengeluhkan kram atau kejang-kejang pada kaki dan mengurangi kemampuan untuk mengemudi secara efektif selama perjalanan.
  4. Menekan pedal ketika kaki basah bisa berbahaya karena pedal bisa menjadi licin.
  5. Jika mengemudi tanpa alas kaki dalam waktu yang lama, gesekan pedal dengan kulit bisa membuat penebalan kulit kering pada telapak kaki, atau kapalan.
  6. Ketika terjadi kecelakaan, menggunakan pelindung kaki atau sepatu bisa mengurangi cedera yang dialami oleh kaki dibandingkan ketika berkendara tanpa alas kaki. Jika terjadi kecelakaan lalu lintas, Anda bisa menginjak pecahan kaca serta mengalami cedera berat.

​​>>> Dapatkan berbagai informasi tips mengemudi lainnya ada di sini

Gambar yang menunjukan pengemudi wanita yang berkendara tanpa alas kaki

Berkendara tanpa alas kaki memberikan berbagai resiko

Dalam berbagai kesempatan, mengemudi tanpa alas kaki memang memberikan kenyamanan tersendiri selama mengemudi. Ada perasaan nyaman ketika menekan pedal dengan kaki sendiri. Tetapi jika bahayanya lebih banyak dibandingkan kemudahannya, apa masih mau?

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top