Berkendara Nyaman Naik Mobil, Ini Komposisi Ideal Penumpang dan Barang Bawaan

28/12/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Berkendara Nyaman Naik Mobil, Ini Komposisi Ideal Penumpang dan Barang Bawaan
Bukan orangnya saja yang ikut naik mobil penumpang, tapi juga barang bawaan. Lantas berapa komposisi ideal penumpang dan barang yang ikut dibawa dalam mobil?

Salah satu alasan mobil 7 penumpang lebih laris dibanding mobil 5 penumpang yaitu soal fungsi. Mobil yang mendominasi segmen MPV dan SUV itu tak hanya menjadi transportasi manusia, tapi juga alat angkut barang. Bahkan tak jarang, penumpang dan barangnya turut dibawa sekaligus demi efisiensi.

Adanya bagasi luas di belakang menjadi hal penting, meski demikian beberapa pengendara merasa masih kurang. Mereka menjejalkan barang bawaan hingga legroom yang membuat kenyamanan berkurang, atau menambah kompartemen di bagian atap kendaraan berupa roof box.

Foto menunjukkan Honda CR-V dengan roof box

Hati-hati dengan roof box, bisa nyangkut portal jalan tol

>>> Memilih MPV atau SUV, Mana yang Lebih Cocok Buat Keluarga?

1. Mempengaruhi kenyamanan

Dari sisi kemampuan kendaraan boleh jadi masih bisa ditolelir. Kalau sekadar barang bawaan ringan macam pakaian dan beberapa makanan kecil mobil-mobil MPV dan SUV masih cukup tangguh. Namun dari sisi kenyamanan, ini yang harus diperhatikan dengan seksama.

Idealnya mobil keluarga lebih memprioritaskan kenyamanan. Dan pabrikan sudah merancangnya sedemikian rupa untuk hal tersebut. Untuk barang bawaan berupa tas, koper kecil dan yang sejenisnya disediakan tempat berupa bagasi di belakang. Untuk barang-barang kecil seperti handphone, tempat minum, dan yang serupa disediakan kompartemen di banyak bagian dalam mobil seperti di bagian pintu dashboard, konsol tengah, cup holder, hingga kotak penyimpanan di bawah jok.

Dengan memasukkan lebih banyak barang bawaan hingga meluber sampai ruang kaki seperti tersebut di atas tentu akan mengurangi kenyamanan. Lantas berapa komposisi ideal untuk penumpang dan barang yang ikut dibawa?

>>> 5 Makanan yang Bisa Membuat Ngantuk, Jangan Dikonsumsi Kalau Mau Nyetir Ya!

2. Komposisi ideal

Instruktur dan founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menuturkan, tidak ada patokan baku untuk hal tersebut. Namun menurutnya, komposisi ideal penumpang dan barang bawaan dalam mobil adalah 80:20.

"Sebenarnya ini sangat subyektif sekali, tapi bisa dikatakan komposisinya 80:20. Artinya penumpang 80 persen, barang 20 persen. Ini berlaku untuk mobil 7 penumpang seperti SUV dan MPV, yang kompartemen barangnya tidak terpisah," tutur Jusri seperti dikutip dari Detik, (25/12/2019).

Foto menunjukkan pengendara sedang menata barang bawaan di mobil

Bawa barang secukupnya yang benar-benar dibutuhkan

>>> Terlalu Tinggi Mengatur Barang Di Bagasi, Awas Bisa Bahaya

3. Solusi

Agar tidak terjadi over capacity, jangan semua barang dibawa saat bepergian. Melainkan yang penting-penting saja dan benar-benar dibutuhkan. Paling utama yaitu makanan, minuman, dan cadangan pakaian.

Jika bepergiannya untuk tujuan spesifik seperti camping dan berkemah di pegunungan atau mau travelling bersepeda, bawa barang yang benar-benar sesuai kebutuhan. Itupun harus dipastikan barang-barang bisa terakomodir dan diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang.

"Harus terikat di tempatnya dan tidak bergerak dan pastikan juga bagian barang dan penumpang itu ada namanya cargo net. Untuk menjaga keamanan ketika seumpama mobil terjadi kecelakaan, objek yang keras tadi itu tidak terbang memasuki ruangan penumpang. Termasuk dongkrak dan ban, juga koper juga harus diikat," jelasnya.

Jika barang yang harus dibawa berjumlah sangat banyak dan berbobot berat, akan lebih baik bawa kendaraan yang lebih besar macam Isuzu minibus atau Toyota Hiace Premio, Bisa juga dengan membawa 2 mobil, penumpang dan barang displit menjadi dua.

>>> Tertarik membeli Toyota Hiace, Cek harganya di sini!

Foto menunjukkan bagasi mobil penuh barang bawaan

Atur barang bawaan dengan rapi dan aman

>>> Tips & trik tentang mobil ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Penelitian Baru Sebut Inilah Masalah Keselamatan Penumpang di Kursi Belakang

04/05/2019

Pengemudian

Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mencoba untuk terus berevolusi dan memaksa pembuat mobil mengubah mobil mereka untuk meningkatkan keselamatan penumpang. Dan kali ini, IIHS fokus pada keselamatan penumpang di kursi belakang.

Lihat juga

Hyundai Perkenalkan Center Side Airbag Untuk Cegah Pengemudi Dan Penumpang Saling Benturan Saat Kecelakaan

20/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan dari benturan dan cedera serius saat kecelakaan, Hyundai memperkenalkan teknologi center side airbag, yang akan segera dipasang pada beberapa model Hyundai, KIA dan Genesis

Lihat juga

Untuk Kenyamanan Premium, Ini Dia 4 Pilihan Range Rover di Indonesia

04/12/2019

Jual beli

3 menit

Range Rover di Indonesia menjadi salah satu pilihan SUV premium bertenaga besar dan kenyamanan berkendara di semua medan. Ada empat model Range Rover yang dipasarkan di Indonesia dengan berbagai perbedaan fitur dan teknologi.

Lihat juga

7 Mobil Keluarga Murah Terbaik, Siap Tawarkan Kenyamanan Berkendara Mumpuni

12/11/2019

Jual beli

8 menit

Mobil keluarga murah dengan tampilan modern, rasa-rasanya menjadi impian banyak orang. Apakah mobil seperti itu ada? Tentu saja ada, apalagi jika Anda mencari informasinya di situs Cintamobil.com. Berikut kami sampaikan 7 mobil keluarga murah terbaik.

Lihat juga

Harga Sama Beda Rupa, Komparasi Kenyamanan Toyota Innova Bekas vs Toyota Rush Baru

03/10/2019

Jual beli

10 menit

Di lini harga serupa di kisaran Rp. 200 jutaan, ada yang menarik soal Toyota Kijang Innova bekas vs Toyota Rush baru. Tapi berbeda dengan artikel sebelumnya, kali ini yang akan dibahas lebih lanjut adalah soal kenyamanan. Kira-kira siapa yang akan menang? Mari kita simak komparasi kenyamanan Toyota Innova vs Toyota Rush.

Lihat juga