Berkendara ECO Driving ala Jasa Marga

28/01/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Berkendara ECO Driving ala Jasa Marga
Solusi hemat bahan bakar adalah menerapkan teknik berkendara ECO Driving. Dan inilah tips berkendara ECO Driving ala Jasa Marga yang bisa Anda praktekkan.

Paling menyenangkan kalau bawa motor atau mobil terus bahan bakarnya irit. Tidak sedikit-sedikit mampir SPBU buat isi bensin. Nah, secara default konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor sesuai dengan spesifikasi dari pabrik. Namun realitanya konsumsi bahan bakar lebih sering beda dari yang tertera di spesifikasi. Lalu dengan pengendara lain pun hasilnya juga beda lagi, ada yang lebih hemat dan tak sedikit yang lebih boros. Padahal kendaraannya sama, mereknya sama, kapasitas mesinnya sama, usia kendaraannyasama, dan bahan bakar yang diisikan juga sama. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Foto Indikator BBM pada mobil

Boros bahan bakar keluar banyak duit

Gaya berkendara

Jika yang terjadi seperti tersebut di atas, salah satu dikarenakan perbedaan gaya berkendara. Ada dua gaya berkendara yang paling dikenal, yaitu ofensif dan devensif. Ovensif sering juga disebut gaya mengemudi agresif, yaitu perilaku mengemudi tidak sabaran dan cenderung ceroboh. Ciri-cirinya lebih sering ngebut, akselerasi ekstrem, main tempel dengan kendaraan di depan, geber-geber gas, sering membunyikan klakson minta jalan, salip kanan kiri hingga menyalip cepat lewat bahu jalan.

Perilaku berkendara seperti ini selain membahayakan keselamatan dan bisa memancing emosi pengguna jalan lain, juga membuat konsumsi bahan bakar lebih besar alias boros. Makanya, kalau Anda terbiasa berkendara seperti di atas tidak usah mengeluh kalau bahan bakar kendaraan cepat habis.

>>> Mobil Anda Boros Bensin? Ini Penyebabnya!

Foto menunjukkan salah satu perilaku Mengemudi agresif

Berkendara agresif, berbahaya dan membahayakan

Berkendara ECO Driving

Kalau Anda ingin kendaraan hemat bahan bakar, solusinya adalah menerapkan teknik berkendara ECO Driving. Teknik berkendara ini merupakan kombinasi Safety Driving serta Defense Driving, yaitu gaya berkendara untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar serta mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Yang pertama harus ditanamkan dalam penerapan teknik berkendara ECO Driving adalah komitmen untuk tidak terpancing merubah gaya berkendara dalam berbagai situasi perjalanan. Sedangkan secara teknis ada perilaku khusus yang mesti diperhatikan. Jasa Marga membagikan tips menerapkan teknik berkendara ECO Driving, seperti diunggah di akun Instagram @official.jasamarga, yaitu:

  1. Gunakanlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Jangan yang lebih rendah, juga tidak perlu juga yang lebih tinggi. Misalnya disarankan pakai Pertamax, jangan pakai Premium atau Pertalite, serta tidak perlu pakai Pertamax Turbo. Meski secara kualitas lebih bagus belum tentu memberi dampak signifikan bagi performa kendaraan. Yang ada malah keluar duit lebih banyak karena harga yang lebih mahal.
  2. Periksalah tekanan ban kendaraan menggunakan alat ukur. Rekomendasinya sesuai pabrikan dan biasa tertempel di sekitar pintu bagian dalam.
  3. Hindarilah membawa muatan yang berlebih. Muatan berlebih membuat beban mesin lebih berat dan pastinya konsumsi BBM bakal lebih banyak.
  4. Injaklah pedal gas secara perlahan-lahan. Jangan membiasakan diri mengerem dalam secara tiba-tiba lalu menginjak gas dalam-dalam untuk membuat mobil segera melaju kencang.
  5. Gunakanlah posisi roda gigi sesuai jalan. Gunakan gigi rendah untuk kecepatan rendah dan pindah ke gigi lebih tinggi jika kecepatan bertambah. Jangan sampai gigi ditahan di level rendah sementara kendaraan makin kencang dan suara mesin mulai bergemuruh. Terkecuali jika benar-benar dibutuhkan untuk mendapatkan engine brake, seperti saat melaju di turunan panjang.
  6. Selain itu, hindarilah pengereman yang tidak diperlukan. Sama dengan poin 4 di atas, lebih baik pengereman dilakukan saat masih berjarak cukup jauh daripada menginjak rem dalam-dalam karena sudah terlalu dekat.

>>> Pilih mobil terbaikmu di sini, yang tidak boros BBM!

Graifis Tips berkendara ECO Driving

Utamakan keselamatan saat berkendara

>>> Tips & trik lainnya tentang mobil bisa baca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tips Eco Driving Dari Seorang Pembalap F1

30/03/2019

Pengemudian

Balapan identik dengan kecepatan, yang biasanya berbanding terbalik dengan efisiensi. Namun, siapa sangka salah satu teknik mengemudi Eco Driving bersumber dari sana, yakni Lift And Coast, bagaimana penerapannya?

Lihat juga

Mau Hemat Bahan Bakar, Terapkan Teknik Eco Driving Saat Mengemudi

14/03/2019

Pengemudian

Selama ini lebih banyak pengemudi yang mengeluhkan pemakaian bahan bakar mobilnya yang boros, tidak hemat seperti yang diinginkan. Tapi terkadang lupa bahwa gaya mengemudinya lah yang membuat mobil jadi boros BBM. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar, salah satunya dengan menerapkan teknik Eco Driving saat mengemudi. Apa itu dan bagaimana melakukannya?

Lihat juga

Lebih Hemat BBM, Ini Cara Terbaik Menggunakan Kopling Manual

24/09/2018

Pengemudian

Meskipun pengemudi sudah mengetahui tentang kopling manual, ternyata tidak semuanya mengerti cara terbaik menggunakan kopling manual untuk mendapatkan efisiensi kendaraan terbaik. Bagaimana caranya?

Lihat juga

Tips untuk Menghemat BBM Mobil Matic

Perbedaan yang cukup signifikan mobil dengan transmisi manual dengan transimis otomatis bisa dilihat dari pemakaian bahan bakarnya. Penelitian menujukkan bahwa mobil otomats lebih banyak memakan bahan bakar dibandingkan mobil dengan transmisi manual. Mobil transmisi manual mempunyai transmisi yang bisa disesuaikan dengan kecepatan dan keadaan jalan sehingga membuatnya menjadi lebih hemat. Meskipun begitu, ada beberapa tips yang bisa teman lakukan untuk menghemat bbm mobil matic.

Lihat juga

Mahasiswa ITS Siap Kibarkan Merah Putih di Final Ajang Balap Ultra Efisien Shell Eco Marathon Europe

05/07/2019

Event - Promosi

4 menit

Shell Eco-marathon Europe dan Grand Final Drivers’ World Championship (DWC) akan jadi tempat bersaing para inovator di bidang pendidikan dalam menciptakan mobil ultra efisien, dan Indonesia melalui mahasiswaa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya siap merebut trofi dari ajang ini

Lihat juga