Berkendara Aman, Mari Pahami Jarak Pengereman Mobil Berbanding dengan Kecepatan

06/07/2019

Pengemudian

4 menit

Sebagai pengemudi, penting sekali untuk Anda memahami jarak pengereman mobil. Karena dengan begini Anda bisa menghitung berapa jarak aman antara Anda dengan kendaraan di depan.

Berkendara bukan hanya sekedar ngegas, tapi juga wajib pikirkan ngerem. Prinsip ini perlu sekali Anda pahami, agar Anda selalu menjaga jarak aman ketika berkendara di jalan raya.

>>> Jaga Jarak Tiga Detik, Maksudnya Bagaimana Sih?

Karena sejatinya saat mobil melaju dan tiba-tiba di rem, maka mobil tidak akan langsung berhenti saat itu juga. Namun ada jarak pengereman mobil yang berbanding lurus dengan kecepatan mobil itu ketika dikemudikan.

Ada beberapa perhitungan untuk mengetahui bagaimana jarak pengereman mobil itu bisa terjadi. Berikut penjelasannya:

>>> Promo mobil baru terbaik klik disini

1. Otak Butuh Waktu

Mekanisme menginjak pedal rem mobil

Otak butuh waktu untuk memerintahkan kaki menekan pedal rem

Saat Anda berkendara dan melakukan pengereman mendadak, maka setidaknya mobil akan berhenti setelah 3 detik. Hal ini berkaitan pula dengan kinerja otak dan anggota tubuh lainnya.

Ketika mata melihat objek di depan berhenti tiba-tiba saat Anda berkendara, maka mata akan menyampaikan tangkapan objek itu ke otak sekitar 0,5 - 1 detik. Selanjutnya otak akan memerintahkan kaki untuk menginjak pedal rem, juga membutuhkan waktu sekitar 1 detik. Lalu pedal rem baru akan bekerja menahan roda setelah diinjak 1 detik.

>>> Cari mobil bekas berkualitas klik disini

2. Mobil Tetap Melaju

mobil rem mendadak

Ada jarak ketika mobil sudha di rem hingga benar-benar berhenti

Ketika pedal rem sudah diinjak, nyatanya mobil akan tetap melaju beberapa detik. Jika rumus ini dikaitkan dengan kecepatan mobil, maka pada kecepatan 50 km/jam saja, mobil masih akan melaju sekitar 12 meter walau pedal rem sudah diinjak penuh.

Kemudian jika mobil bergerak 100 km/jam, maka saat rem mendadak maka mobil akan tetap melaju hingga 50 meter ke depan. Dan jika Anda berkendara hingga 150 km/jam lalu tiba-tiba ngerem, maka mobil akan tetap melaju sejauh 110 meter sampai benar-benar berhenti. Bayangkan jika jarak Anda dengan kendaraan di depan sanat dekat, apa yang akan terjadi?

Perhitungan jarak pengereman mobil inilah yang sebaiknya jadi landasan Anda untuk terus berpikir akan pentingnya menjaga jarak aman ketika berkendara.

>>> Temukan tips dan trik menarik lainnya disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top