Berjalan Bersama Komunitas? Siapkan 5 Tips Berkendara Bersama Konvoi Mobil

01/10/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Berjalan Bersama Komunitas? Siapkan 5  Tips Berkendara Bersama Konvoi Mobil
Ada rencana akan Touring bersama komunitas mobil? Wah tentu akan menjadi momen paling mengasyikkan, bukan? Tapi supaya lebih aman dan terorganisir, tak ada salahnya bagi teman-teman pembaca untuk melihat 5 tips berkendara bersama konvoi mobil berikut ini.

Konvoi Komunitas Mobil

Tentu acara Touring atau istilahnya konvoi komunitas mobil selalu dianggap menyenangkan, menyambung tali silaturahmi dan tak sedikit pula jadi kegiatan sosial, membantu sesama.

Konvoi Komunitas Mobil sebaiknya juga diatur secara matang terlebih dahulu lewat tips-tips yang ada

Ilustrasi konvoi komunitas mobil

>>> Ada rencana ingin ganti mobil baru? Tenang, coba intip harga pasaran mobil terkini

5 Tips Berkendara Bersama Konvoi Mobil

Tapi supaya menjadi lebih mantap, sebaiknya mempersiapkan berbagai hal lebih dulu sehingga perjalanan menjadi aman dan terorganisir. Berikut 5 tips berkendara bersama konvoi mobil.

  • Membuat Grup Interaktif Di Sosial Media

Langkah terpenting adalah soal komunikasi tentunya, sehingga kegiatan menjadi lebih terorganisir. Maka dari itu, usahakan untuk membuat grup interaktif di sosial media layaknya WhatsApp. Di sana, informasikan segala hal dengan pasti, baik jadwal, waktu serta rute.

WhatsApp bisa juga dijadikan media komunikasi dengan membuat grup tersendiri sehingga acara konvoi lebih terorganisir

Supaya terorganisir, komunikasi sebaiknya dilakukan via sosial media seperti WhatsApp

Jadikan pula jejaring grup tersebut sebagai alat komunikasi di kala ada masalah terkait ban bocor di tengah jalan, kehabisan bahan bakar dan sebagainya. Dengan begitu, semua anggota konvoi bisa paham segala situasi yang terjadi.

  • Pastikan Untuk Mengecek Kendaraan

Mengingat Touring umumnya punya jarak tempuh yang sangat jauh, pastikan untuk mengecek kendaraan setiap anggota di rumah masing-masing. Cek beberapa komponen penting seperti lampu, mesin, kaki hingga suspensi. Jika dirasa bermasalah, segeralah mengunjungi bengkel favorit Anda dan perbaiki segala bagiannya. Tentu akan terasa mengganggu bukan, jika tiba-tiba mesin mati di tengah hutan saat perjalanan?

>>> Baca juga: Pentingnya Cek Kondisi Mobil Sesaat Sebelum Berkendara Di Pagi Hari

  • Siapkan Perlengkapan

Jangan lupa juga untuk siapkan perlengkapan baik itu soal medis layaknya P3K, kartu E-Toll, KTP, SIM, STNK, tali pengikat bagasi, Power Bank dan hal-hal teknis. Khawatir terjadi masalah selama perjalanan, lewat adanya perlengkapan tersebut, Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini juga sebaiknya dibawa oleh seluruh anggota konvoi mobil.

E-Toll juga menjadi perlengkapan utama yang tidak boleh dilupakan saat melakukan konvoi komunitas mobil

Jangan lupa menyiapkan berbagai perlengkapan layaknya E-Toll

>>> Lihat juga: Jangan mau ketinggalan untuk mengetahui mobil-mobil terbaru yang dirilis belum lama ini

  • Pilih Rute Jalan Terbaik

Beberapa hari sebelum berangkat, pilih rute jalan terbaik menuju lokasi tujuan. Tapi sebaiknya, jangan tentukan satu rute saja, minimal dua rute sehingga lebih aman dan terorganisir. Mengapa begitu? Ya, khawatir di saat hari H, perjalanan Anda terhambat oleh perbaikan jalan atau mungkin demonstrasi. Nah, enaknya punya dua opsi rute, Anda bisa memilih rute satunya sehingga tak menguras waktu.

Rute Jalan Terbaik sebaiknya dirancang supaya ada dua opsi sehingga dapat menjadi cadangan khawatir ada hambatan selama melakukan konvoi mobil

Pastikan juga untuk memilih dua opsi rute sebelumnya, berjaga-jaga khawatir ada masalah

  • Tertib Berlalu Lintas

Tips berkendara bersama konvoi mobil yang terakhir adalah soal tertib berlalu lintas. Tentu bisa dibayangkan bahwa iring-iringan konvoi mobil selalu panjang. Maka dari itu, pastikan untuk selalu tertib berlalu lintas dan sebisa mungkin tidak mengganggu kenyamanan pengendara lain. Di sisi lain, apabila ada anggota yang terpisah akibat lampu merah, sebaiknya tetap menunggu sembari berkomunikasi menggunakan media sosial grup tadi.

Nah, kira-kira apa ada tips berkendara bersama konvoi mobil lainnya dari teman-teman? Apabila ada, bisa diutarakan di kolom komentar di bawah ini ya.

>>> Ikuti terus tips dan trik seputar otomotif lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Tidak Boros Uang, Begini 4 Cara Rawat Mobil Yang Tepat

23/09/2019

Perawatan dan service

2 menit

Para pemilik mobil terkadang belum bisa menerima kenyataan bahwa mobilnya perlu dilakukan servis secara rutin. Memang, jika mobil baru di awal pembelian pasti akan mendapatkan servis gratis, namun tidak untuk jangka waktu panjang. Masalahnya, terkadang ada saja pergantian spare part atau komponen yang akhirnya membuat pengeluaran lebih banyak. Nah agar tidak boros uang, begini cara rawat mobil yang tepat.

Lihat juga

Meski Mudah Merawatnya, Ini 3 Masalah Toyota Avanza yang Sering Diabaikan

18/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Banyak yang bilang masalah Toyota Avanza itu hampir tidak ada. Padahal sama seperti mobil lainnya, jika kendaraan tersebut tidak dirawat dengan semestinya, maka akan muncul beberapa masalah yang bakal merepotkan pemiliknya.

Lihat juga

Agar Selalu Kinclong, Bagaimana Cara Mencuci Ruang Mesin Dengan Aman?

09/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Kebersihan mobil sebenarnya tidak melulu soal eksterior dan interior, ruang mesin juga tak kalah pentingnya. Namun, Anda tidak bisa asal saat membersihkan mesin agar mobil tidak bermasalah.

Lihat juga

Masih Banyak Dipakai, Ternyata Kanebo Berbahaya Untuk Mencuci Mobil

04/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Polusi udara yang masih tinggi di Jakarta membuat debu kerap menempel di permukaan mobil dengan cepat. Sayangnya, tidak semua pemilik punya waktu banyak untuk membersihkannya dengan cara mencuci. Kebanyakan, pemilik mobil mengakali keterbatasan waktu dengan melakukan sapuan pada bodi menggunakan kain chamois atau kanebo. Tapi ternyata, kanebo berbahaya untuk mencuci mobil. Kenapa?

Lihat juga

Rawan Celaka, Ketahui Dulu 7 Tips Berkendara Aman Di Kabut Asap

23/09/2019

Pengemudian

7 menit

Kebakaran Hutan dan Lahan tampaknya terus menghantui di beberapa wilayah. Merespon hal tersebut, Cintamobil.com akan memberikan 7 tips berkendara aman di kabut asap, setidaknya dapat membantu mengurangi potensi kecelakaan.

Lihat juga