Berikut Tips Do & Don’t Selama Perjalanan Mudik

02/06/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Berikut Tips Do & Don’t Selama Perjalanan Mudik
Keselamatan selama perjalanan mudik dipengaruhi banyak hal, mulai dari pengemudi, penumpang, mobil, lingkungan hingga barang bawaan. Agar Anda mudah dalam memepersiapkan perjalanan mudik dan tetap fokus selama perjalanan, berikut tips Do & Don’t selama perjalanan mudik agar Anda dan keluar selalu terlindungi selama perjalanan.

Selama perjalanan mudik, faktor penting yang perlu diperhatikan tak hanya seputar kondisi mobil Anda. Namun mempersiapkan kondisi Anda bersama keluarga selama perjalanan merupakan hal yang tak bisa ditawar-tawar lagi, terlebih ketika memutuskan untuk mudik dengan mobil. Baik pengemudi dan penumpang perlu menjaga kondisi tubuh serta perlengkapan penunjang agar perjalanan tidak terganggu, atau akan berisiko terjadinya kecelakaan. “Untuk pengemudi, siapkan kondisi dan perlengkapan yang berguna untuk menjaga kosentrasi selama perjalanan,” terang Bintarto, instruktur Indonesian Defensive Driving Centre (IDDC).

Foto mobil dalam perjalanan mudik

Tetap fokus selama perjalanan mudik agar terhindar dari kejadian yang tak diinginkan

>>> Simak juga:

Selain pengemudi, penumpang juga berkontribusi besar untuk menjaga kosentrasi pengemudi saat perjalanan mudik. “Fokusnya jangan hanya ke pengemudi, penumpang juga perlu mendapatkan perhatian khusus,” wanti Bintarto. Karena jika penumpang tak mendapatkan perhatian pada kondisi fisik maupum perlengkapan selama perjalanan mudik, berpotensi besar mengganggu atau bahkan merusak kosentrasi pengemudi. Akibatnya, resiko fatal terjadinya kecelakaan pun bisa terjadi. Untuk itu pentingnya persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik baik bagi pengemudi dan penumpang. Agar lebih mudah melakukan pengecekan sekaligus tetap fokus dalam perjalanan mudik, Cintamobil.com akan memberikan tips Do & Don’t selama perjalanan mudik agar Anda dan keluarga selalu terlindungi selama perjalanan mudik lebaran. Simak baik-baik setiap point-point dalam tips Do & Don’t selama perjalanan mudik yang tertera di bawah ini.

DO:

  • Persiapkan diri anda untuk menempuh perjalanan jauh. Jika menderita penyakit tertentu, sangat disarankan untuk memeriksanya ke dokter, dan membawa obat untuk penyakit tertentu selama perjalanan mudik, misal penyakit jantung, diabetes, asma dll.
  • Persiapkan kebutuhan dan perlengkapan selama perjalanan. Perhitungkan penggunaan pakaian, tas hingga peranti hiburan buat anda dan si kecil, seperti musik, film atau buku bacaan. Perhatikan pula penataannya di bagasi agar mudah terjangkau
  • Gunakan pakaian yang nyaman selama mengemudi atau perjalanan. Bahan katun sangat disarankan. Untuk wanita, hindari menggunakan sepatu hak tinggi dikala menyetir karena akan mengganggu pijakan saat menginjak pedal gas, rem dan kopling.

Foto ilustrasi manajemen bagasi

Lakukan manajemen bagasi seoptimal mungkin agar kenyamanan dan keamanan Anda dan keluarga tak terganggu selama perjalanan mudik

>>> Temukan mobil idaman Anda di sini

  • Cek kondisi piranti elektronik yang akan digunakan, seperti head unit, GPS, DVD hingga charger telepon selular. Pastikan masih dalam kondisi baik agar mudah digunakan saat akan digunakan. Tak ada salahnya untuk membawa baterai cadangan
  • Peta akan sangat menolong untuk petunjuk arah di daerah yang tak anda kenal selama perjalanan. Memang di beberapa tempat seperti rest area, posko mudik dan gerbang tol kerap menawarkan peta. Tapi tak ada salahnya anda persiapkan dari sekarang.
  • Cek kembali komponen P3K yang tersedia di mobil. Apakah obat dan peralatannya sudah kadaluarsa. Jika sudah, beli P3K yang baru. Obat dan peralatan P3K yang sudah kadaluarsa sangat berbahaya untuk digunakan.
  • Cek kembali komponen emergency kit, seperti dongkrak, kunci-kunci pas, senter dan segitiga pengaman. Jika ada yang kurang lengkap atau hilang, disarankan untuk membelinya kembali karena akan sangat membantu di saat darurat.
  • Catat nomor penting selama perjalanan, seperti nomor posko darurat mobil anda, mekanik kepercayaan, dokter pribadi dan pihak berwenang. Simpan dalam telepon selular anda atau buat catatan yang mudah ditemukan.

Foto perjalanan mudik saat malam hari

Perhitungkan dengan matang saat melakukan perjalanan mudik saat siang atau malam hari

>>> Tips Memilih Headunit Mobil Biar Mudik Jadi Tidak Membosankan

  • Cek surat-surat kendaraan anda, mulai dari SIM, STNK hingga buku servis. Taruh ditempat yang mudah dijangkau seperti laci dasbor atau pintu.
  • Bawa uang secukupnya untuk menghindari tindakan kriminal selama perjalanan. Catat lokasi ATM berdasarkan rute yang akan anda lalui.

DON’T:

  • Jangan pernah memulai perjalanan dalam keadaan perut kosong, karena akan mempengaruhi kosentrasi mengemudi dan berpotensi menimbulkan mabuk. Istirahat dan makan secukupnya sebelum melakukan perjalanan.
  • Jangan paksakan kondisi anda saat mengemudi. Disarankan untuk beristirahat setelah mengemudi selama 4 jam. Pilih tempat istirahat yang aman dan nyaman bersama keluarga.
  • Hindari mengkonsumsi minuman energi atau kopi terlalu banyak. Kandungan cafeinnya dapat mempengaruhi kesehatan anda, khususnya yang memiliki penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

​​​​​​​>>> Semua tips mengemudi yang aman bisa Anda dapatkan di sini

Foto ilustrasi pengecekan sebelum perjalanan mudik

Jangan hiraukan pengecekan kendaraan sebelum dan selama perjalanan mudik agar Anda dan keluarga selalu aman dalam perjalanan mudik

  • Kurangi makanan yang manis dan mengandung karbohidrat, karena membuat anda cepat lelah dan mengantuk. Sebagai gantinya, sediakan buah-buahan dan makan mengandung serat tinggi agar tak mudah merasa lapar.
  • Hindari mengemudi dengan agresif. Karena selain beresiko tinggi terlibat kecelakaan, juga membuat cepat lelah.
  • Hindari membawa barang bawaan berlebihan. Gunakan manajemen bagasi seefisien mungkin. Selain agar terlihat rapih dan mudah dijangkau, juga meminimalisir kemungkinan barang bawaan melukai anda atau penumpang ketika melakukan pengereman.

>>> Kumpulan tips & trik bermobil hanya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Mudik Aman Dan Nyaman Bersama Nissan Dan Datsun

28/05/2019

Event - Promosi

3 menit

Untuk menyambut mudik lebaran 2019, Nissan dan Datsun memperkenalkan layanan eksklusif dan program servis yang dinamakan Mudik aman dan nyaman bersama Nissan dan Datsun demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna Nissan dan Datsun di Indonesia

Lihat juga

Mudik Bareng Lintas Komunitas 2019 Diikuti Ratusan Peserta

29/05/2019

Event - Promosi

4 menit

Menjelang akan tiba Hari Raya Idul Fitri, beberapa anggota komunitas mobil juga ikut serta dalam program Mudik Bareng Lintas Komunitas 2019. Kegiatan ini merupakan agenda mudik bareng para member komunitas Toyota.

Lihat juga

Aman dan Nyaman, Tips Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi dari Daihatsu

29/05/2019

Pengemudian

2 menit

Dengan banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung tahun ini, Daihatsu mengeluarkan beberapa tips mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi agar mudik Lebaran tahun ini terasa lebih menyenangkan dan nyaman selama perjalanan.

Lihat juga

Tubuh Terhidrasi Menghindari Kelelahan di Jalan ketika Mudik, Intip Caranya!

01/06/2019

Pengemudian

3 menit

Tidak hanya mengakibatkan mengantuk, dehidrasi memberikan efek samping yang cukup berat bagi tubuh. Menghindari kelelahan di jalan ketika mudik untuk menjaga fokus dan konsentrasi tetap terjaga membutuhkan tubuh yang selalu terhidrasi selama perjalanan.

Lihat juga

Waspada! Inilah 3 Kerusakan Mobil Yang Paling Sering Terjadi Saat Mudik

01/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Mudik memang sudah menjadi tradisi menyenangkan bagi sebagian besar orang di Indonesia. Namun, bukan berarti tidak ada yang dapat diwaspadai. Anda harus waspada, inilah 3 kerusakan mobil yang paling sering terjadi saat mudik.

Lihat juga
 
back to top