Berbuka Puasa Sambil Mengemudi? Hati-hati Distraksi!

30/04/2021

Pengemudian

3 menit

Berbuka Puasa Sambil Mengemudi? Hati-hati Distraksi!
Anda bisa saja makan berbuka puasa sambil mengemudi. Namun hati-hati, hal itu bisa menjadi distraksi yang membahayakan karena fokus berkendara berkurang.

Berbuka puasa bisa dilakukan dimana saja. Tapi hati-hati jika Anda berbuka puasa sambil mengemudi. Hal itu bisa menyebabkan distraksi yang berakibat buruk dan kurang menyenangkan, bahkan dari sebelum aktivitas berbuka itu dilakukan. Ada beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi.

  • Gembira berlebihan

Mendekati waktu Maghrib, hati dan perasaan bakal diselimuti kegirangan. Anda merasa sudah lulus ujian di hari itu menahan lapar dan dahaga. Nah, kegembiraan ini jangan sampai berlebihan karena berpotensi mengganggu konsentrasi.

>>> Tips Berbuka Puasa saat Terjebak Macet

Foto menunjukkan petugas dari Sat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya membagikan Takjil kepada para pengguna jalan di Gerbang Tol Jakasampurna

Sat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya membagikan Takjil kepada para pengguna jalan di Gerbang Tol Jakasampurna, (28/4/2021).

  • Persiapan berbuka

Setelah hati merasa girang puasa bisa sampai Maghrib yang dipikirkan kemudian adalah bersiap untuk berbuka. Lagi-lagi Anda harus berhati-hati. Mungkin Anda sudah mempersiapkan minuman kemasan dan makanan ringan, tapi tangan Anda tetap perlu menjangkau lalu melepas tutup atau segel sebelum meminumnya.

Aktivitas persiapan ini yang perlu Anda waspadai karena bisa menimbulkan distraksi. Saat tangan menjangkau dan melepas tutup, konsentrasi akan terbagi dan tidak lagi 100 persen ke jalan raya. Terlebih bisa letak minuman lebih jauh dari jangkauan tangan atau tutup kemasan susah dilepas, konsentrasi bakal lebih terganggu lagi.

  • Saat berbuka

Selintas bukan sesuatu yang istimewa, Anda bisa minum dan makan berbuka puasa sambil mengemudi. Tapi itu sangat tidak dianjurkan karena bisa menjadi distraksi yang sangat hebat. Untuk makan Anda butuh membagi konsentrasi karena tangan yang satu harus memegang makanan dan satunya lagi memegang kemudi. Belum lagi mata mungkin tergoda untuk melihat makanan yang akan dimasukkan ke mulut. Jika itu dilakukan akan sangat berbahaya karena Anda bisa kehilangan fokus. Ingat, kehilangan fokus mengemudi dalam waktu singkat bisa berakibat fatal.

>>> 5 Tempat Menyimpan Makanan di Mobil untuk Buka Puasa

Solusi

Foto menunjukkan sejumlah kendaraan tengah menanti waktu berbukan di Masji Islamic Center Canada

Jangan paksakan terus mengemudi, segara cari tempat yang aman dan nyaman untuk berbuka

Solusi aman jika Anda masih mengemudi dan ingin berbuka puasa, segera cari tempat aman untuk berhenti. Misalnya di SPBU, masjid, pusat perbelanjaan, atau di area lapang pinggir jalan (bukan bahu jalan atau trotoar). Kalau Anda sedang di jalan tol, lebih baik berhenti di rest area terdekat. Anda bisa berbuka secukupnya, setelah itu menjalankan ibadah sholat Magrib dan melanjutkan perjalanan.

Sekali lagi, jangan paksakan diri berbuka puasa saat masih mengemudi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

>>> Tertarik mobil bekas berkualitas, cek koleksi dan harganya di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top