Berbeda dengan Pengemudi Manusia, Inilah yang ‘Dilihat' oleh Kendaraan Swakemudi

06/05/2019

Pengemudian
Share this post:
Berbeda dengan Pengemudi Manusia, Inilah yang ‘Dilihat' oleh Kendaraan Swakemudi
Menggunakan Artificial Intelligence (AI), kendaraan swakemudi melihat dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan pengemudi manusia. Seperti contohnya, teknologi yang digunakan bisa memprediksi jalur pengendara sepeda hingga pejalan kaki yang melintas.

Industri otomotif hingga perusahaan teknologi seperti Google dan Apple sedang berlomba-lomba untuk memproduksi kendaraan swakemudi yang melintas di jalanan perkotaan. Beberapa prototipe dan kendaraan monsep sudah mulai diuji coba pada beberapa kota di Amerika dan sebagian negara lainnya. Namun yang menjadi pertanyaan, apa yang membedakan AI pada teknologi swakemudi dan pengemudi manusia?

Untuk mengenal lebih dekat dengan teknologi swakemudi, sebuah cuplikan dari Waymo menunjukan apa yang “dilihat” oleh mobil ketika berhadapan dengan pengendara sepeda, pejalan kaki, dan mengantisipasi perilaku anak-anak yang tidak terduga. Menggunakan kendaraan uji, teknologi ini dapat memprediksi jalur pengendara sepeda dan melambat untuk memberi jalan kepada pesepeda.

Kendaraan swakemudi Waymo ketika melintasi sekolah

Mobil memprediksi jalur pesepeda dan mengenali titik tabrakan, melihatnya sebagai garis putus-putus merah yang terlihat di dalam video. Sebagai proyek mobil swakemudi dari Google, Waymo telah merilis dua video yang merangkum informasi teknologi swakemudi ketiga bergerak melalui lingkungan yang kompleks.

>>> Fitur Tesla Enhanced Summon, Layaknya Memiliki Chauffeur Pribadi

Pada video pertama, teknologi akan melakukan “Klasifikasi Gambar”, menentukan objek apa yang berada di lingkungan mereka. Sedangkan “Lokalisasi Gambar” menyediakan lokasi spesifik mereka, dilihat dengan bentuk kotak dalam video tersebut.

Video tersebut memperlihatkan pemandangan dari atas mobil yang melaju di jalan dan bagaimana ia membedakan rintangan. Sedangkan video kedua menjelaskan bagaimana kendaraan swakemudi Waymo mengenali sekelompok anak yang menyeberang jalan.

Mobil Waymo ketika melihat pesepeda dan melambat

Untuk bisa berkendara sendiri, teknologi swakemudi menggunakan kombinasi kamera, radar, dan lidar. Lidar sendiri adalah sistem deteksi yang menggunakan cahaya dari laser dan sensor ultrasonik. Meskipun mengontrol objek bergerak melalui lingkungan kompleks yang penuh dengan objek bergerak lainnya bukanlah hal yang mudah.

>>> Teknologi terbaru dari industri otomotif bisa Anda dapatkan di sini

Sebagaimana dijelaskan oleh Jalopnik, mengamati benda tidak berarti mobil bisa mengarah di sekitar rintangan. Teknologi AI harus mengetahui perbedaan antara pengendara sepeda dan seorang anak. Perilaku sepeda dan anak-anak cenderung berbeda.

Dengan menggunakan Deep Learning, teknologi AI kendaraan swakemudi harus mempelajari perilaku umum mereka untuk memprediksi apa yang akan terjadi. Misalnya ketika seorang anak berjalan di trotoar tetapi kemudian melihat truk es krim, mereka bisa langsung menyeberang dan melesat melintasi jalan.

>>> Ingin membeli mobil baru lainnya? Dapatkan daftarnya hanya di sini

kendaraan swakemudi yang menggunakan teknologi lidar

Teknologi kendaraan swakemudi menggunakan radar dan lidar

Pengembangan kendaraan swakemudi memang tidak bisa cepat. Dibandingkan teknologi, manusia lebih susah ditebak. Karena itu, mengembangkan teknologi yang bisa mengantisipasi semua perilaku – mulai dari yang normal hingga tak terduga – manusia adalah keharusan untuk menghasilkan kendaraan yang siap dibawa bersanding dengan pengemudi manusia.

>>> Baca juga tips otomotif terlengkap lainnya hanya di sini!

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Ada Banyak Kemajuan, Inilah Ragam Teknologi Mesin Diesel Modern

25/04/2019

Pengemudian

Mesin diesel modern telah menjelma menjadi mesin yang perkasa dengan banyak keuntungan untuk konsumen. Kapabilitas itu tidak lepas dari kandungan teknologi di dalamnya. Sudah ada banyak kemajuan pada dan beragam teknologi mesin diesel modern yang digunakan pada mobil-mobil masa kini.

Lihat juga

Pencurian Semakin Marak, Ford Luncurkan Teknologi Keyless Anti Pencurian

Pencurian mobil berteknologi keyless semakin marak terjadi, terlebih di Eropa sana. Untuk menanggulangi masalah tersebut, Ford telah menyiapkan teknologi terbaru mereka, teknologi keyless anti pencurian di Eropa.

Lihat juga

Inovasi Baru, Teknologi Kemudi Hyundai Dipenuhi dengan Kemudi Layar Sentuh

07/04/2019

Pengemudian

Industri otomotif selalu berinovasi. Dan kali ini, teknologi kemudi Hyundai memberikan inovasi terbaru berhubungan dengan layar sentuh, sebuah inovasi baru yang menyebutkan awal dari revolusi kemudi mobil.

Lihat juga

Mulai 2022, Kendaraan di Eropa Akan Dipasang Teknologi Pembatas Kecepatan

03/04/2019

Pengemudian

Dengan perkembangan teknologi yang dipasang pada kendaraan bermotor, berbagai fitur keselamatan wajib untuk kendaraan baru, termasuk teknologi pembatas kecepatan akan diperkenalkan di Uni Eropa (UE).

Lihat juga

Teknologi Mobil Berjalan Sendiri Autonomous Driving, GM Berjanji Luncurkan Tahun Ini

27/02/2019

Pengemudian

Teknologi mobil berjalan sendiri atau Autonomous Driving adalah sebuah inovasi baru dalam dunia otomotif yang memberi kapabilitas bagi mobil untuk berjalan sendiri tanpa perlu dikemudikan. Di tahun 2019, General Motors (GM) berjanji akan merilis mobil Autonomous tanpa pedal gas dan kemudi setir.

Lihat juga
 
back to top