Berbahaya, Jangan Duduk Di Bak Belakang Mobil Barang

18/01/2021

Pengemudian

3 menit

Korban meninggal dalam kecelakaan maut di Bawen Kabupaten Semarang Sabtu (16/1/2021) membuktikan betapa besar risiko duduk di bak belakang mobil barang.

Kecelakaan maut terjadi jalur Semarang - Solo/Yogyakarta pada Sabtu (16/1/2021) siang bolong, tepatnya di depan pabrik PT Apac Inti Corpora, Kecamatan Bawen. Satu unit truk boks besar bernopol B 9136 ZF mengalami rem blong dan menabrak truk sampah bernomor polisi H 8011 XC hingga terguling. Akibatnya 3 orang meninggal dunia dan yang lainnya selamat dengan luka. Seluruh korban meninggal adalah warga Ungaran Timur.

"Diduga rem tidak berfungsi dengan baik sehingga menabrak truk sampah yang melaju searah di depannya. Menyebabkan kecelakaan lalu lintas hingga truk sampah terguling," jelas Kanit Laka Satlantas Polres Semarang Iptu Wardoyo, pada Sabtu (16/1/2021).

Dampak Duduk Di Bak Belakang

Terlepas hasil penyelidikan yang ditangani Unit Laka Lantas, adanya korban meninggal tak bisa dipisahkan dari faktor yang lain. Salah satunya karena mereka duduk di bak belakang truk yang terbuka.

>>> 3 Mobil Buatan Lokal Beri Kontribusi Besar Bagi Penjualan Suzuki

Foto Truk sampah Pemkab Semarang terguling setelah dihantam truk blong rem

Penumpang di bak belakang paling terdampak jika mobil bak terbuka kecelakaan

Seorang penjual es yang tengah berjualan di lokasi melihat dengan jelas detik-detik kecelakaan hingga korban berjatuhan. Menurut penuturannya, saat itu truk sampah milik Pemkab Semarang dari arah selatan hendak berbelok ke jalur kanan di U-Turn. Truk bermaksud membuang sampah di TPS Blondo. Tiba-tiba dari belakang truk boks kepala biru bernopol B 9136 ZF menabrak bagian samping bak. Truk sendiri kemudian terguling menumpahkan muatan sampahnya di jalanan. Sedangkan para kru yang duduk di bak terlempar bersamaan dan jatuh di aspal dengan keras.

“Yang duduk di atas truk terlempar seperti terbang lalu terbanting keras ke aspal,” katanya kepada Cintamobil, Sabtu (16/1/2021).

Aturan Mobil Barang

Kejadian di atas membuktikan betapa besar risiko duduk di bak belakang mobil barang. Fatalitasnya sangat tinggi jika terjadi kecelakaan karena penumpang sama sekali tidak memiliki perlindungan. Dalam aturan berlalu lintas, hal tersebut juga sangat dilarang. Pasal 137 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Barang Nomor 22 Tahun 2009 menyebutkan; “(2) Angkutan orang yang menggunakan Kendaraan Bermotor berupa Sepeda Motor, Mobil penumpang, atau bus. (3) Angkutan barang dengan Kendaraan Bermotor wajib menggunakan mobil barang.”

Foto para pekerja naik mobil barang

Mobil barang tidak boleh mengangkut orang

Ayat berikutnya menjelaskan mobil barang boleh untuk mengangkut orang untuk kepentingan-kepentingan tertentu. “(4) Mobil barang dilarang digunakan untuk angkutan orang, kecuali: a. rasio Kendaraan Bermotor untuk angkutan orang, kondisi geografis, dan prasarana jalan di provinsi/kabupaten/kota belum memadai; b. untuk pengerahan atau pelatihan Tentara Nasional Indonesia dan/atau Kepolisian Negara Republik Indonesia; atau c. kepentingan lain berdasarkan pertimbangan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Pemerintah Daerah.”

>>> Pick Up Mengangkut Penumpang Memperbesar Fatalitas Kecelakaan

Meski diperbolehkan hal tersebut tidak mengurangi tingginya fatalitas jika terjadi insiden kecelakaan, sebagaimana kecelakaan di atas yang terjadi Bawen Kabupaten Semarang. So, jangan duduk di bak belakang mobil barang!

>>> Beragam artikel tips dan trik lainnya di sini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top