Berapa Sih Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman?

05/12/2019

Pengemudian

5 menit

Berapa Sih Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman?
Batas kecepatan mobil di jalan tol yang aman dan nyaman sebenarnya sudah ditetapkan dalam peraturan lalu lintas. Selain aman untuk pengemudi, menjaga kecepatan saat berkendara juga baik untuk kendaraan tersebut.

Bagi sebagian pengemudi, jalan tol adalah kesempatan yang tepat untuk memacu kendaraan mereka. Tak jarang pula jalan tol jadi "sirkuit" dadakan yang digunakan demi melesat secepat-cepatnya. Hati-hati lho, karena sebenarnya ada batas kecepatan mobil di jalan tol yang aman dan nyaman. Jika tidak dilakukan, risiko kecelakan siap mengintai.

>>> 3 Masalah di Jalan Tol yang Sering Dihadapi Pengemudi

Selalu Jaga Jarak

waktu jaga jarak aman di jalan

Pedoman jaga jarak dengan kendaraan di depan

Kalau lantas Anda bertanya berapa sih sebenarnya kecepatan mobil di jalan tol yang aman? Apakah mengemudi dengan kecepatan lambat adalah tepat? Ternyata tidak juga. Mengemudi yang aman, baik di jalan tol atau bukan haruslah memperhatikan jarak dengan kendaraan di depannya.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Beri batas jarak dua detik antara mobil Anda dengan kendaraan di depan. Berpatokanlah pada sebuah objek di pinggir jalan. Misalnya pohon atau rambu lalu lintas. Setelah mobil di depan melintasi rambu tersebut, maka Anda harus sampai di rambu tadi minimal dalam 2 detik berikutnya.

Jika jarak 2 detik ini dihitung dengan asumsi kecepatan mobil 80 km/jam, maka kira-kira Anda harus menjaga jarak minimal 40 meter dengan kendaraan di depan. Tujuannya jika kendaraan di depan mengalami masalah atau rem mendadak, Anda masih bisa menghidar.

Kecepatan Stabil

kecepatan mobil stabil

Kecepatan stabil di jalan tol baik untuk pengemudi dan kendaraan

Sementara perihal batas kecepatan mobil di jalan tol yang nyaman sebaiknya mengikuti peraturan jalan raya di Indonesia. Yakni minimal 60 km/jam dan maksimal 80 km/jam untuk tol dalam kota serta 100 km/jam untuk jalan tol luar kota.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Demi keamanan dan kenyamanan, Anda bisa ambil kecepatan batas tengahnya, yaitu antara 70 km/jam hingga 80 km/jam. Lakukan perjalanan dengan konstan akan membuat berkendara tidak cepat lelah.

Selain itu, bagi mesin kendaraan sendiri, jika batas kecepatan mobil di jalan tol dilakukan dengan kecepatan konstan, maka putaran mesin tidak terlalu tinggi. Akibatnya sura mesin tidak meraung keras, dan konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih efisien.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top