Berapa Jarak Ideal Nyalakan Lampu Sein Mobil Saat Berbelok?

28/07/2019

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Berapa Jarak Ideal Nyalakan Lampu Sein Mobil Saat Berbelok?
Saat mengemudi, tanda lampu sein akan sangat berperan penting. Lampu sein ini satu-satunya penanda kendaraan yang hendak berbelok atau penanda saat terjadi permasalahan pada kendaraan. Tapi apakah Anda tahu, berapa jarak ideal nyalakan lampu sein? Karena banyak terjadi kecelakaan disebabkan kurang tepatnya penggunaan lampu sein.

Buat Anda disarankan untuk menggunakan lampu sein saat kendaraan berada sekitar 150 meter sebelum berbelok. Namun itu juga ditentukan dengan kecepatan yang Anda tempuh, jika mengemudi di kecepatan minimal 60 km/jam, memberi tanda lampu sein dengan jarak 150 meter itu dirasa tepat.

>>> Lampu Rem Berwarna Merah dan Kuning, Ternyata Ada Manfaat Penting Dibaliknya

Lampu sein menyala

Nyalakan lampu sein sekitar 150 meter sebelum berbelok

 

Jika Anda telah tepat menerapkan jarak ideal nyalakan lampu sein, sudah pasti ini akan berdampak positif dengan cara pengereman. Sehingga saat berbelok tidak akan gegabah atau melakukan rem mendadak dan mengemudi akan lebih aman. Otomatis kecelakaan bisa dihindari, pengendara atau pejalan kaki yang berada di belakang bisa mengetahui keberadaan kita. Karena kita sebagai pengemudi lebih baik melakukan pengereman dengan lembut dan aman.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips mengemudi lainnya hanya di sini

Lalu bagaimana saat kita tengah mencari jalan lalu jalan tersebut telah terlewat? Jika bertemu situasi demikian, disarankan jangan langsung memberi tanda lampu sein lalu langsung berbelok. Pastikan dahulu di belakang kita tidak ada pengendara atau pejalan kaki, jika dirasa sudah aman hidupkan penanda lampu sein lalu dahului jalanan yang sudah terlewat dan menepi dengan aman.

Mobil melintasi belokan

Perhatikan kondisi sekitar sebelum melakukan manuver berbelok

Selanjutnya Anda bisa melakukan putar balik kendaraan dan menuju jalanan yang dituju dengan perlahan dengan terus menghidupkan lampu sein untuk menuju jalanan tersebut. Artinya kita sebagai pengemudi tidak perlu terburu-buru mengambil keputusan untuk langsung berbelok ya. Nah jadi sudah paham kan jarak ideal nyalakan lampu sein mobil? Semoga bermanfaat.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:

Berita lain

Penasaran Kenapa Suara Lampu Sein Berbunyi “Tik”? Ini Alasannya

06/07/2019

Perawatan dan service

3 menit

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa lampu sein selain mengeluarkan suara “tik” ketika diaktifkan? Ternyata suara lampu sein tersebut merupakan bagian dari perkembangan lampu sinyal belok ini.

Lihat juga

Sejarah Lampu Belakang Berwarna Merah dan Lampu Sein Kuning

Ada banyak hal yang sudah seperti keharusan dalam kehidupan sehari-hari, tapi masih membingungkan untuk dijelaskan. Salah satunya adalah kenyataan bahwa lampu belakang berwarna merah dan lampu sein berwarna kuning, bukan hijau, biru, atau hitam ala anak metal.

Lihat juga

Memperbaiki Kerusakan Lampu Sein atau Lampu Sinyal di Rumah

Banyaknya kabel dan komponen listrik yang ada pada sebuah mobil bisa membuat sedikit kesalahan berakibat rusaknya fungsi mesin. Sumber masalah yang umum misalnya lampu, kabel, konektor, flasher dan switch. Untuk masalah lampu sinyal, memperbaiki lampu sein bisa diselesaikan di rumah.

Lihat juga

Inilah Alasannya Tidak Boleh Menggunakan Parking Brake di Lampu Merah

19/07/2019

Pengemudian

4 menit

Adanya anjuran untuk tidak menggunakan parking brake di lampu merah ternyata punya alasan keselamatan lho. Mau tau apa saja alasannya? Baca selengkapnya di artikel ini ya...

Lihat juga

Mengenal Jenis Dan Fungsi Lampu Rotator di Indonesia

17/07/2019

Pengemudian

3 menit

Lampu rotator di Indonesia bahkan dunia hanya boleh digunakan oleh mobil-mobil tertentu saja. Seperti mobil polisi, ambulan atau pemadam kebakaran. Namun setiap mobil-mobil tersebut mempunyai jenis dan fungsi lampu rotator yang berbeda-beda, berikut pemaparannya.

Lihat juga
 
back to top