Benzena, 'Silent Killer' di Dalam Mobil

25/03/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Benzena, 'Silent Killer' di Dalam Mobil
Anda punya kebiasaan parkir di bawah terik sinar matahari? Awas racun bernama Benzena ini dapat menjadi silent killer di dalam mobil Anda! Apa itu Benzena?

Tahukah Anda bahwa interior mobil yang mengandung benzena dan menjadi penyebab penyakit kanker sudah ditemukan di bagian dashboard, kursi mobil dan sistem pendinginan udara? Jadi sebelum masuk ke dalam mobil, sebaiknya Anda membuka semua jendela untuk mengeluarkan gas beracun benzena sebelum menyalakan AC. Karena berdasarkan sebuah penelitian yang dibaca oleh tim Cintamobil.com benda-benda tadi bisa mengeluarkan benzena (karsinogen).

Gambar layout dashboard mobil Skoda

Bagian-bagian di dalam kabin punya resiko mencemari pernafasan

Sebuah mobil yang parkir di dalam rumah dengan semua jendela tertutup mengandung 400-800 mg Benzena. Jika parkir di luar di bawah sinar matahari pada suhu 16 derajat celcius, tingkat Benzena dapat meningkat antara 2000 sampai 4000 mg, atau 40 kali dari level yang diizinkan. Orang yang masuk ke dalam mobil dan langsung menutup pintu pasti akan menghirup racun tersebut dalam jumlah yang berlebihan.

Apa Itu Benzena?

Benzena adalah sebuah gas beracun yang berpengaruh kepada ginjal dan hati Anda. Lebih parah lagi, tubuh Anda sangat sulit untuk keluarkan gas beracun ini. Jadi, tolong membuka semua pintu dan jendela mobil Anda biar gas beracun ini sudah keluarkan sebelum Anda menyalakan AC mobil, karena benzena itu banyak ditemukan di dalam mobil, termasuk mobil bekas dan mobil baru.

Gambar pengecekan AC Datsun GO+ Panca

AC yang 'dipaksa' menyala untuk mendinginkan kabin saat terik juga berpotensi bahaya

Jadi jangan lupa luangkan waktu untuk merasakan bau plastik di dalam mobil Anda, khususnya pada musim kemarau. Sebab selain menyebabkan kanker, benzena juga bisa meracuni tulang, menyebabkan anemia, dan menurunkan sel darah putih. Eksposur yang terlalu lama akan menyebabkan leukemia, meningkatkan risiko kanker, dan kemungkinan juga menyebabkan keguguran. Sekadar informasi, tingkat benzena di dalam rumah yang dapat diterima adalah 50 mg.

>>> Mobil Listrik Bergaya Retro Hyundai Ioniq 5 Tawarkan Kabin Lapang

Benzena Di Mobil

Dashboard mobil, armrest, jok, dan lain-lain hampir semuanya terbuat dari plastik, kain sintetis yang direkatkan dengan lem atau dijahit. Beberapa bahan tersebut ada yang terbuat dari senyawa benzena, apalagi saat cuaca sedang panas, secara otomatis Benzena akan mereproduksi lebih banyak. Di samping itu, sistem pendinginan udara di dalam mobil juga bisa mengeluarkan sejumlah gas beracun saat dipaksa menyalakan dalam cuaca terik.

Gambar wanita sesak nafas di mobil

Gas beracun ini sangat berbahaya jika diisap tubuh dan bisa memicu berbagai penyakit

Saran untuk Anda jika mendeteksi atau mecurigai kualitas udara di dalam mobil telah menurun maka bukalah semua jendela mobil biar gas beracun di dalam mobil bisa segera dikeluarkan. Cara tercepat adalah dengan membuka pintu sepenuhnya di satu sisi, lalu menutup pintu dengan kuat di sisi lainnya. Cara ini bisa membantu menghilangkan bau dan gas beracun di dalam mobil dengan cepat.

Berbahaya Bagi Anak-Anak

Gambar ilustrasi anak-anak

Buat orang dewasa saja berbahaya, apalagi anak-anak

Dikutip dari The Guardian, anak-anak lebih berisiko saat menghirup gas beracun di dalam mobil. Bahkan lebih tinggi bila dibandingkan dengan kendaraan lain. Anak-anak yang duduk di bangku belakang juga berpotensi mengisap udara di tingkat berbahaya. Polusi udara dapat menghambat perkembangan paru-paru dan meningkatkan risiko sensitisasi yang dapat menyebabkan asma dan gangguan pernapasan lainnya.

>>> Persiapan Sebelum Road Trip Nyaman dengan Anak Saat New Normal

Tags: Benzena
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top