Belum Waktunya! Ini Alasan Jangan Kasih Anak di Bawah Umur Bawa Motor

31/05/2021

Pengemudian

3 menit

Jangan bangga dulu jika anak di bawah umur membawa sepeda motor. Beragam risiko, mulai dari kecelakaan hingga tindak kejahatan bisa terjadi pada si anak.

Tak sedikit orang tua membiarkan anak di bawah umur membawa sepeda motor. Sebagai alat transportasi populer di Indonesia dengan harga yang terjangkau, pada akhirnya membuat kendaraan ini bisa digunakan oleh semua kalangan. Sayangnya, hal ini juga merembet digunakan anak tanpa pengawasan orang tua.

Risiko Kecelakaan Hingga Tindak Kejahatan

Banyak kasus yang terjadi, belum siapnya mental anak dalam membawa kendaraan sepeda motor membuat mereka akhirnya mengalami kecelakaan. Baru-baru ini dalam video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, terlihat seorang pengendara sepeda motor di bawah umur yang akhirnya menabrak motor di depannya yang sedang parkir. Si pengendara berniat untuk putar balik, tetapi motor justru melaju kencang dan menabrak motor lain.

anak di bawah umur bawa motor

Beragam risiko membiarkan anak membawa motor

Kasus lain bukan hanya mengalami kecelakaan saja. Membiarkan anak untuk mengendarai sepeda motor juga berisiko terjadinya tindak kejahatan. Seperti yang dialami oleh kakak beradik di Kalimulya Depok yang terkena modus hipnotis. Kronologinya saat kakak beradik boncengan ke warung pada sore hari. Pelaku hipnotis bertemu korban di jalan lalu sepeda motor diambil pelaku. Korban sang kakak ditinggal di jalan, sedangkan adiknya berusia 5 tahun masih bersama pelaku seperti dalam video yang diupload @infodepok_id.

>>> Hyundai Bakal Pangkas 50% Model Mobil BBM

Mengapa Anak-Anak Belum Siap?

Kesalahan anak saat mengendarai sepeda motor terkait dengan teknik berkendara dan juga SIM. Salah satu teknik berkendara adalah kemampuan dalam mengatur tuas rem dengan keempat jari agar tidak meleset. Saat mengerem dengan empat jari, gas ditutup dengan sempurna. Hal ini juga bisa dilakukan untuk membuat kebiasaan keempat jari tidak stand by di handle rem.

Sementara untuk Surat Izin Mengemudi bukan hanya sembarang legalitas saja agar seseorang bisa membawa kendaraan bermotor di jalan raya. Salah satu syarat kepemilikan SIM adalah cukup umur minimal 17 tahun. Sehingga jika pengemudi abai terhadap aturan tersebut, petugas kepolisian setempat bisa melakukan tindakan sanksi sesuai dengan Undang-Undang No 20/2009.

anak di bawah umur bawa motor

Anak belum mengerti teknik berkendara dengan benar

Ketetapan minimal usia 17 tahun, dianggap seseorang sudah dewasa karena sudah berkembang secara fisik, perilaku, dan mental. Di usia tersebutlah, seseorang dianggap bisa fokus, bisa mengambil keputusan yang tepat, dan bisa melakukan berbagai tindak antisipasi yang dibutuhkan.

Hal ini berbeda dengan anak di bawah umur. Jadi, jangan bangga dulu jika anak Anda bisa mengendarai sepeda motor atau membiarkan mereka membawa kendaraan. Hal seperti ini justru melanggar aturan dan memiliki banyak risiko.

>>> Baca artikel tips & trik lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.

 
back to top