Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Pakai Seat Belt di Kursi Belakang Penting!

05/11/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Ada pelajaran penting yang bisa dipetik dari kasus kecelakaan Vanessa Angel. Adalah pentingnya pakai seat belt meski penumpang duduk di baris belakang.

Seat belt atau sabuk pengaman menjadi salah satu fitur yang wajib hadir di mobil di Indonesia. Fungsinya adalah untuk mengurangi risiko fatal yang menyebabkan luka hingga kematian jika terjadi kecelakaan. Seat belt juga bisa menahan posisi badan untuk tetap berada di jok dan tidak terhempas saat mengalami benturan akibat kecelakaan. 

Gambar menunjukan fitur keamanan standar seatbelt

Di Indonesia, seat belt wajib dikenakan sopir dan penumpang depan

Di Indonesia seat belt bukan cuma wajib dihadirkan pada setiap mobil, para pengendara dan penumpang juga diharuskan menggunakannya sepanjang perjalanan. Kewajiban menggunakan seat belt sendiri diatur dalam Pasal 106 ayat 6 UU no.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

>>> Jangan Paksakan Diri Menyetir saat Mengantuk, Bahaya Mengintai!

Pakai Seat Belt di Baris Kedua Belum Wajib di Indonesia

Dalam pasal itu tertulis setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan. Bila ditelisik lebih dalam, untuk saat ini kewajiban menggunakan sabuk pengaman di Indonesia barulah untuk pengemudi dan penumpang depan saja. Sedangkan penumpang di baris kedua ataupun ketiga belum diwajibkan mengenakan sabuk pengaman. 

Padahal, atas dasar keselamatan penumpang di baris kedua dan ketiga sebaiknya tetap memakai seat belt. Namun masih sedikit orang Indonesia yang peduli untuk menggunakan sabuk pengaman di baris belakang. Pada kenyataannya, dalam beberapa kasus kecelakaan yang sering terjadi penumpang baris kedua dan ketiga justru yang mengalami cedera lebih parah dikarenakan tak pakai seat belt

Mengutip laman Suzuki Indonesia, saat penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman terutama duduk di bagian belakang, baik kedua maupun terakhir akan mengalami efek seperti bola pinball yang memantul dari satu sisi ke sisi lainnya saat terjadi benturan keras pada kasus kecelakaan. Hal ini juga berdampak fatal akan keselamatan, mulai dari luka-luka hingga kematian.

>>> Semakin Nyaman Berkendara, Ini Tips Sederhana Cek Kondisi Sabuk Pengaman

Vanessa Angel Diduga Terpental karena Tak Pakai Seat Belt

Vanessa Angel kecelakaan

Kondisi Pajero yang ditumpangi Vanessa Angel dan suami terlihat ringsek

Misalnya kecelakaan yang baru dialami artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah. Pada kecelakaan nahas itu, Vanessa Angel yang duduk di baris kedua terlihat dalam unggahan instagram story sang suami tak menggunakan seat belt hingga akhirnya terpental ke jalan. Sementara Febri yang duduk di depan dipastikan menggunakan seat belt. 

"Kalau dilihat dari itu (terpental), tidak menggunakan sabuk pengaman," ungkap Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol Latif Usman. 

Dari kasus kecelakaan yang melibatkan keluarga Vanessa Angel ini tentu bisa dilihat pentingnya penumpang pakai seat belt di kursi belakang. Tak lupa pengendara tetap harus mematuhi aturan lalu lintas lainnya. Sekadar informasi, dari olah TKP awal pada saat kecelakaan terjadi diduga kecepatan Pajero Sport putih itu di atas 100 km/jam dan kondisi airbag kendaraan menyala. Dua sabuk pengaman ‘safety belt’ depan terpakai.

>>> Bukan Cuma Fitur Standar, Sabuk Pengaman Juga Ada Teknologinya

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top