Begini Tips Mencegah Penularan Virus Corona saat Berkendara

09/03/2020

Pengemudian

4 menit

Begini Tips Mencegah Penularan Virus Corona saat Berkendara
Penyebaran virus Corona (Covid-19) bisa dibilang sangat masif karena sudah mencapai berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Namun, Anda bisa melakukan langkah-langkah ini untuk mencegah penyebaran virus. Apa saja?

Awal tahun ini, seluruh dunia sedang geger dengan merebaknya Virus Corona. Dampaknya sangat besar, khususnya ke industri Otomotif di mana banyak sekali perhelatan motor show sampai ajang balap ditunda atau dibatalkan akibat epidemi yang berasal dari Wuhan, Cina tersebut.

>>> Cegah Virus Corona, penyedia angkutan umum harus siapkan hand sanitizer

Untuk mencegah virus corona, kita dituntut untuk berperilaku bersih, pastikan kondisi interior mobil dalam kondisi prima. Tak hanya mobil, kondisi pengendara juga sama pentingnya, jika fisik tidak terlatih, maka akan sangat mudah terkena penyakit. Bisa dibilang, virus dan bakteri itu ada di mana-mana, untuk langkah pencegahan lakukan langkah di bawah ini.

1. Bersihkan interior mobil dengan antiseptik

Mengelap panel interior mobil

Bersihkan panel interior mobil dengan antiseptik, atau tissue basah antiseptik

Anda bisa menyiapkan antiseptik untuk membersihkan interior mobil secara berkala, mulai dari door handle, tuas persneling, setir, sampai hal mendetail seperti panel dashboard. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan tissue basah (lebih baik tissue basah antiseptik) dan tissue kering.

2. Pola hidup sehat

Ilustrasi buah-buahan untuk perjalanan jauh

Buah-buahan dapat dijadikan pengganti snack saat perjalanan jauh

Selain menjaga kebersihan interior mobil, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah virus Corona. Khususnya dalam menjaga pola makan dan apa yang dimakan.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Sebaiknya, jangan konsumsi makanan atau minuman berlebihan, secukupnya saja. Dan untuk pilihan minuman, sebaiknya bawa saja air putih dengan campuran madu yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Snack juga bisa diganti dengan buah-buahan yang mudah dikonsumsi di dalam mobil seperti Jeruk, Pisang, ataupun Apel. Tingginya kandungan anti-oksidan yang ada pada buah-buahan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, khususnya dalam perjalanan jauh.

3. Perlukah penggunaan masker?

Menggunakan masker saat memakai angkutan umum

Tidak semua orang harus memakai masker, cukup yang sakit saja

Virus Corona dapat menular melalui dropflet infection, yakni percikan-percikan seperti air liur, kontak badan, sampai makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Salah satu cara menanggulanginya adalah dengan menggunakan masker, tapi apakah itu diperlukan?

>>> Tips perawatan mobil lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat di sini

Ya, tapi tidak semua orang harus menggunakan masker. Karena masker hanya perlu digunakan oleh orang-orang yang sedang menderita sakit, baik itu flu, SARS, atau bahkan Corona, dapat menularkan virusnya kepada orang lain.

Begitu juga jika sedang mengemudi bersama orang lain, jika orang tersebut terlihat tidak sehat, kami sarankan untuk tidak memberinya tumpangan. Bukannya pelit, jika tidak waspada mobil Anda bisa terkontaminasi virus, yang bukan tidak mungkin akan tertular kepada Anda.

Berikut tips untuk memastikan mobil dan badan Anda terbebas dari Virus Corona, untuk tips & trik lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top