Begini Tips Aman Berkendara Kala Pandemi Menurut Dokter

17/06/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Begini Tips Aman Berkendara Kala Pandemi Menurut Dokter
Meski sudah memasuki masa transisi PSBB namun ada beberapa tips aman berkendara kala pandemi menurut dokter yang harus Anda perhatikan agar sehat dan aman

Meski saat ini sudah memasuki masa transisi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada beberapa kota besar di Indonesia, contohnya Jakarta, dan Surabaya. Namun ada beberapa tips aman saat berkendara kala pandemi menurut dokter yang harus Anda perhatikan agar tetap sehat dan aman. Inilah tips aman berkendara yang harus Anda perhatikan dan laksanakan.

Jaga Kebersihan Diri Dan Kendaraan

Menyikapi New Normal dari Sisi Pengemudi Mobil

Masa transisi Anda juga harus tetap menerapkan tips aman saat berkendara

Terpenting adalah menjaga kebersihan, "Maksudnya adalah saat kita mau pegang setir (pastikan) tangan kita sudah bersih," papar Dr Michael Triangto Sp. KO. Masih menurut pria lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Atmajaya 1992 ini, pengemudi juga harus memperhatikan keamanan, utamanya saat dari luar kendaraan. Pastikan untuk selalu menjaga jarak dan jaga kebersihan.

Foto Suzuki XL7 parkir di bawah sinar matahari

Sesekali parkir di bawah terik sinar matahari tak ada salahnya

Lebih lanjut, dokter yang juga piawai dalam menangani atlet nasional ini juga memberikan saran untuk sesekali terkena sinar matahari, terutama untuk pengemudinya. "Sinar matahari akan mengaktifkan provitamin D menjadi vitamin D, Vitamin D itu baik untuk mencegah terinfeksi COVID-19," papar dokter yang tahun ini genap berusia 60 tahun ini.

Merawat Interior Juga Bisa Menghindari COVID-19

Foto layout dashboard Suzuki Karimun GX 2005

Kebersihan interior harus senantiasa terjaga

Seiring dengan semakin berkembangnya penyebaran virus COVID-19, membuat kita harus selalu lebih waspada serta terus menjaga kebersihan lingkungan dan rumah. Pun begitu dengan kendaraan kesayangan yang kita miliki, sebaiknya terjaga kebersihannya baik sektor eksterior maupun interior mobil. Apalagi kendaraan tersebut sebagai alat transportasi sehari-hari. Tentunya, kebersihan pada bagian interior pun patut dijaga.

Gambar menunjukkan pembersihan setir Toyota Fortuner VRZ

Jangan lupa bersihkan setir

Selain itu juga yang dapat dilakukan oleh pengemudi adalah menjaga kebersihan tiga komponen utama yang sering dipegang di mobil. Pertama adalah setir, kedua shift knob dan yang terakhir gagang pintu. Menurut jurnal kesehatan yang dipublish universitas ternama di luar negeri, menjelaskan bahwa virus corona dapat bertahan pada benda-benda tersebut dalam waktu yang relatif lama. O ya, kunci mobil juga jangan lupa untuk dibersihkan agar makin higienis.

>>> Empat sensor ini bisa menyelamatkan nyawa Anda

Jadi itulah beberapa hal tips aman berkendara baik sebelum, ketika berkendara, dan pasca berkendara yang dihimpun oleh Cintamobil.com yang harus Anda perhatikan dan lakukan agar terhindar dari virus COVID-19. Kalau sudah dilakukan Anda enggak perlu khawatir saat akan mengemudi kan?

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top