Begini Kondisi Jalan Tol Cikampek Jelang Mudik 2019

31/05/2019
Mudik atau pulang kampung jelang Hari Raya Idul Fitri masih menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia. Penggunaan jalur darat khususnya memakai mobil pribadi pun diprediksi meningkat tahun ini. Cintamobil berkesempatan melalui jalan tol Cikampek yang menjadi jalur mudik setiap tahunnya. Bagaimana kondisinya saat ini?

Pada Senin (27/5) lalu kami berangkat lebih awal menuju Semarang untuk memantau jalur mudik yang akan dilalui oleh sebagian besar masyarakat. Salah satu jalur mudik yang ditakuti oleh masyarakat adalah jalan tol Cikampek yang sampai saat ini masih ada pekerjaan pembuatan jalur LRT. Macet total diprediksi akan terjadi pada jalur ini hingga masuk ke tol Cipali.

>>> 5 Tips Menggunakan Aplikasi Navigasi yang Harus Anda Ketahui

Sekitar pukul 18.30 WIB, kami berangkat dari Jakarta Timur menuju Semarang. Kami melalui tol lingkar luar (JORR) untuk akses masuk ke jalan tol Cikampek. Ketika melewati Bekasi Timur hingga Bekasi Barat, kondisi jalan masih banyak bebatuan dan lubang kecil dampak dari proses pembuatan jalur LRT yang ditargetkan rampung tahun depan.

Kondisi lalu lintas jalan Tol Cikampek

Sepanjang jalan tol Cikampek, kecepatan mobil kami berkisar 50-60 km/jam

 

Beruntung sekitar pukul 19.00 WIB ketika kami melintasi jalan tol Cikampek wilayak Bekasi tidak terjadi kepadatan atau macet yang parah. Hanya kepadatan lalu lintas namun mobil masih bisa melaju dengan kecepatan 50-60 km/jam. Meski begitu harus waspada terhadap penyempitan jalan serta bahu jalan baik kanan atau kiri yang berbahaya. Ada beberapa jalan yang tidak sama rata antara bahu jalan dengan jalan utama.

>>> Cari mobil bekas berkualitas ada disini

Meskipun kondisi jalan cukup lancar, kami tidak sarankan Anda untuk mengebut karena pasir dan bebatuan di jalan akan terhempas ke mobil belakang. Akibatnya visibilitas atau terburuknya batu kerikil bisa menggores kaca depan. Tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas yang terpasang dan jangan egois dengan menyalip mobil di depan.

Gerbang tol digabung pada Cikampek Utama

Pembayaran tol Cikampek kini hanya di gerbang tol Cikampek Utama 1 sebesar Rp 15.000

 

Kemacetan lalu lintas kami rasakan ketika memasuki wilayah Cikarang atau akhir dari proses pekerjaan LRT. Namun kemacetan yang terjadi tidak terlalu panjang sehingga tidak memakan waktu terlalu lama. Ketika memasuki GTO (gerbang tol otomatis) Cikarang Utama, Jasa Marga telah menghapus pembayaran ini dengan menggabungkannya di gerbang Cikampek Utama dengan membayar Rp 15.000. Kami pun berhasil masuk tol Cipali yang menjadi akhir dari Cikampek sekitar pukul 20.30 WIB.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain