Begini Cara Nyetir di Jalan Tol Luar Kota Buat Pemula

01/12/2019

Pengemudian

5 menit

Begini Cara Nyetir di Jalan Tol Luar Kota Buat Pemula
Ada cara nyetir di jalan tol luar kota yang patut Anda ketahui. Apalagi jika Anda termasuk pengemudi pemula yang belum pernah berkendara antar kota. Karena kendaraan lain di jalan tol berbeda dibanding jalan biasa.

Saat ini hampir sebagian besar wilayah kota besar di Indonesia sudah terhubung dengan jalan tol. Hal itu tentunya memudahkan dan mempersingkat waktu perjalanan Anda dari satu kota ke kota yang lainnya.

>>> Bukan Sekedar Estetika, Ini Fungsi Jalur Hijau di Tengah Jalan Tol

Jika Anda merupakan pengemudi pemula, tentunya butuh memperhatikan beberapa cara nyetir di jalan tol luar kota. Karena biasanya pengguna jalan di tol mengemudikan kendaraannya di atas rata-rata dibanding jalan biasa.

Berikut beberapa tips cara nyetir di jalan tol luar kota buat pengemudi pemula:

1. Tetap Fokus

pengemudi mobil di tol

Selalu fokus ketika berkendara

>>> Promo mobil baru selalu ada yang menarik, cek disini selengkapnya

Jalan tol antar kota tak jarang memiliki jarak yang cukup jauh dengan karakter jalan yang lebih banyak lurus. Hal itu pastinya akan mempengaruhi konsentrasi pengemudi. Rasa kantuk bakal mudah menyerang karena terlalu lama mengemudi dengan kecepatan konstan. Nah agar tetap fokus berkendara, sebaiknya banyak minum air putih.

2. Jaga Kecepatan

speedometer mobil

Jangan terpancing untuk memacu kendaraan sekencang-kencangnya

Walau kendaraan lain di jalan tol cenderung dipacu dengan kecepatan tinggi, Anda jangan mudah terpancing. Tetaplah berkendara dengan kecepatan konstan, tidak terlalu kencang, juga jangan terlalu lambat. Meskipun jalan tol yang Anda lalui saat itu cenderung sepi. Sehingga jika ada keadaan darurat di perjalanan, Anda tetap bisa menguasai kendaraan.

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

3. Tetap di Jalur Lambat

tol luar kota di Indonesia

Selalu gunakan jalur lambat saat di jalan tol

Sebagai pengemudi pemula, tentunya Anda belum mengetahui benar, cara nyetir di jalan tol luar kota. Jadi sebaiknya selalu gunakan jalur lambat selama berada di jalan tol. Jika menghadapi kendaraan lain yang berjalan lebih lambat dari Anda, maka silahkan mendahuluinya menggunakan jalur cepat. Tetapi sebelumnya perhatikan apakah di jalur cepat itu sudah aman dilalui atau belum. Dan jangan lupa aktifkan lampu sein. Kemudian jika sudah didahului, kembalilah ke jalur lambat.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top