Begini Cara Berkendara yang Aman Sekaligus Menghemat Kampas Rem Mobil

26/01/2020

Pengemudian

5 menit

Begini Cara Berkendara yang Aman Sekaligus Menghemat Kampas Rem Mobil
Walau kelihatannya sepele, ternyata ada teknik berkendara yang mampu menghemat kampas rem mobil. Ini terjadi karena Anda jadi tidak terlalu sering menginjak pedal rem.

Setiap pemilik mobil tentunya ingin sebisa mungkin melakukan penghematan dari semua komponen pada kendaraannya. Sehingga usia komponen dapat bertahan cukup lama, dan tidak sering mengganti dengan komponen baru akibat rusak.

Selain melakukan perawatan secara berkala, sebenarnya ada teknik-teknik berkendara yang dapat menghemat komponen pada mobil Anda. Satu diantaranya kampas rem mobil. Meski pun kampas rem termasuk dalam golongan komponen fast moving yang wajib diganti secara berkala, tapi tak ada salahnya bukan untuk menghemat pengeluaran penggantian komponen ini lebih lama.

>>> Jangan Diabaikan, Berikut 5 Gejala Rem Blong Yang Harus Anda Waspadai

Berikut teknik berkendara yang aman tetapi sekaligus bisa menghemat kampas rem mobil agar tak terlalu sering diganti.

1. Di Jalan Menanjak

berkendara di jalan menanjak

Berkendaralah dengan konstan pada jalan menanjak

Ketika menemui jalan menanjak misalnya pada daerah pegunungan atau perbukitan, tentunya penggunaan rem tidak dapat dielakkan. Namun jika ingin pedal rem tidak selalu dipakai saat berkendara dengan kontur jalan menanjak, maka berkendaralah dengan konstan.

>>> Promo mobil baru yang menarik selalu ada disini, ayo buruna klik!

Gunakan posisi gigi 2 atau gigi 3 selama berkendara dengan putaran mesin tidak lebih dari 5.000 rpm. Ini untuk menghindari mobil melaju terlau cepat. Sehingga bila ada objek atau pengguna jalan lain yang muncul tiba-tiba, maka pengemudi cukup menurunkan kecepatan dengan melepas pedal gas dan menurunkan posisi gigi.

2. Di Jalan Menurun

berkendara di jalan menurun

Jangan gunakan gigi tinggi yang membuat mobil meluncur cepat di jalan menurun

Teknik berkendara dengan cara melepas pedal gas dan menurunkan posisi gigi sering juga disebut dengan teknik engine brake. Nah selain pada jalan menanjak, teknik seperti ini juga amat bermanfaat ketika berkendara di jalan menurun.

Jangan biarkan mobil ada pada posisi gigi tinggi ketika melintas di jalan turunan. Karena hal ini akan membuat mobil meluncur dengan lebih cepat. Sehingga Anda harus menginjak pedal rem untuk mengontrol laju kendaraan. Jika terlalu sering menginjak rem, maka ini juga bisa berakibat kampas rem mobil gosong akibat terlalu panas.

>>> Pilihan mobil bekas terlengkap, terbaik, dan termurah bisa cek disini

3. Saat Macet

jalan macet

Jangan agresif kala menemui jalan yang macet

Ketika melintas di jalanan yang macet, maka Anda tetap bisa untuk menghemat kampas rem mobil. Caranya, berkendaralah dengan tenang dan tidak agresif. Gunakan gigi 1 dan injak pedal gas perlahan. Biarkan mobil melaju amat perlahan dengan sendirinya. Dengan demikian Anda tak perlu menekan pedal rem terlalu dalam saat mobil di depan berhenti.

Untuk pengguna mobil transmisi otomatis, sebaiknya jangan biarkan tuas transmisi selalu ada di posisi D dan pedal rem terus diijak ketika kondisi jalan macet. Geser tuas transmisi ke posisi N agar mobil tidak melaju walau pedal rem tidak perlu dinjak terus menerus. Dengan demikian kampas rem juga bisa lebih awet.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top