Beberapa Model City Car Tidak Punya Hand Grip, Ini Alasannya

20/01/2020
Tidak seperti model MPV dan SUV yang rata-rata memiliki hand grip di bagian interior, model city car kebanyakan tidak memiliki fitur tersebut. Ini alasannya!

Salah satu yang meningkatkan nilai jual mobil adalah beragamnya fitur yang disediakan untuk menunjang kenyamanan pengendara. Bukan hanya fitur-fitur besar saja seperti AC, Audio, atau jok yang bisa sliding dan reclining, fitur-fitur kecil juga memberi nilai tambah. Hand grip misalnya, meskipun hanya pegangan tangan keberadaannya cukup bermanfaat buat pengendara.

Nah, kalau Anda perhatikan tidak semua jenis mobil dilengkapi hand grip, terutama untuk model city car varian bawah. Tidak seperti mobil-mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV), hampir semuanya punya hand grip meski itu varian rendah.

Foto hand grip mobil

Hand grip lebih banyak dipasang di MPV dan SUV dibanding di model city car

Alasan Model City Car tidak punya hand grip menurut APM

Menurut Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha ada banyak pertimbangan pabrikan memasang hand grip pada mobil yang diproduksi. Misalnya, ukuran tinggi kendaraan dan tinggi tempat duduk. “Kalau tinggi jok di atas atau sama dengan pinggang, biasanya mobil memerlukan pegangan atau hand grip,” tutur Riecky seperti dikutip dari Kompas, (18/1/2020). Dia mencotohkan seperti mobil pick up dan SUV, meskipun varian terendah semuanya dipasang hand grip.

>>> Mobil SUV terbaik, baca reviewnya di sini!

Senada dengan penuturan di atas, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi juga menyatakan hand grip sudah masuk dalam rancang bangun mobil, alias jauh sebelum mobil diproduksi. Pemasangannya mempertimbangkan tak sekadar soal harga, tapi juga diukur dari berbagai variable.

“Desain penempatan hand grip juga sudah diatur berdasarkan posisi duduk yang nyaman, diukur dari posisi jok hingga letak setir atau dashboard. Mobil MPV kan mengangkut banyak penumpang, pasti hand grip lebih banyak,” kata Didi.

Foto truk besar bersiap dijalankan

Makin tinggi ukuran mobil makin butuh hand grip

Fungsi Hand Grip

Ada banyak sekali fungsi hand grip. Namun yang paling utama untuk keselamatan. Dalam situasi-situasi tertentu terkadang pengemudi harus melakukan manuver. Penumpang harus menjaga tubuhnya agar tetap pada tempatnya dan tidak terpental-pental ke posisi lain. Hand grip juga bisa dipakai penumpang untuk menahan tubuh saat mobil melaju di jalan menurun, meskipun sudah memakai sabuk pengaman.

Fungsi yang lain untuk kenyamanan, yaitu membantu memudahkan penumpang untuk masuk atau keluar dari kendaraan. Terlebih untuk mobil-mobil dengan groung clearance tinggi, tanpa hand grip orang akan mencari pegangan lain yang terkadang menyusahkan.

Selain pegangan saat masuk keluar kendaraan, hand grip bisa juga dipakai menggantung baju menggunakan hanger, atau mencantelkan barang-barang ringan lainnya. Untuk yang terakhir ini hanyalah alternatif, bukan sebuah rekomendasi. Selain tidak elok juga kurang menjaga privasi serta berpotensi mengundang tindak kejahatan orang lain.

>>> Jangan Panik, Berikut Tips Lewati Jalan Sempit Saat Mengemudi

>>> Klik di sini untuk tips dan trik perawatan mobil

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain