Beberapa Hal Tentang Mobil Sedan Yang Belum Anda Tahu

20/05/2017

Pengemudian
Share this post:
Beberapa Hal Tentang Mobil Sedan Yang Belum Anda Tahu
Sedan atau Saloon adalah mobil double cabin yang memiliki empat atau dua pintu penumpang, dan ditambah 1 pintu bagasi yang terpisah dari kabin penumpang. Biasanya mobil sedan identik dengan kenyamanan dan elegan. Namun apakah Anda sudah tahu, mobil sedan itu digolong dalam 7 jenis kecil lagi. Apa saja ya?

Bersama dengan perkembangan pesat dari pasar otomotif, istilah-istilah tentang mobil seperti mobil sedan, SUV atau coupe semakin  populer. Namun mungkin di antara itu masih ada istilah tentang mobil sedan yang Anda belum tahu.

Mobil sedan digolong dalam 7 jenis kecil lagi yaitu:

1. Sedan kecil (subcompact cars)

Terdiri dari beberapa mobil seperti Toyota Vios, Toyota Yaris, Ford Fiesta, Hyundai Accent dan lain-lainnya. Jenis-jenis mobil ini sudah ada versi hatchback.

Toyota Yaris warna putih sedang parkir di dekat pantai  dilihat dari belakang
Toyota Yaris dilihat dari belakang

2. Sedan medium (compact car)

Terdiri dari mobil-mobil terkenal seperti Ford Focus, Toyota Altis, Kia Forte, Chevrolet Cruze, Honda Civic. Jenis mobil sedan ini mempunyai panjangnya dari 4250 sampai 4500 mm dan mesinnya berkapasitas dari 1.4 L sampai 2.5L.

Ford Focus warna kuning di jalan
Ford Focus 

3. Sedan kelas menengah premium (large family car/ mid-size car)

Terdiri dari beberapa mobil seperti Ford Mondeo, Toyota Camry, Honda Accord, Hyundai Sonata. Mobil ini mempunyai panjangnya dari 4700 mm sampai 4900 mm dan mesinnya dengan 6 silinder berkapasitas dari 2.0 L sampai 3.5 L.

Toyota Camry dilihat dari depan
Toyota Camry 

4. Sedan besar (full-size car)

Terdiri dari nama populer seperti Toyota Avalon, Ford Crown Victoria, Chrysler 300C. Mobil di segmen ini dengan panjangnya lebih dari 4900 mm dan interiornya luas.

Toyota Avalon warna putih- sebuah mobil sedan besar
Toyota Avalon 

5. Sedan mewah kelas menengah (compact executive car)

Terdiri dari nama populer seperti BMW 3 Series, Audi A4, Mercedes C Class, Lexus IS, Acura TSX. Mobil dalam segmen ini dengan ukuran sama dengan mobil di segmen compact car di atas namun mesinnya lebih kuat dan ada 4 sampai 8 silinder. Kursi dan lingkar kemudi dibalut dengan kulit. Hal yang paling penting adalah mobil di segmen ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan dan sistem power steering.

BMW 3 Series dilihat dari belakang sedang di jalan
BMW 3 Series 
 
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman mengemudi mobil
 

6. Sedan mewah medium (executive car/mid-luxury car)

BMW 5 Series, Audi A6, Mercedes E Class, Jaguar XF adalah mobil dalam segmen sedan ini. Dengan panjangnya lebih dari 4.900 mm, mesin dengan kapasitas lebih dari 2.5L sampai 5.0 L dan mempunyai 6 sampai 8 silinder. Semua alat dilengkapi untuk mobil ini adalah alat-alat mewah dan berkualitas baik.

Tampilan bagian depan Audi A6 warna biru
Tampilan bagian depan Audi A6 

7. Sedan mewah besar (full-size luxury car/Grand saloon)

BMW 7 Series, Lexus LS, Mercedes S-Class, Audi A8 adalah mobil-mobil tergolong dalam segmen ini. mobil di segmen ini dengan panjangnya lebih dari 5 m, mesinnya dengan 6 sampai 12 silinder berkapasitas lebih dari 4 L.

Audi A8 warna putih sedan mewah besar di depan gunung
Audi A8 warna putih sedan mewah besar

Itulah 7 jenis kecil dari mobil sedan yang kami ingin sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk sobat-sobat.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top