Beberapa Fitur Mobil yang Sebenarnya Tidak Berguna

01/04/2021

Pengemudian

2 menit

Beberapa Fitur Mobil yang Sebenarnya Tidak Berguna
Saat teknologi meningkat, produsen mobil muncul dengan ide-ide baru yang cerdas. Tapi beberapa dari ide ini justru nggak meningkatkan kualitas mobil. Apa saja fitur mobil yang sebenarnya nggak penting-penting banget?

Teknologi otomotif telah berkembang pesat sejak lampu sein, AC, dan electric window diperkenalkan pertama kali pada tahun 1930-an. Produsen mobil menginvestasikan banyak uang untuk menciptakan inovasi. Sebut saja, tahun 2018 Toyota, Hyundai Motor Company, dan Honda mengajukan lebih dari 400.000 paten. Beragam fitur mobil dikembangkan untuk digunakan oleh pengemudi.

Ada beberapa fitur mobil modern dinilai sangat membantu, tapi nggak sedikit juga fitur yang dirasa kurang bermanfaat. Apa sajakah itu?

1. Moisture Sensing Windshield Wipers

Gambar wiper mobil

Fitur mobil wiper sudah ada sejak 1903-an

Wiper sudah ada sejak satu abad silam, sekitar 1903-an. Semakin ke sini, teknologi wiper makin canggih. Tak jarang, wiper otomatis seringkali masih sensitif akan tetesan hujan dan menimbulkan berbunyi suara mendecit yang menyebalkan. Namun, saat hujan lebat, wiper menjadi sangat tenang dan membuat Anda tidak bisa melihat. Semoga saja suatu hari nanti produsen akan memikirkan dilema ini untuk pengemudi.

>>> Inilah 4 Mobil Paling Unik Sepanjang Sejarah!

2.Automatic Seat Belt

Pada beberapa mobil kekinian, seat belt otomatis tampaknya menjadi ide yang sangat bagus dan logis. Apalagi saat Anda kecil, seringkali seseorang mengenakan seat belt untuk Anda. Namun, kenyataannya, automatic seat belt layaknya mesin pencekik manusia otomatis. Kadang aktif terlalu cepat, melingkarkan lengan yang salah, bahkan bisa mengikat Anda saat dalam posisi tidak mengemudi.

>>> Pertama di Dunia, Fitur Honda Ini Bikin Santai Tanpa Harus Mengemudi

3. Automatic Car Doors

Pintu mobil abu-abu

Automatic car door tersedia di mobil sedan

Kalau membahas tentang pintu mobil otomatis, memang kedengarannya keren. Tapi jangan bayangkan kalau pintu mobil secara ajaib akan membuka dan menutup setelah Anda masuk dan keluar. Teknologi pintu otomatis untuk sedan saat ini tersedia di Lexus LS 460, yang dirancang saat Anda tidak menutup pintu dengan cukup keras. Jadi rasanya pintu nggak sepenuhnya ketutup, tapi akan menutup pintu sepanjang jalan.

4. Rear-Entertainment System

Sistem hiburan di bagian belakang mobil akan terasa brilian jika Anda berasal dari zaman dulu yang mana belum ada smartphone atau gadget lainnya. Saat ini, banyak orang dewasa dan anak-anak, menghabiskan waktu dan bosan di dalam mobil dengan mengunjungi social media, atau nonton film di Netflix dan Youtube. dengan begitu, fitur ini jadi terasa mubazir. 

>>> 3 Kebiasaan Berkendara Orang Jepang yang Unik dan Bisa Ditiru

5. Touchscreen Air Vents

Pengemudi mengatur Touchscreen Air Vents

Fitur touchscreen pada mobil

Sejak diperkenalkannya fitur touchscreen di mobil, banyak produsen mencoba menemukan cara baru untuk memanfaatkan tampilan digital demi mengurangi tombol, nobs, atau tuas. Memang fitur mobil touchscreen akan berfungsi baik untuk hal-hal seperti musik karena Anda mungkin terbiasa dengan digital music. Namun, akan jadi kacau saat Anda mengoperasikan mobil dan menemukan interface untuk mengubah suhu atau menyalakan pemanas di kursi mobil. Tampaknya hal ini akan menjadi lebih rumit ditambah dengan risiko keselamatan pengemudi.

6. Sun Visor

Salah satu fitur canggih pada mobil yang ada tapi sebenarnya kurang berguna adalah sun visor atau pelindung matahari. Fungsinya untuk menghalangi sinar yang menusuk mata karena berbahaya untuk pengemudi. Namun, beberapa merk mobil seperti Porsche dan Miata, fitur sun visor-nya terbilang buruk. Memang sih sun visor masih umumnya berguna, tapi bukan jadi solusi sempurna. Lebih baik Anda menggunakan kacamata hitam untuk menutupi sinar matahari.

Menurut Anda, apa lagi fitur mobil yang sebenarnya nggak penting-penting banget?

>>> Dapatkan informasi tentang pasar mobil di Cintamobil.com

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top