Beberapa Faktor Penyebab Gangguan Mengemudi bagi Pengendara

25/12/2017

Pengemudian
Share this post:
Beberapa Faktor Penyebab Gangguan Mengemudi bagi Pengendara
Sebenarnya, apa yang membuat kecelakaan bisa terjadi? Banyak faktor penyebab gangguan mengemudi yang akhirnya bisa menjadi kecelakaan. Meskipun beberapa gangguan sudah diketahui oleh banyak orang, mereka seringkali terlupa dengan pentingnya meningkatkan fokus ketika mengemudi. Karena itu, Cintamobil memberikan beberapa faktor penyebab gangguan mengemudi yang seringkali dilupakan oleh pengendara sehingga menimbulkan kecelakaan, bahkan korban jiwa.

1. Berbicara dan mengirim pesan

Dengan sistem komunikasi yang serba praktis saat ini, orang-orang seringkali berpikiran bahwa berkomunikasi bisa dimana saja. Namun tidak ketik mengemudi. Bukan hanya mengirim pesan, tapi menelpon ketika mengemudi bisa menimbulkan malapetaka yang besar.

seorang sedang menggunakan ponsel untuk menulis SMS sambil mengendarai mobilnya

Hentikan kebiasaan menelpon dan mengirim pesan ketika mengemudi

Tetapi, meskipun memakai eraphone yang dikoneksikan dengan Bluetooth, fokus pada jalanan bisa terpecah ketika menelpon. Meskipun diperingatkan, banyak pengendara yang tidak mengindahkan. Lebih seperempat dari kecelakaan melibatkan ponsel dan smartphone.

2. Menggunakan GPS

Kita telah sangat bergantung pada GPS untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Meskipun GPS sangat membantu dalam melintasi jalanan yang belum pernah dilalui, tapi fokus pengemudi yang melihat GPS pada dashboard bisa memberikan dampak buruk. Pengemudi tidak lagi memperhatikan jalanan dan mengabaikan kendaraan lain di sekitar. GPS sebenarnya sama berbahayanya dengan ponsel karena mengambil fokus dari jalanan.

3. Mengatur musik atau mengontrol suhu

Mungkin udara yang panas membuat teman ingin mengatur suhu di mobil atau menukar lagu dengan musik yang lebih lembut. Namun, ketika pusat fokus teman berpindah dari jalanan ke dashboard, ada kemungkinan mobil menjadi lebih rawan kecelakaan karena pengendara tidak bisa bereaksi cepat ketika ada hal tiba-tiba yang terjadi di jalan.

seorang sedang menggunakan tangannya untuk menyesuaikan dashbroad dan peralatan lain ada dalam mobilnya

Jangan alihkan perhatian penuh pada dashboard maupun peralatan lain

4. Memakai make up

Memakai riasan atau perawatan pada umumya tentu saja memerlukan perhatian khusus. Apalagi bagi para wanita, memakai riasan ketika sedang duduk di meja rias akan membuat fikiran fokus pada detail di wajah. Apalagi jika memakai riasan di mobil sambil mengemudi. Kegiatan yang bisa melepaskan mata dari jalanan akan dengan mudah menjadi penyebab kecelakaan.

5. Berbicara dengan penumpang

Berbicara dengan seseorang bisa saja mengusir kebosanan yang melanda ketika sedang mengemudi. Tapi sepertinya berbicara tanpa melihat lawan berbicara terkesan sangat kasar jika dilakukan. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika penumpang mengajak berbicara? Haruskah pengemudi berbicara sambil melihat lawan bicara?

seorang wanita sedang menolak berbicara dengan seorang pria karena dia sedang mengendarai mobil

Hindari melihat lawan bicara ketika sedang mengemudi

Penumpang pastinya menyadari mengemudi bukanlah hal yang mudah. Jadi, tidak akan merusak norma ketika kita berbicara tanpa melihat lawan bicara. Untuk lebih aman, jangan terlalu sering berbicara dengan penumpang ketika sedang mengemudi. Ingat, kehilangan fokus merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan.

>>> Mungkin Anda tertarik, Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Anak-Anak

6. Menangani anak-anak atau binatang peliharaan

Membawa anak-anak merupakan salah satu tugas terberat bagi orang tua. Apalagi jika mempunyai dua orang anak di masa remaja yang sering bertengkar. Mengemudi bersama mereka bisa menimbulkan kegaduhan yang merusak konsentrasi. Anak-anak merupakan salah satu pengaruh gangguan bisa terjadi ketika sedang mengemudi.

seorang wanita sedang memarahi dua anak perempuan dan laki laki sambil masih mengendarai mobilnya

Anak-anak dan hewan peliharaan bisa menjadi pengganggu dalam mengemudi

7. Tidak melihat jalan

Semua hal yang terjadi di atas menjurus pada satu hal: kecenderungan tidak melihat jalan dengan sengaja. Apalagi jika sedang berkendara di jalanan yang mempunyai pemandangan yang indah. Tapi mengagumi pemandangan bisa dilakukan ketika sedang berhenti. Mengagumi pemandangan ketika sedang mengemudi bisa menimbulkan malapetaka bagi pengemudi, penumpang dan kendaraan lain.

>>> Klik di sini untuk membaca tips pengemudian lainnya!

8. Melamun

Seperti yang telah dikatakan tadi, mengemudi membutuhkan konsentrasi penuh untuk membawa kendaraan. Melamun bukanlah salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi. Melamun bahkan membuat teman tidak bisa berkonsentrasi. Hal ini biasanya terjadi ketika melalui jalan yang sudah biasa dilalui. Beberapa pengandara bisa melamun karena merasa sudah menguasai jalanan.

seorang wanita sedang menduduk dalam sebuah mobilnya dan melihat ke dalam jarak dan berpikir sesuatu

Jangan pernah melamun ketika sedang mengemudi!

Karena itu, ketika sedang berada di balik roda kemudi, tinggalkan semua hal yang bisa menjadi penyebab gangguan mengemudi. Selalu ingat ketika mengemudi, satu kesalahan saja bisa menimbulkan kecelakaan yang bukan hanya berpengaruh pada diri sendiri, tetapi juga pengendara lain di jalanan. Selain itu, SucceedMgtSolns memberikan pengertian tentang bagaimana mengganggu pengemudi bisa menimbulkan kecelakaan.

Share this post:
 
back to top