Barang-Barang yang Harus Dibawa Ketika Berkendara Bersama Anak-Anak

25/01/2018

Pengemudian
Share this post:
Barang-Barang yang Harus Dibawa Ketika Berkendara Bersama Anak-Anak
Salah satu hal yang menyulitkan ketika mengemudi adalah berkendara bersama anak-anak. Banyak orang tua yang kebingungan ketika dihadapkan dengan mengemudi bersama anak-anak. Bahkan, mereka tidak tahu barang-barang yang harus dibawa ketika berkendara bersama anak-anak.

Ketika berkendara bersama anak-anak, kita harus menjaga keselamatan dan kenyamanan mereka selama perjalanan. Hal ini tentu saja membuat tugas orang tua menjadi lebih susah. Cintamobil akan menjelaskan barang-barang yang harus dibawa ketika berkendara bersama anak-anak.

1. Kursi mobil

Pengendara mobil dan orang tua di Indonesia masih belum banyak yang memahami pentingnya kursi yang pas bagi anak-anak selama perjalanan. Dengan kursi yang pas, anak-anak bisa lebih nyaman dalam duduk selama perjalanan. Karena itu, kursi yang sesuai dengan badan anak, apalagi balita atau mereka yang masih duduk di Sekolah Dasar banyak dijual.

Seorang bayi yang sedang tersenyum dan duduk di kursi tambahan untuk anak-anak di dalam mobil

Gunakan kursi khusus anak di dalam mobil

Menggunakan kursi yang pas merupakan salah satu bentuk penjagaan anda terhadap anak anda. Kursi mobil yang biasa kurang bisa menjaga anak-anak, apalagi ketika terjadi kecelakaan. Terlebih bagi bayi, anda seharusnya memberikan kenyamanan dengan memasang kursi yang pas bagi mereka selama perjalanan.

2. Bantal leher

Untuk perjalanan yang lebih nyaman, bantal leher bisa menjadi salah satu alternatif benda yang digunakan untuk bayi atau balita. Hal ini tentu saja sangat membantu ketika anak-anak sedang tidur. Kita semua pernah menyaksikan kepala anak kita berada pada posisi yang tidak nyaman ketika sedang berkendara.

Seorang anak yang sedang tertidur di dalam mobil menggunakan bantal leher

Bantal leher melindungi leher anak ketika tertidur

Apalagi dalam perjalanan jauh, anak-anak seringkali tertidur di mobil dengan posisi kepala yang mengkhawatirkan. Karena itu, memakaikan bantal leher bisa mendukung anak-anak bisa tertidur dengan nyaman dan melindungi leher mereka dalam posisi tegak dan aman dalam bepergian.

>>> Baca juga Mobil 7-seater yang cocok untuk keluarga

3. Makanan dan minuman

Lapar menjadi salah satu penyebab dari agresifitas pada anak-anak. Bagi anda yang memiliki anak pasti pernah mengalami bagaimanan susahnya mengemudi ketika anak-anak berada di dalam mobil, apalagi ketika mereka mulai membuat keributan di dalam mobil.

Dua orang anak laki-laki yang sedang makan di dalam mobil

Makanan bisa menurunkan keagresifan anak-anak

Karena itu, siapkan makanan atau minuman yang disukai oleh anak-anak. Hal ini bisa mencegah mereka menjadi beringas ketika lapar dan bisa menenangkan mereka selama perjalanan. Terlebih, anak-anak akan lebih mudah tertidur ketika mereka sudah kenyang. Anak-anak yang tertidur selama perjalanan merupakan surga yang di idam-idamkan oleh setiap pengemudi.

4. Mainan kesukaan

Jika makanan atau minuman tidak bisa membuat anak-anak anda tenang, membawa mainan kesukaan mereka selama perjalanan bisa menjadi obat yang paling mujarab. Dengan memberikan mainan kesukaan mereka, mereka bisa menikmati perjalanan dengan tenang.

Dua orang anak yang sedang bermain dan membaca buku di dalam mobil

Memberikan mainan kesukaan mereka bisa membuat anak-anak tenang

Tapi perlu diingat, jika anda memberikan tablet atau smartphone unuk membuat anak anda tenang, pastikan untuk membatasi penggunaannya selama perjalanan. Membuat anak-anak tersedot dalam dunia digital dan memandangi layar terus menerus bisa berakibat fatal bagi perkembangan anak anda. Baginya, jangan pernah memberikan anak anda akses pada smartphone atau tablet lebih dari 2 jam setiap hari.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

5. Obat-obatan

Sepertinya, membawa obat-obatan bukan hanya dilakukan ketika anda membawa anak-anak di dalam mobil. Karena itu, sebaiknya anda selalu membawa obat-obatan selama berkendara. Tapi, anak-anak bisa sangat rentan terhadap penyakit dan sangat rapuh. Pastikan untuk selalu membawa obat-obatan lebih lengkap ketika anda membawa anak anda dalam perjalanan.

sebuah Stiker berwarna putih bertuliskan

Gunakan stiker jika anda membawa bayi atau anak-anak di dalam mobil

6. Tanda peringatan “ada bayi di dalam mobil”

Stiker ini biasanya diletakkan di jendela belakang. Di luar negeri, pengemudi yang mempunyai bayi atau anak-anak di dalam mobil menggunakan stiker ini di dalam mobil mereka. Hal ini dilakukan untuk memberitahu pengemudi lain bahwa ada anak-anak atau balita di dalam mobil sehingga membuat pengemudi lain lebih sabar dalam berkendara. Tentu saja, ada baiknya jika kita juga menerapkan tanda ini dalam kendaraan kita.

Perhatikan tips berkendara dengan anak-anak di bawah ini

Berkendara dengan anak-anak bisa menjadi pengalaman yang mengerikan, tapi bisa juga menyenangkan. Karena itu, mempersiapkan barang-barang yang harus dibawa ketika berkendara bersama anak-anak bisa membuat perjalanan menjadi tenang dan menyenangkan.

>>> Baca juga tips dan trik otomotif lainnya disini

Share this post: