Banyak Salah Kaprah, Inilah Mitos Menunda Kantuk Saat Mengemudi

21/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Banyak Salah Kaprah, Inilah Mitos Menunda Kantuk Saat Mengemudi
Sejumlah pengemudi memiliki trik yang salah kaprak dalam menunda kantuk. Sehingga cara-cara ini pun menjadi mitos menunda kantuk saat mengemudi. Berikut beberapa diantaranya yang sering dilakukan dan alasan mengapa Anda tidak perlu mengikutinya.

1. Minum Kopi

Minum kopi tetap membuat badan lelah dan berbahaya

Minum kopi tidak membuat refleks meningkat dan secara fisik tubuh tetap lelah butuh istirahat

Kafein dalam kopi akan meningkatkan denyut jantung sehingga secara fisik Anda lebih tegang dan tidak mengantuk. Tapi yang tidak bisa dihilangkan dari tubuh adalah refleks yang berkurang. Minum kopi termasuk mitos menunda kantuk yang hanya akan membuat Anda serasa terjaga namun kenyataannya lemah secara fisik.

>>> Tips mengemudi lebih lanjut bisa Anda dapatkan di sini

2. Merokok

Merokok justru bisa mengurangi kadar oksigen dalam darah

Saat mengemudi Anda membutuhkan oksigen lebih banyak, dan merokok justru bisa mengurangi kadar oksigen​

Bernapas dengan asap rokok bukan hanya memasukkan racun ke dalam tubuh, tapi juga mengurangi kadar oksigen dalam darah. Hasilnya, mitos menunda kantuk dengan cara merokok ini tidak efektif. Mungkin hanya sesaat ketika proses menyalakan, tetapi sesungguhnya tubuh terutama otak sedikit kekurangan oksigen ketika mengisapnya.

>>> Baca juga: Membaca Pola Pikir Pengendara Sepeda Motor

3. Musik Keras

Mendengar musik keras justru bisa mengantuk bila monoton

Tidak ada gunanya menyetel musik keras-keras karena justru bisa menganggu konsentrasi mengemudi

Bukan kerasnya volume musik yang membuat Anda tidak mengantuk. Pada kenyataannya, mitos menunda kantuk dengan musik keras jika monoton akan membuat Anda tetap mengantuk. Artinya tidak ada gunanya menyetel musik keras-keras karena lebih berbahaya bisa membuat konsentrasi beberapa indera ke jalan berkurang. Pun suara klakson menjadi kurang terdengar jelas.

>>> Baca juga: Ingin Ganti Audio Mobil? Ketahui Dulu Beda Audio 2 DIN dan 1 DIN

4. Mengebut

Mengebut memang membuat adrenalin meningkat tapi tidak menghilangkan kantuk

Dengan mengebut tidak meningkatkan kekuatan fisik dan justru lebih berbahaya

Harus diakui, mengebut memang meningkatkan adrenalin dan membuat kita lebih terjaga. Apalagi mengebut di perjalanan luar kota akan disertai kejadian tak terduga. Misal, mengerem atau menghindar mendadak. Mitos menunda kantuk dengan mengebut ini selain jauh lebih berbahaya tidak akan meningkatkan kekuatan fisik. Artinya refleks tetap lemah bila memang sudah saatnya mengantuk.

>>> Berbagai tips dan trik dunia otomotif bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Sudah jelas bukan mitos menunda kantuk diatas tidak perlu Anda lakukan. Cara paling tepat adalah istirahat setelah melakukan maksimal 4 jam perjalanan untuk seorang pengemudi. Hati-hati di jalan!

Share this post:
 
back to top