Bagaimana Cara Menghitung Efisiensi Bahan Bakar pada Kendaraan Anda?

16/01/2018

Pengemudian
Share this post:
Bagaimana Cara Menghitung Efisiensi Bahan Bakar pada Kendaraan Anda?
Anda bisa melihat bagaimana efisiensi bahan bakar yang dimiliki oleh sebuah mobil baru atau mobil lama dari review maupun ulasan dari pecinta mobil atau kritikus. Tapi, anda juga bisa menghitung konsumsi bahan bakar mobil anda sendiri.

Konsumsi bahan bakar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu;

  • Kurangnya perawatan
  • Tekanan ban
  • Pendingin udara
  • Kepadatan lalu lintas
  • Temperatur udara
  • Kelembapan
  • Cara mengemudi

Menghitung konsumsi bahan bakar perlu melihat beberapa faktor yang harus diperhatikan. Diperkirakan, bahan bakar 8% lebih banyak dapat digunakan untuk perjalanan pulang pergi saat AC digunakan pada sebagian besar perjalanan. Selain itu, pengaruh terbesar konsumsi bahan bakar yang berlebihan adalah bagaimana cara kendaraan digerakkan.

Gambar speedometer berwarna hitam dengan lampu berwarna biru pada bagian angka

Perhatikan bagaimana anda berkendara untuk menghitung bahan bakar

>>> Baca juga Tipe dan fungsi sensor pada mobil

Bagaimana mengkalkulasikan konsumsi bahan bakar

Saat kritikus atau pecinta mobil melakukan tes tangki bahan bakar, mereka mengisi sampai bahan bakar terisi pada klik yang kedua. Meteran perjalanan kemudian dipusatkan dan kendaraan digerakkan pada dua lingkungan, yaitu jalanan perkotaan dan pedesaan atau jalan tol. Biasanya, mereka tidak menggunakan Cruise Control atau kontrol pelayaran dan jarak yang ditempuh biasanya sejauh 200-400 kilometer.

Gambar yang memperlihatkan mobil berwarna orange sedang mengisi bahan bakar

Pastikan anda memperhatikan pemakaian bahan bakar

Untuk memperhitungkan efisiensi bahan bakar mobil anda, ada beberapa langkah yang bisa anda ikuti. Untuk memperhitungkan mpg (Mil per gallon) anda, hal yang harus anda lakukan adalah:

1. Setelah anda mengisi tangki, perhatikan jarak tempuh pada odometer. Anda bisa mencatat angka pada odometer dan mengurangi ketika anda berhenti. Beberapa pengulas melakukan reset pada odometer agar hasil yang dilihat bisa lebih tepat.

2. Mengemudi sampai batas yang anda tentukan.

3. Ketika anda berhenti untuk mengisi bahan bakar, anda bisa menghitung jarak perjalanan anda. Misalnya anda melaju sampai 100 km atau 200 km (1 Mil = 1.6 kilometer). Lalu, hitung berapa gallon bahan bakar yang dibutuhkan hingga tangki anda menjadi penuh lagi. (1 Gallon = 3.8 Liter)

4. Untuk menghitungnya, ambil berapa kilometer perjalanan anda dan dibagi dengan jumlah bahan bakar yang diperlukan. Misalnya, untuk perjalanan sejauh 200 km berarti anda mengemudi sejauh 124 Mil. Dan ketika mobil anda membutuhkan 40 liter, berarti mobil anda membutuhkan sekitar 10.5 gallon.

Jadi, anda bisa menghitung 124 / 10.5 = 11.8mpg.

Hal ini berarti mobil anda mempunyai efisiensi bahan bakar sekitar 11.8 mpg.

Gambar yang memperlihatkan jarak yang ditempuh oleh mobil pada odometer di bagian dashboard

Perhatikan jarak yang anda tempuh dan bahan bakar yang dipakai

Catatan: Biasanya ukuran mpg digunakan secara umum di seluruh dunia untuk mengukur efisiensi bahan bakar pada mobil. Tetapi, kebanyakan pengulas otomotif di Indonesia menggunakan km/liter (kilometer per liter) untuk menjelaskan efisiensi bahan bakar. Cara menghitungnya juga sama dengan perhitungan mpg, yaitu berapa kilometer jarak yang ditempuh dibagi dengan bahan bakar yang terpakai.

Contohnya, jika mobil anda membutuhkan 8 liter untuk setiap 100 kilometer perjalanan, berarti mobil anda memiliki perhitungan bahan bakar 100 / 8 = 12.5km/liter.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

Tips tambahan

Ketika anda melakukan percobaan ini, lingkungan tempat anda menguji coba tidak boleh diremehkan. Beberapa kondisi seperti kecepatan udara dan kelembapan menjadi salah satu pengaruh terbesar, salah satunya mempengaruhi mesin mobil. Uji coba seharusnya dilakukan pada suhu yang kering dan di daerah datar dan berbukit serta jalanan kering dan basah. Pengujian pada semua tipe jalan akan membuat anda menghitung bahan bakar dengan tepat.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat video dibawah ini

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post: