Bagaimana Anda Mempersiapkan Test Drive Dari APM

25/11/2018

Pengemudian
Tidak hanya di dealer saja, bahkan kini pameran-pameran mobil pun juga menyediakan area test drive untuk memberikan kesempatan bagi calon pembeli mobil untuk mencoba performa mobil yang ditaksir. Lalu apa yang harus dipersiapkan saat memutuskan ikut test drive dari APM?

Membeli sebuah mobil tentunya tidak hanya berdasarkan dengan bentuk luar dan ukuran mobilnya saja. Masing-masing produk mobil punya pengalaman berkendara yang berbeda-beda, ada yang transmisinya terasa lebih halus, ada yang tarikannya agak berat, ada yang posisi duduk pengemudinya kurang pas dengan kenyamanan pengguna, dan sebagainya. Untuk mengetahui mobil yang Anda inginkan pas dengan kenyamanan dan kualitasnya, maka APM menyediakan test drive untuk calon pembeli mobil.

>>> Ingin membeli mobil baru terbaik lainnya? Dapatkan informasinya hanya di sini

Seorang gadis sedang test drive didampingi instruktur

Manfaatkan test drive untuk mengetahui performa dan kenyamanan mobil

Tidak hanya di dealer saja, bahkan kini pameran-pameran mobil pun juga menyediakan area test drive untuk memberikan kesempatan bagi calon pembeli mobil untuk mencoba performa mobil yang ditaksir. Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda persiapkan sebelum dan saat melakukan test drive dari APM.

Persyaratan administrasi

Ketika mengajukan permohonan untuk melakukan test drive, cek syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk memastikan keamanan dan kemampuan calon pembeli dalam berkendara. Syarat administrasi yang pasti akan diminta adalah SIM yang masih berlaku. APM pun biasanya tidak melepas begitu saja mobil yang akan di-test drive melainkan harus didampingi dengan sales dari APM tersebut. Dengan adanya sales dari APM, Anda pun bisa sambil bertanya-tanya mengenai fitur dan spesifikasi mobil lainnya yang lebih lengkap.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya di sini

Persiapkan kesehatan diri

APM tentunya akan ragu apabila Anda ingin melakukan test drive dengan kondisi kesehatan yang kurang optimal. Oleh karena itu sebelum melakukan test drive sebaiknya hindari mengonsumsi obat yang bisa menyebabkan kantuk atau obat yang membuat kewaspadaan Anda menurun ketika di jalan. Jika memang sedang sakit dan jadwal test drive sudah ditentukan ada baiknya untuk menghubungi dealer untuk mengatur jadwal ulang agar keselamatan Anda dan juga mobilnya sama-sama diutamakan.

Mempelajari rute test drive

Rute untuk menjalankan APM biasanya sudah ditentukan, Anda tinggal mengikuti rute tersebut sambil merasakan bagaimana performa mesinnya. Mengetahui rute apa yang akan diambil akan memudahkan Anda untuk mengatur posisi kendaraan ketika di jalan nantinya. Sehingga ketika harus berbelok pun sudah bisa mengambil posisi dari jauh dan tidak memotong jalan orang. Membawa mobil test drive tentunya harus ekstra hati-hati karena jika terjadi kerusakan sedikit saja bisa jadi Anda akan dituntut untuk melakukan pertanggung jawaban ganti rugi.

>>> Gunakan Posisi N Daripada Posisi D Saat Mobil Berhenti Sejenak

Gambar Route test drive Mazda

Ketahui rute test drive yang disediakan panitia

Hal-hal yang diperhatikan saat test drive

Ketika masuk ke dalam mobil hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah menyesuaikan kursi dengan posisi mengemudi yang nyaman bagi Anda. Luangkan waktu untuk memfamiliarkan diri dengan sistem dan tombol yang ada di dashboard, berbagai macam tuas dan pengaturan lainnya yang ada di hadapan pengemudi. Ketika digunakan untuk test drive, yang mesti diperhatikan untuk membantu Anda mempertimbangkan beli mobil adalah:

  • Suara mesinnya halus atau tidak
  • Perpindahan transmisinya ada jeda yang lama atau tidak, menimbulkan hentakan yang keras atau tidak, tuasnya mudah untuk dipindah atau tidak
  • Ketika melewati jalan tidak rata atau melewati polisi tidur, kaki-kakinya punya genjotan yang nyaman atau keras
  • Perhatikan saat menggunakan rem
  • Membelokkan setir mobil terasa berat atau tidak, ada bunyi berderik atau tidak.

Ketika melakukan test drive Anda juga bisa mencoba berbagai macam fitur yang ada di mobil tersebut. Misalnya menyalakan audio/entertainment system, jika dilengkapi dengan kamera dan sensor parkir juga bisa dicoba, coba hubungkan perangkat gawai Anda dengan mobil menggunakan sistem docking atau koneksi Bluetooth, coba juga nyalakan AC-nya, dan berbagai macam fitur lainnya yang ditawarkan. Saat test drive, bawa mobil dengan kecepatan yang sedang, namun jika memungkinkan Anda juga bisa memacunya dengan kecepatan yang tinggi untuk merasakan mesin stabil atau tidak ketika dipacu di atas kecepatan rata-rata.

>>> Jarak Aman untuk Mengerem Berdasarkan Kondisi Jalan dan Kecepatan Kendaraan

Foto Tes drive All New Ertiga di GIIAS 2018

Foto Test Drive Glory 580 di GIIAS 2018

Test drive di pameran otomotif GIIAS 2018

>>> Baca juga semua tips dan trik mobil yang bermanfaat lainnya disini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top