Awas! Salah Pilih Kaca Film Bisa Bikin Batal Puasa, Kok Bisa?

01/05/2021

Pengemudian

3 menit

Tahukah Anda jika memilih kaca film yang salah bisa bikin batal puasa? Itu karena saat berkendara di cuaca terik panas matahari masuk dan bikin tenggorokan haus

Menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan, bukan berarti menghilangkan kewajiban untuk bekerja atau menjalankan aktifitas setiap hari. Bagi yang harus ke tempat kerja menggunakan mobil, tahukah Anda jika salah memilih kaca film berisiko membuat puasa Anda batal. Kok bisa, logikanya dari mana?

Gambar kondisi lalu lintas yang macet

Bayangkan Anda terjebak macet, puasa, dan lapisan film di kaca malah bikin tambah panas

Tentu ini akan jadi pertanyaan bagi Anda yang sering menggunakan mobil sebagai transportasi ke tempat kerja. Tapi patut Anda ketahui, bahwa lapisan film untuk kaca itu berhubungan dengan temperatur dan efisiensi pendinginan dalam kabin kendaraan. Terlebih dalam situasi lalu lintas yang macet, terkadang membuat kita sering terbawa emosi bahkan panas matahari yang masuk bisa bikin tenggorokan Anda haus dan bikin ingin minum. 

>>> Begini Cara Teknologi Kaca Film Mengirit Energi di Mobil Listrik

Pakai Produk Lapisan Film Untuk Kaca Dengan Penolak Panas Terbaik

"Patut diketahui, bahwa perubahan perilaku dalam berkendara, bisa jadi karena hal-hal yang dianggap remeh padahal sangat menentukan dalam berkeselamatan di jalan raya. Salah satunya adalah penggunaan kaca film. Jika kaca fillm yang digunakan tak mampu menahan panas dari luar, maka ini akan membuat pengemudi merasa tak nyaman karena dehidrasi. Makanya pemilihan kaca film memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi pengemudi yang sedang melaksanakan ibadah puasa," ujar Linda Widjaja selaku Vice President Director PT V-Kool Indo Lestari dalam keterangan resminya dikutip Cintamobil.com.

Gambar pemasangan kaca film

Pilih lapisan film di kaca yang punya penolakan panas hingga 99%

Temperatur yang cenderung meningkat dalam kabin tidak bisa dinafikan bakal membuat kita haus. Untuk itu penggunaan lapisan film di kaca dengan teknologi terbaik, adalah wajib. Dengan penolakan sinar infra merah 98% dan juga sinar ultra violet 99%, ini yang membuat lapisan film di kaca V-KOOL bisa membuat kabin kendaraan lebih sejuk dan nyaman walaupun di siang hari.

Foto Hyundai Santa Fe 25G Signature AT 2021

Parkir di bawah terik matahari tak perlu risau kalau pakai produk V-KOOL

Linda melanjutkan, peran lapisan film di kaca mampu meredam panas dari sinar matahari ke dalam kabin mobil sehingga suhu di dalam kabin mobil bisa lebih dingin. Kenyamanan pengemudi ketika berkendara bisa tetap terjaga dan memperlambat tingkat dehidrasi. "Saat puasa, konsentrasi serta kewaspadaan saat mengemudi cenderung menurun karena lelah dan dehidrasi," jelas Linda.

Gambar ilustrasi berbuka puasa sambil mengemudi

Jadi enggak perlu sampai batal puasa karena salah pilih kaca film kan?

Intensitas cahaya dari luar seperti lampu kendaraan atau sinar matahari mempercepat kelelahan pada mata. Disinilah peran kaca film yang mampu meredam intensitas cahaya berlebih serta sinar UV dari matahari. Sehingga pengemudi tidak mudah merasa lelah dan terjaga konsentrasinya ketika berkendara saat puasa.

>>> Peran Penting Kaca Film Saat Musim Hujan

Manfaatkan V-KOOL Month

Biar aktivitas Anda terjaga selama berpuasa, termasuk saat berkendara menggunakan mobil, di bulan puasa ini V-KOOL bekerja sama dengan salah satu toko online, menghadirkan promo bertajuk 'V-KOOL Month', yang diadakan pada 19 April hingga 7 Mei 2021. Dengan V-KOOL, berkendara lebih nyaman alhasil puasa Anda akan lancar meskipun berkendara di siang hari.

Gambar gerai kaca film V-KOOL

Beli V-KOOL minggu ini biar dapat diskon!

Promo berupa tambahan potongan 8% maksimal Rp 600ribu (berlaku syarat dan ketentuan) untuk setiap pembelian kaca film V-KOOL tipe apa saja di official store V-KOOL tokopedia.com. Anda dapat membuka official store V-KOOL di laman: http://tokopedia.com/v-kool. "Promo spesial V-KOOL ini kami berikan bagi konsumen untuk mendapatkan kenyamanan terbaik dalam hal penolakan panas," tutup Linda Widjaja.

>>> Habis Suntik Vaksin Jangan Langsung Mengemudi, Bahaya!

Penulis
Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana
 
back to top