Awas Bahaya! Pemasangan Sabuk Pengaman Anak yang Salah Bisa Berakibat Fatal

26/09/2018

Pengemudian
Share this post:
Awas Bahaya! Pemasangan Sabuk Pengaman Anak yang Salah Bisa Berakibat Fatal
Jutaan orangtua bisa membahayakan nyawa anak-anak mereka hanya karena pemasangan sabuk pengaman anak yang salah, berdasarkan sebuah penelitian.

Penelitian yang dilakukan oleh Mifold, perusahaan penghasil sabuk pengaman portabel, mengungkapkan bahwa 57 persen pengemudi tidak membawa kursi anak di mobil mereka. Hal ini akan menyebabkan pemasangan sabuk pengaman anak yang salah karena badan anak-anak tidak sama dengan orang dewasa.

Gambar yang menunjukan anak yang sedang tertidur di kursi anak di dalam mobil

Sabuk pengaman penting ketika membawa anak berkendara (Foto: The Sun)

Kurangnya pemahaman mengenai aturan dan peraturan bepergian dengan anak-anak di jalan raya bisa membahayakan si buah hati. 56% dari koresponden mengaku tidak menyadari hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika membawa anak-anak di dalam mobil dan tidak menggunakan kursi khusus untuk anak-anak.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips mengemudi lainnya ada di sini

Dari survey yang dilakukan oleh ObePoll.com, sepertiga orangtua di Inggris berkendara dengan anak-anak mereka tanpa sabuk pengaman yang cocok untuk anak-anak. Yang mengejutkan, hampir seperlima mengakui mendudukan anaknya di baris kedua dan 22% menggunakan bantal sebagai pengganti kursi anak.

Gambar yang menunjukan pengemudi yang menggunakan sabuk pengaman untuk anak

Gunakan sabuk pengaman yang tepat untuk anak-anak (Foto: The Sun)

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas termurah? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

Cara memasang kursi mobil anak dengan benar

Banyak orangtua yang belum tahu bagaimana cara memasang kursi anak pada mobil untuk memberikan pengaman yang pas bagi anak-anak. Dilansir dari The Sun, berikut beberapa cara pemasangan kursi anak guna mendapatkan sabuk pengaman yang pas bagi anak-anak.

  1. Anda harus menonaktifkan airbag di belakang kursi sebelum memasang kursi bayi yang menghadap ke belakang.
  2. Anda tidak boleh menggunakan kursi mobil yang menghadap ke samping. Jadi pilihannya adalah kursi anak yang menghadap ke depan atau belakang.
  3. Kursi anak harus memiliki tali diagonal tersendiri, dirancang untuk digunakan sebagai sabuk pengaman bagi anak dan dikaitkan dengan titik-titik ISOFIX (standar keselamatan internasional) bagi kursi anak.
  4. Pastikan kursi anak dipasang seaman mungkin tanpa ada perubahan posisi ketika kursi digerakkan.
  5. Untuk bayi, pastikan sabuk pengaman ditarik dengan erta tanpa ada ruang lebih dari dua jari pada tali di tulang selangka.

​​>>> Hindari 9 Kesalahan Umum Ketika Memasang Kursi Anak Pada Mobil

Gambar yang menunjukan kursi bayi yang ada di mobil

Pilih kursi yang nyaman, terlebih untuk bayi Anda (Foto: Consumer Reports)

Seorang juru bicara untuk Brake, badan amal keselamatan jalan yang telah bermitra dengan Mifold mengatakan "Kecelakaan jalan adalah penyebab kematian terbesar di antara anak-anak berusia 5-25 tahun, jadi ketika seorang anak berada dalam kendaraan yang bergerak itu penting pengekangan anak yang tepat dan nyaaman.”

Meskipun sudah menggunakan kursi anak, pastikan pemasangan sabuk pengaman anak tidak membuat anak-anak gelisah. Jangan terlalu erat mengekang anak karena dipastikan akan membuat anak tidak nyaman selama perjalanan.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top