Awas Bahaya! Head Unit Mobil Berpotesi Jadi Penyebab Kecelakaan

17/09/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Awas Bahaya! Head Unit Mobil Berpotesi Jadi Penyebab Kecelakaan
Sebuah studi menilai ada potensi bahaya head unit mobil kepada pengemudi lantaran bisa mengganggu konsentrasi tatkala berkendara. Bahkan beberapa fitur untuk memudahkan akses head unit tak digunakan pengemudi.

Umumnya mobil dilengkapi sistem infotainment yang sering disebut head unit. Melalui komponen inilah setiap pengemudi atau seluruh penumpang bisa mendapatkan hiburan, mulai dari mendengarkan siaran radio lokal, atau diperdengarkan koleksi musik kesayangan. Bahkan tak jarang pemilik mobil melakukan modifikasi di sektor audio untuk menjadikan kualitas tata suara di mobilnya jadi jauh lebih berkualitas.

Namun ternyata sebuah studi menemukan fakta bagaimana bahaya head unit mobil yang berbanding lurus dengan berkurangnya konsentrasi mengemudi sehingga berpotensi menaikkan tingkat kecelakaan di jalan raya. Penggunaan head unit untuk mengakses berbagai fitur seperti memutar lagu, mengakses navigasi, sampai mengakses fitur Apple CarPay maupun Andorid Auto turut menyumbang risiko kecelakaan di jalan.

>>> GM Luncurkan Cadillac Lyriq, SUV Listrik dengan Head Unit 33 Inci

Bahaya Head Unit Mobil karena Alihkan Konsentrasi Berkendara

Koneksi Apple CarPlay

Kebanyakan pengemudi konsentrasinay terganggu ketika koneksi di head unit mobil terputus

Dikutip Cintamobil.com dari Autoevolution, Kamis (17/09/2020), studi mengenai bahaya dari head unit mobil ini dilakukan sebuah perusahaan di Ingrgsi bernama Rivervale Leasing. Dari studi itu diketahui jika 6 dari 10 pengemudi di Inggris teralihkan konsentrasinya saat sedang mengakses sistem infotainment pada mobil mereka ketika mereka sedang berkendara.

Dari penelitian tersebut juga terkuak fakta, kalau satu dari tiga pengemudi mengalihkan perhatian mereka saat berkendara ke head unit mobil, karena ada beberapa fitur yang berhenti berfungsi. Antara lain karena konektifitas Android Auto atau Apple CarPlay yang tiba-tiba terputus, sistem pengenalan suara yang tidak berfungsi baik, serta sistem navigasi yang tiba-tiba terhenti.

>>> Trik Memilih Head Unit Bekas yang Masih Berkualitas

Pengemudi Banyak yang Tidak Gunakan Fitur Voice Control

Head Unit Mobil Wuling Almaz

Fitur voice control pada head unit ternyata belum banyak digunakan pengemudi

>>> Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Tambahan WIND, Voice Command Berbahasa Indonesia Pertama

Namun fakta menarik lainnya dari studi mengenai potensi bahaya dari head unit mobil adalah, ketika semua fungsi pada komponen head unit tersebut bekerja dengan baik, maka head unit menyumbang 49 persen atas pengalihan konsentrasi pengemudi ketika berkendara.

Bahkan penggunaan teknologi pengenalan suara (voice control) ternyata belum sepenuhnya diminati pengemudi. 38 persen dari 1.000 pengemudi yang ajdi objek penelitian studi ini memilih mengakses head unit menggunakan tombol tradisional, dan 46 persen lainnya mengaku lebih senang memakai layar sentuh.

>>> Jangan lupa untuk klik tips dan trik untuk menemukan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Head Unit Pioneer Android SDA-835TAB, Layarnya Bisa Dicopot Pasang!

22/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Pioneer Android SDA-835TAB merupakan seri terbaru head unit mobil dari Pioneer yang memiliki layar 8 inci yang bisa dilepas dan tetap dapat dioperasikan.

Lihat juga

Ngabuburit #DiRumahAja Ulik Head Unit Audio di Mobil Anda

06/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Himbauan untuk tetap di rumah saat pandemik membuat kegiatan keluar rumah harus dibatasi, berikut tips Ngabuburit #DiRumahAja fdengan ulik Head Unit Audio di Mobil Anda

Lihat juga

Tidak Ingin Head Unit Mobil Anda Bermasalah, Simak Tips Ini

30/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Tidak bisa dipungkiri, head unit mobil merupakan salah satu fitur menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Lihat juga

Ketahui Fungsi dari Car Charger Berkoneksi Bluetooth, Solusi untuk Head Unit Jadul

19/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Melalui Car Charger berkoneksi bluetooth, Anda bisa mendengarkan lagu di mobil dari ponsel Anda.

Lihat juga

Modifikasi Boleh, Tapi Hati-hati Jangan Sembarang Ganti Head Unit

20/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Modifikasi audio merupakan hal yang sering dilakukan pemilik kendaraan untuk memenuhi kebutuhan hiburan selama berkendara. Tidak sedikit pemilik mobil yang merasa kurang puas dengan kualitas sistem entertainment bawaan pabrik. Akhirnya mereka menggantinya dengan produk aftermarket. Tapi hati-hati, jangan sembarang ganti head unit Anda.

Lihat juga