Awas, Bahaya Dehidrasi Saat Nyetir Mobil!

16/07/2019

Pengemudian

4 menit

Bahaya dehidrasi bukan hanya menghantui para petualang di kawasan gurun. Tetapi Anda yang sering nyetir mobil juga berpotensi terkena dehidrasi. Apasaja penyebab dan cara menghindarinya?

Mengendarai mobil merupakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Oleh sebab itu, nyetir mobil terkadang menguras energi Anda. Apalagi jika harus nyetir untuk waktu yang cukup lama. Maka energi seakan terkuras habis.

>>> Penyakit Ringan Tapi Berbahaya Saat Mengemudi

Celakanya, setiap hari para pengemudi di kota-kota besar selalu harus berhadapan dengan kemacetan. Hal ini tentu saja membuat durasi mengemudi jadi lebih lama, meskipun jarak yang ditempuh tidak seberapa. Bahaya dehidrasi pun mengintai para pengemudi mobil.

1. Penyebab Dehidrasi

suhu mobil panas

Suhu panas di mobil membuat Anda dehidrasi

Pernahkah Anda merasakan tubuh yang amat sangat letih ketika selesai mengemudi? Padahal jarak yang ditempuh hanya dari kantor ke rumah Anda. Mungkin ini satu dari beberapa gejala dehidrasi ketika Anda berkendara.

>>> Promo mobil baru terbaik bisa ditemukan disini

Dehidrasi ketika berkendara bisa saja timbul akibat suhu panas pada mobil yang terkurung di ruang kabin. Meskipun Anda menggunakan AC, namun udara panas yang terperangkat di dalam mobil membuat suhu kelembaban kabin menjadi berkurang drastis, padahal disatu sisi, tubuh membutuhkan cairan. Hal inilah yang membuat tubuh terasa lebih letih yang jika didiamkan akan menimbulkan bahaya dehidrasi yang lebih akut.

2. Pencegahannya

Air putih di mobil

Selalu sediakan air putih di mobil

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas disini

Agar mencegah dehidrasi yang timbul karena mengemudi terlalu lama, maka sebaiknya siapkan selalu air minum di mobil. Namun minuman yang disediakan jangan yang manis ya, tetapi pilih air putih atau air mineral.

Jika Anda memiliki cooler box bisa juga disimpan di mobil agar air selalu segar. Tetapi perlu diingat, ketika Anda keluar mobil, sebaiknya botol minum ikut dikeluarkan bukan ditinggal didalam mobil. Keberadaan air minum inilah yang bisa mencegah Anda dari adanya bahaya dehidrasi ketika berkendara.

>>> Tips & trik lain cek disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top